Oleh-oleh khas Lampung Pie Pisang, foto: backpackerlampung.com

10 Oleh-oleh Khas Lampung Tradisional dan Paling Banyak Dicari

Wanovy | Travel | 30-03-2022

PARBOABOA, Lampung - Oleh-oleh khas Lampung tentu menjadi hal utama yang harus dibawa pulang. Entah sejak kapan, mengunjungi suatu kota atau tempat baru tak boleh melewatkan berburu oleh-oleh.

Rupanya tradisi ini tak hanya untuk memberikan cindera mata kerabat dekat, namun juga menjadi lebih mengenal suatu daerah.

Karena setiap daerah selalu memiliki komoditas menonjol, begitu juga dengan Lampung. Kota Pisang ini memiliki beberapa oleh-oleh khas yang wajib diburu.

Provinsi Lampung terletak di ujung selatan Pulau Sumatera. Lampung juga sebagai pintu gerbang masuk keluar masyarakat dari dan menuju daerah-daerah di Pulau Sumatera dan Pulau Jawa. Karena letaknya yang strategis, Lampung seringkali dikunjungi banyak wisatawan.

Lampung bisa menjadi destinasi wisata pilihan untuk mengisi momen libur. Kawasan Lampung yang didominasi oleh pantai membuat provinsi yang menjadi penghubung pulau Jawa dan Sumatera ini semakin ramai disambangi wisatawan, baik lokal maupun mancanegara.

Belum lagi dengan keberadaannya makanan khas Lampung yang enak dan beragam, setiap orang pasti tak sabar untuk mendatanginya.

Nah, bagi kamu yang sedang berkunjung ke Kota ini, tak ada salahnya untuk membawa oleh-oleh khas Lampung yang kami rekomendasikan berikut ini. Check it out!

1. Manisan Lampung

Oleh-oleh khas Lampung satu ini telah terkenal hingga ke luar daerah. Manisan Lampung mempunyai rasa khas, dengan proses pembuatan yang sebagian besar masih konvensional.

Rasanya yang manis, masam, dengan sedikit perpaduan pedas sangat menyegarkan di mulut.

Manisan Lampung ini biasanya ditempatkan pada toples, sehingga cita rasanya masih sangat terjaga hingga ke tangan pembeli.

Manisan Lampung yang paling favorit dicari yakni mangga dan buah pala. Teksturnya yang lembut dan rasa lezatnya dijamin membuat ketagihan.

2. Kemplang

Kemplang ini mirip dengan kerupuk ikan dari Palembang yang dikenal dengan amplang. Kemplang sendiri dibuat dari ikan tenggiri yang dalam proses pembuatannya begitu unik, sebab untuk menggorengnya tak menggunakan minyak tetapi menggunakan pasir.

Olahan yang memiliki rasa gurih dengan tekstur renyah ini sangat cocok dijadikan sebagai oleh-oleh khas Lampung. Ukurannya besar dan juga bisa tahan lama, harga yang ditawarkan juga sangat terjangkau.

Tak sulit untuk menemukan makanan ini, kamu mendapatkannya di tempat oleh oleh khas Lampung terdekat.

3. Pie Susu Pisang

Mungkin kamu sering memakan pie susu, olahan makanan bertekstur renyah di luar dan lembut di dalam.

Pie susu pun jadi salah satu oleh-oleh khas Lampung. Tapi, pernahkah Kamu mencicipi pie susu pisang?

Oleh-oleh khas Lampung ini merupakan kue pie yang memiliki isian pisang dengan adonan luar yang berbentuk menyerupai pisang. Menarik untuk dicoba bukan?

4. Kripik Pisang

Lampung terkenal akan daerah dengan pisang yang melimpah, oleh karena itu banyak kuliner khas Lampung yang bebahan dasar pisang, salah satunya adalah Keripik Pisang khas Lampung.

Keripik ini merupakan oleh-oleh khas Lampung yang terkenal memiliki banyak varian rasa mulai dari cokelat, strawberry, susu dan lain-lain.

5. Bakso Sony

Sebagai makanan yang ada di seluruh Indonesia, bakso hadir dengan berbagai varian jenis dan bentuk.

Makanan yang khas dengan bentuk bulat ini dibuat dengan tepung yang diberi daging agar memberi rasa yang lebih enak.

Di Lampung sendiri ada Bakso Sony atau Son Haji Sony yang sudah terkenal bahkan dikatakan sebagai bakso yang pernah di makan kebanyakan warga Lampung.

6. Sambal Lampung

Masyarakat Indonesia sangat menyukai rasa pedas, bukan hal mengherankan jika setiap daerah selalu memiliki sambal andalan.

Singgah atau berlibur di Lampung tak boleh melewatkan sambal lampung sebagai oleh-oleh khas Lampung.

Ada banyak jenis sambal, mulai dari sambal tempoyak, sambal bawang lampung, sambal ikan peda dan lainnya.

Sambal tempoyak sendiri, merupakan fermentasi durian dengan cabai. Hanya saja tak bisa bertahan lama karena tanpa pengawet.

7. Dodol Pandan

Dodol tidak hanya terkenal dari Garut saja, karena ternyata Lampung juga memiliki kuliner dodol khas.

Meskipun bentuk dan teksturnya hampir serupa dengan dodol Garut, rasanya berbeda. Dodol Lampung yang paling terkenal yaitu dibuat dari bahan campuran pandan. Dengan sekali gigit, rasa legit dodol pandan akan terus menempel di mulut.

Proses pembuatan dodol dibuat dengan resep khusus yang dipadukan bahan alami, kemudian diaduk secara konvensional pada sebuah wadah besar. Proses inilah yang menghasilkan cita rasa khas.

8. Engkak

Engkak adalah makanan tradisional khas Lampung berupa kue lapis. Eits tapi jangan salah! Kue lapis ini berbeda karena terbuat dari tepung ketan putih.

Rasa dari kue engkak sendiri manis legit dengan tekstur yang sangat lembut. Kue ini cocok sekali dinikmati dengan segelas kopi ataupun teh.

9. Lapis Legit

Di Lampung, nama lapis legit biasa disebut dengan spekuk. Kue warisan Belanda ini menjadi salah satu kue yang dibanderol dengan harga cukup mahal, yaitu Rp300.000 – Rp800.000 dalam satu loyang 350 gram.

Tak perlu khawatir, meski mengeluarkan budget yang cukup besar kamu dijamin akan puas dengan rasa lezat kue ini sejak gigitan pertama.

Pasalnya, lapis legit menggunakan 21 butir telur dalam satu adonan saat proses pembuatan. Jadi, tak heran jika spekuk memiliki tekstur yang lembut. Semakin tergiur untuk mencobanya, bukan?

10. Browkis

Oleh-oleh khas Lampung selanjutnya ini tergolong unik. Browkis adalah brownies yang terbuat dari kulit pisang.

Browkis ini menggunakan bahan dasar tepung kulit pisang. Meski terbuat dari kulit pisang, brownies ini tetap terasa lezat dan nikmat seperti brownies lainnya.

Browkis ini tersedia dalam beberapa pilihan rasa seperti strawberry, cokelat dan chocochips.

Tag : #wisata lampung    #bandar lampung    #travel    #tempat wisata    #oleh oleh lampung    #kuliner lampung    #makanan khas lampung   

Baca Juga