Oleh-oleh khas Medan: Bolu Meranti

Oleh-oleh Khas Medan yang Enak dan Tahan Lama

Wanovy | Travel | 21-02-2022

PARBOABOA, Medan - Medan memiliki banyak destinasi wisata yang menarik. Tidak hanya dikenal oleh wisatawan lokal, wisatawan mancanegara sudah mengenal cukup banyak beberapa tempat wisata di Medan yang mengundang perhatian.

Ada banyak alasan mengapa setiap penduduk Indonesia harus mengunjungi Medan, mulai dari kulinernya yang beragam hingga kebhinekaan yang terlambangkan dengan begitu jelas lewat kerukunan warganya.

Jika kamu sampai detik ini belum pernah berkunjung ke Medan, buatlah rencana liburan ke Medan bersama keluarga atau teman-teman.

Kuliner asli yang beragam akibat banyaknya suku di Medan siap membuat kamu jatuh cinta dengan Medan. Bukan cuma itu, keindahan Danau Toba yang begitu terkenal juga perlu kamu manfaatkan untuk mengisi porsi pada memori ponselmu.

Buat kamu yang mau membelikan orang tersayang oleh-oleh khas Medan, tidak perlu bingung lagi! Berikut ini ada 15 oleh-oleh khas Medan terpopuler yang bisa kamu beli sebagai buah tangan. Check it Out!

1. Bolu Meranti

Tak seperti kue bolu biasa, Bolu Meranti khas Medan rasanya yang lembut serta memiliki varian isian dan topping yang beragam. Salah satu tempat membeli Bolu Meranti ada di Jl. Kruing simpang Razak No.7C Medan.

Varian rasa Bolu Meranti antara lain coklat, strawberry, moka, keju, nanas, blueberry, capucino, kacang, dan lain-lain dengan kisaran harga mulai Rp70.000-Rp115.000.

Sebagian orang mungkin bertanya, bagaimana kue Bolu Meranti menjadi oleh-oleh khas Kota Medan? Jawabannya adalah karena Bolu tersebut memiliki rasa yang sangat khas, lembut dan tahan lama meskipun tidak menggunakan bahan pengawet.

2. Bika Ambon Zulaikha

Di berbagai sudut kota, terdapat banyak toko yang menjual bika ambon beraneka rasa. Salah satunya adalah Bika Ambon Zulaikha yang berlokasi di Jalan Mojopahit No 62.

Berkat kualitas rasa yang lezat, tekstur yang lembut, dan terjamin halal, Bika Ambon Zulaikha menjadi salah satu produk bika ambon paling populer dan diburu wisatawan.

Di sini, terdapat berbagai pilihan rasa sepertioriginal, keju, moka, pandan, dan pandan keju. Harganya juga cukup terjangkau, yaitu mulai Rp35.000 untuk ukuran kecil dengan daya tahan hingga empat hari.

3. Pancake Durian Medan

Ada yang suka buah durian? cobalah konsumsi dengan sajian berbeda pada sebuah pancake. Pancake Durian Medan sangat terkenal dan menjadi oleh-oleh khas Medan paling favorit para pecinta durian.

Berbeda dengan bentuk pancake pada umumnya, Pancake Durian Medan berbentuk seperti dadar gulung terbuat dari kulit adonan tepung diisi dengan daging durian yang rasanya luar biasa.

Bahkan, ada banyak varian rasa yang dihasilkan mulai dari mocca, original, coklat hingga pandan. Untuk mendapatkan oleh-oleh ini sangatlah mudah, namun yang cukup terkenal berada di Durian House beralamat di Jalan Sekip No.67 H, Medan Petisah.

Pembuatannya pun dihasilkan dari durian dengan kualitas terbaik, karenanya saat mencicipi pancake langsung lumer di mulut.

4. Ikan teri bajak

Berikut ini adalah oleh oleh khas Medan yang tahan lama. Ialah Teri Bajak yang merupakan oleh oleh khas Medan yang diselimuti sambal yang berbahan dasar teri.  Berbeda dengan teri pada umumnya, ikan teri yang digunakan pada sambal ini adalah teri putih kecil yang dimasak dengan sambal kacang.

Sambal ini cocok dinikmati bersama sepiring nasi putih hangat.  Sambal ikan teri bajak memiliki beberapa variasi, di antaranya teri Medan sambal kacang dan teri sambal.

Outlet teri bajak saat ini ada di Jalan Bajak V Gang Sejahtera, Nomor 50.B, Kota Medan. Jam buka mulai pukul 09.00 hingga 17.30 WIB. Wisatawan juga bisa membeli sambal ini di Bandara Internasional Kualanamu. Harga untuk satu bungkus sambal teri bajak mulai dari Rp 45.000.

