Oleh-oleh Khas Malang yang Paling Terkenal dan Wajib Kamu Bawa Pulang Kampung

Wanovy | Travel | 26-02-2022

Oleh oleh khas Malang: Kripik Buah

PARBOABOA, Malang - Malang merupakan sebuah kota yang memiliki destinasi wisata yang sangat mempesona. Pesona yang ditawarkan tidak hanya dari alamnya saja, namun banyak juga oleh-oleh khas Malang.

Bila Malang sudah terkenal dengan apelnya, maka seiring dengan perkembangan pariwisata yang dimiliki kota Malang, maka tentu banyak pula pilihan buah tangan yang bisa dipilih sebagai surga belanja bagi para wisatawan yang berkunjung.

Suasana yang sejuk di kota Malang menjadikan banyak wisatawan yang kemudian tertarik untuk mengunjungi kota ini. Jika kamu adalah salah satu orang yang sedang berkunjung ke Malang, tidak ada salahnya untuk membeli oleh oleh khas Malang berikut ini.

Penasaran apa saja? Berikut ini Parboaboa sudah siapkan rekomendasi oleh oleh khas Malang yang paling terkenal dan bisa kamu jadikan pilihan sebagai buah tangan untuk teman ataupun saudara.

1. Apel Malang

Kota Malang terkenal sebagai daerah penghasil apel yang beragam. Maka tidak heran jika buah Apel menjadi primadona oleh-oleh Khas Malang dan jangan sampai kamu lewatkan membawa buah tangan yang satu ini saat pulang berlibur.

Ada dua jenis apel yang terkenal, yaitu apel manalagi yang berbentuk bulat serta warna hijau dan rasanya manis segar dan jenis apel ana yang berbentuk sediki lonjong dengan semburat warna merah namun rasanya sedikit asam.

Buah apel ini sangat mudah ditemui di Malang, tidak hanya di pasar saja, beberapa kawasan agrowisata serta pinggir jalan maupun toko tempat oleh oleh khas Malang terdekat bisa kamu dapatkan.

2. Kripik Tempe

Selain Apel, Malang juga terkenal sebagai penghasil tempe berkualitas baik. Tak heran jika olahan tempe banyak ditemukan di kota ini. Salah satunya adalah keripik tempe yang identik sebagai oleh-oleh andalannya.

Untuk mendapatkan keripik tempe, kamu bisa langsung datang ke Kampung Sanan ataupun tempat oleh oleh khas malang. Di sana tersedia keripik tempe dengan berbagai macam rasa, seperti original, balado, jagung manis, barbeque, pizza, hingga keju.

3. Keripik buah

Selain keripik tempe, keripik buah merupakan camilan yang sering dibawa sebagai oleh oleh khas Malang. Keripik yang dijual menggunakan aneka ragam buah-buahan, seperti apel, nangka, salak, mangga, rambutan, dan masih banyak lagi.

Proses pengolahan keripik buah khas Malang terbilang unik. Menggunakan metode penggorengan vakum, keripik buah yang dihasilkan minim kandungan minyak. Keripik buah dapat dengan mudah ditemukan di toko oleh-oleh Kota Malang.

4. Sari Apel

Memiliki hasil panen apel yang melimpah, membuat Malang banyak berkreasi dalam mengolah berbagai macam panganan yang berasal dari buah apel. Salah satu oleh-oleh khas Malang yang menjadi favorit bagi para wisatawan adalah Sari apel.

Sari apel merupakan minuman yang terbuat dari buah apel Malang yang sudah dipindahkan dari ampasnya. Minuman Sari Apel memiliki rasa yang sangat segar karena minuman ini tidak mengandung pengawet serta pemanis buatan.

Minuman ini juga memiliki kemasan yang praktis sehingga mudah untuk dinikmati serta dibawa sebagai oleh-oleh khas Malang.

5. Malang Strudel

Strudel awalnya adalah makanan populer pada jaman Hasburg Empire (1278 – 1780) di Austria, merupakan kue berlapis yang terbuat dari pastry kemudian diisi dengan berbagai buah-buahan.

Namun kemudian, Strudel yg asli Austria inipun dimodifikasi disesuaikan dengan citarasa lokal Malang di tangan chef profesional Toko Kue Malang Strudel. Kamu bisa membeli oleh oleh khas Malang kekinian ini di Outlet Malang Strudel yang terletak di Semeru.

6. Pie Cap Mangkok

Ini adalah oleh-oleh khas Malang yang sayang banget kalau kamu lewatkan. Pia Cap Mangkok atau yang lebih familiar disebut Pia Mangkok adalah jajanan tradisional khas Malang yang udah ada sejak tahun 1959 lho, sobat tiket.

Varian rasa dari jajanan khas Malang yang satu ini pun juga bermacam-macam, termasuk rasa cokelat, keju, durian, kopi, dan tangkwee atau manisan labu putih. Wih, kamu mau nyoba oleh-oleh Malang ini juga nggak?

7. Kripik Ceker

Selain keripik buah dan tempe, Malang juga terkenal dengan oleh-oleh keripik ceker yang rasanya renyah dan gurih nikmat. Keripik ceker dipercaya mengandung banyak kebaikan untuk tubuh seperti kolagen, kalsium dan asam amino.

Berbagai ukuran pengemasan keripik ceker ini dibuat mulai dari ukuran kecil, sedang hingga besar. Kamu bisa dapatkan oleh-oleh khas Malang yang satu ini di berbagai tempat oleh oleh khas Malang.

8. Bakpao Sayang

Makanan dengan warna khas ini putih dan beragam isian di dalamnya merupakan oleh-oleh khas Malang. Bakpao yang terkenal di kota Malang dan sering dijadikan sebagai buah tangan adalah Bakpao Sayang.

Berbagai varian rasa ditawarkan oleh produk ini, yaitu rasa strawberry, cokelat, nanas, kacang tanah, kacang hitam, kacang hijau, daging, blueberry, dan lain sebagainya.

Terdapat dua bentuk yang bisa dipilih, bentuk fresh dan frozen. Bagi wisatawan yang berasal dari luar kota bisa memilih oleh-oleh khas Malang Batu ini dalam bentuk frozen atau beku sehingga bisa dipanaskan serta dinikmati hanga—hangat ketika tiba di tempat tujuan.

9. Keramik Dinoyo

Oleh-oleh tidaklah selalu tentang makanan, namun cindera mata seperti keramik pun justru memberikan nilai seni yang tinggi.

Kamu bisa membawa kerajinan yang satu ini sebagai oleh-oleh khas Malang, untuk ruangan di rumah kamu. Setiap ukirannya dibuat langsung oleh tangan para pekerja keramik, sehingga pasti memberikan kesan tersendiri. Kamu bisa langsung melihat keramik cantik ini, di Jalan MT Haryono Malang.

10. Topeng Malangan

Topeng Malang yang biasa digunakan untuk pagelaran seni masyarakat setempat, juga diproduksi sebagai suvenir oleh-oleh khas Malang loh.

Ciri khas topeng Malangan yakni karakter wajah pada topeng yang tampak nyata dengan warna yang cenderung berani dibandingkan topeng dari daerah lainnya. Oleh-oleh topeng Malangan cocok buat keluarga atau kerabat yang menyukai seni artistik agar bisa dipajang sebagai hiasan rumah.

Wah unik dan menarik ya oleh-oleh khas Malang diatas! Jadi kamu mau pilih yang mana?

Editor : -

Tag : #wisata malang    #malang    #tempat wisata    #oleh oleh malang   

BACA JUGA