Oleh-oleh khas magelang, foto: Suara.com

10 Oleh-oleh Khas Magelang Jawa Tengah yang Unik dan Wajib Dibawa Pulang

Wanovy | Travel | 22-04-2022

PARBOABOA, Magelang - Magelang terkenal dengan destinasi wisata Borobudur yang menjadi tujuan utama para wisatawan.

Banyaknya wisatawan, baik wisatawan lokal maupun mancanegara yang berkunjung, membuat masyarakat sekitar terus berinovasi untuk menarik semakin banyak wisatawan.

Inovasi yang dilakukan ini salah satunya adalah pada aspek oleh-oleh khas Magelang.

Selain menikmati destinasi menarik di Magelang, para wisatawan juga bisa mencicipi dan membawa pulang oleh-oleh khasnya.

Kebanyakan oleh-oleh ini merupakan produk tradisional yang dikreasikan menjadi lebih menarik.

Tak lengkap rasanya jika berkunjung ke suatu daerah tujuan wisata tanpa membawa buah tangan khas daerah tersebut.

Nah, berikut ini adalah beberapa oleh-oleh khas Magelang Jawa Tengah yang wajib kamu bawa pulang ketika berkunjung.

1. Getuk Trio

Getuk merupakan jenis makanan ringan dengan bahan dasar singkong yang kini banyak sekali diproduksi di kota Magelang.

Masyarakat Magelang kini semakin banyak dalam memproduksi getuk, sehingga tak akan heran jika ternyata Magelang dijuluki Kota Getuk.

Nah, salah satu produk getuk Magelang yang paling terkenal ialah Getuk Trio. Sepak terjang dari produk Getuk Trio di Kota Magelang telah mendapatkan sebuah apreasi yang terbaik dari penduduk lokal ataupun penduduk asal mancanegara.

2. Wajik dan Jenang Ny. Week

Bukan tanpa alasan jika jajanan ini menjadi favorit dan harus dibawa menjadi oleh-oleh khas Magelang Jateng.

Selain rasanya yang lezat, cita rasa wajik dan jenang Ny. Week ini terus dijaga dan menjadi salah satu oleh-oleh legendaris dari Magelang.

Wajik yang merupakan jajanan tradisional ini terbuat dari bahan dasar ketan. Teksturnya lengket namun lembut di mulut dengan rasa manis yang khas.

Biasanya wajik ini berwarna hijau. Namun disini, ada dua varian rasa wajik. Rasa gula kelapa dengan warna coklat dan rasa pandan berwarna hijau.

3. Gethuk Bolen

Gethuk ini ternyata memiliki perpaduan antara genthuk dengan adonan dari puff pastry yang telah melapisi gethuk.

Pada umumnya bolen di isi dengan pisang, tetapi kali ini bolen di isi dengan getuk. Bayangkan saja manisnya getuk yang dipadukan dengan rasanya yang gurih dari bolen tersebut, pasti nikmat sekali bukan?

Untuk itu, Gethuk Bolen wajib untuk dimasukkan dalam daftar oleh-oleh khas Magelang yang wajib kamu beli.

4. Tape Ketan

Oleh-oleh khas Magelang berikut yang cocok untuk kamu bawa pulang ketika berkunjung ke Magelang adalah tape ketan.

Buah tangan ini memiliki ciri khas yang berbeda dengan tape ketan dari daerah lain. Perbedaan yang mencolok adalah terlihat dari warna hijau, dimana warna tersebut berasal dari perasan daun katuk.

Untuk itu, makanan ini pun akan aman untuk kamu konsumsi. Jika kamu ingin membawa pulang, maka kamu bisa membelinya di Tape Ketan 181 yang berada di jalan Pemuda, Magelang.

5. Gula Kacang

Kalau suka yang manis-manis, kamu bisa membeli gula kacang atau ampyang untuk oleh-oleh khas Magelang.

Kudapan ini terbuat dari gula merah yang ditambahkan dengan kacang tanah.  Karena teksturnya kering, gula kacang cukup tahan lama bahkan bisa bertahan hingga beberapa munggu

6. Pothil

Makanan khas Magelang ini juga merupakan salah satu bentuk camilan yang cocok untuk kamu jadikan buah tangan.

Pothil ini juga merupakan makanan yang mempunyai bentuk seperti cincin yang berwarna kecoklatan.

Untuk rasanya sendiri, cemilan ini memiliki beragam rasa seperti keju, pizza hingga jagung bakar. Untuk satu bungkus pothil ini biasanya dijual dengan harga 8 ribu hingga 10 ribu rupiah.

7. Ampyang

Ampyang merupakan salah satu oleh-oleh khas Magelang berupa jajanan pasar tradisional yang terbuat dari kacang tanah dan gula merah.

Cemilan ini juga kerap disebut Gula Kacang. Cara membuatnya sederhana, kacang sangrai dimasukkan ke dalam cairan gula merah lalu didiamkan hingga mengeras.

Jajanan ini memiliki cita rasa manis gurih dengan tekstur keras mirip coklat batangan. Karena ampyang khas Magelang selalu menjadi favorit wisatawan, maka masyarakat setempat berinovasi membuat Ampyang rasa coklat jahe.

Kue ini cocok dimakan saat bersantai ditemani teh hangat dan suasana hujan.

8. Grubi

Jika sebelumnya sudah mengenal beberapa oleh-oleh khas Magelang terbuat dari bahan utama singkong, maka cemilan Grubi merupakan jajanan berasal dari olahan ubi jalar.

Ubi tersebut diolah dengan dipotong lembut memanjang dan digoreng berbentuk bola-bola, kemudian dibumbui dengan gula jawa.

Bentuknya mirip gumpalan benang dan bertekstur sedikit keras. Selain menambah rasa manis, gula jawa juga dipakai untuk sebagai pemanis alami.

Jajanan dengan rasa manis dan renyah ini menjadi jajanan nostalgia bagi beberapa orang. Cocok bagi kamu yang ingin menghadiahkan orang rumah oleh-oleh khas Magelang.

9. Batik Magelang

Batik menjadi salah satu ciri khas yang menunjukkan keunikan sebuah daerah, termasuk Batik Magelang.

Beberapa tahun belakangan bermunculan pengrajin rumahan yang menciptakan desain batik khas Magelang dengan motif cantik dan unik.

Motif water torn merupakan yang paling laris diburu wisatawan, karena terinspirasi dari menara air buatan Belanda yang ada di sebelah barat alun-alun Magelang.

Selain itu, ada juga motif kopi pecah berbentuk daun kopi, buah dan bunga kopi. Namun, motif yang dianggap paling cantik oleh masyarakat adalah motif Candi Borobudur.

Setiap kain Batik Magelang dibuat dengan kualitas tinggi dengan harga yang disesuaikan dengan jenisnya.

Sehingga, kain ini cocok jika dijadikan sebagai oleh-oleh khas Magelang untuk kerabat di rumah.

10. Wayang Kulit

Selagi berada di Magelang, tak ada salahnya mampir membeli souvenir Wayang Kulit.

Yap, Wayang Kulit bisa menjadi ide unik ketika sudah puas berbelanja jajanan sebagai buah tangan. Namun, hanya sedikit toko yang dapat ditemukan menjual kerajinan ini.

Tetapi sekalinya mendapatkan outlet yang menjual aneka souvenir termasuk wayang, dijamin kamu ingin membeli tiap kerajinannya.

Tak jarang pula beberapa wilayah di Magelang mengadakan pameran wayang kulit yang sebagian wayangnya juga dijual dengan harga terjangkau.

Bagi kamu yang suka mengoleksi barang antik, wajib banget bawa pulang Wayang Kulit!

Nah, itulah beberapa rekomendasi oleh-oleh khas Magelang Jawa Tengah yang wajib kamu bawa pulang kampung. Semoga bermanfaat!

Tag : #wisata magelang    #magelang    #daerah wisata    #oleh oleh magelang    #kuliner magelang   

Baca Juga