Kamu bisa membeli teri bajak ini di sejumlah toko oleh-oleh khas Medan atau pasar tradisional dengan harga yang murah. Satu kemasan ziplock teri bajak ukuran 200 gram biasanya dijual dengan harga sekitar Rp40.000,00 dan mampu bertahan lama.

5. Lapis Legit

Tahu tidak kalau Lapis Legit diakui sebagai salah satu ‘Cake of The World’ terlezat asal Indonesia oleh CNN? Makanya nggak lengkap kalo belom beli Lapis Legit sebagai oleh-oleh khas Medan ini.

Affinois memang terkenal unik dan berbeda dengan brand kue tradisional lainnya di Medan. Berbeda dengan resep lagis legit yang banyak memakai aroma rempah pada umumnya, Lapis Legit Affinois menonjolkan aroma roombutter, memakai lebih banyak kuning telur, dan bereksperimen dengan beragam rasa dan tekstur yang lebih digemarin anak muda.

Selain bestseller Lapis Legit Signature dan Prunes premium, Affinois juga menawarkan varian rasa seperti Lapis Legit Cheese, Cappuccino, Chocochip dan Raisin.

6. Lemang

Lemang adalah makanan khas Medan yang bentuknya seperti tabung. Makanan ini terbuat dari santan, ketan putih, dan garam, lalu dibungkus daun pisang dan dibakar.

Sepintas lemang mirip dengan lontong, namun cara memasak lemang berbeda dengan lontong. Sebelum disantap, lemang dimasak dengan cara dimasukkan ke dalam bambu.

7. Manisan Jambu

Jika biasanya jambu biji dimakan secara langsung atau dibuat menjadi rujak, namun di Medan juga bisa diolah menjadi manisan jambu dengan rasa manis sebagai rasa paling terasa.

Jambu yang digunakan adalah jambu Bangkok yang terlebih dahulu dipotong 4 bagian dan dihilangkan bijinya lalu diolah menjadi manisan. Selain ada rasa manis yang kuat, ada rasa renyah dan segar karena dibuat dari bahan dasar berupa jambu bangkok.

Salah satu produsennya adalah Jambu Aguan yang terletak di dekat tempat produksi bolu Meranti yakni berada di Jalan Kruing No. 2G, Medan.

8. Kopi Sidikalang

Kopi Sidikalang dari Medan wajib dibawa karena menjadi salah satu kopi terbaik yang ada di Indonesia. Bisa dibeli dalam bentuk biji maupun bubuk, kopi dengan jenis robusta ini banyak diincar para pecinta kopi. Kopi Sidikalang bisa dibeli di toko oleh-oleh khas Medan dengan variasi harga mulai dari puluhan hingga ratusan ribu rupiah.

9. Medan Napoleon

Selain Bolu Meranti Medan, bolu gulung yang bisa kamu bawa sebagai oleh-oleh khas Medan lain yaitu Medan Napoleon milik artis Irwansyah yang telah berlabel halal dari MUI.

Terbuat dari tiga lapisan pastry yang diberi olesan selain kemudian luarnya ditutup dengan bolu dan topping yang beraneka ragam. Rasa pastry yang renyah serta lembutnya bolu dibalut selai menjadi perpaduan yang sangat lezat.

Tersedia beragam rasa yang tentu memanjakan lidah seperti green tea, keju, durian, dan red velvet yang cukup mahal harganya. Harga satu kotak Medan Napoleon mulai dari 65 ribu. Anda bisa dapatkan oleh-oleh ini di Jalan K.H. Wahid Hasyim No. 46/35, Babura.

10. Sirup Buah Markisa

Selain makanan, minuman yang sering dijadikan oleh-oleh khas Medan yaitu sirup markisa. Minuman ini terkenal dengan rasa manis dan segarnya. Kualitas sirup markisa Medan juga tak perlu diragukan. Di Medan, buah markisa hanya tumbuh di Dataran Tinggi Karo, Berastagi, sehingga menjadi produk unggulan wilayah tersebut.

Dari banyaknya produk sirup markisa di pasaran, produk yang paling laris adalah Sirup Markisa Pohon Pinang dan Sarang Tawon. Merek ini sudah terkenal sejak lama dan mudah didapatkan di seluruh sudut kota.

Itulah beberapa oleh-oleh khas Medan yang enak dan tahan lama untuk kamu bagikan ke orang-orang tersayang. Semoga bermanfaat!

Tag : #wisata medan    #wisata kuliner    #kuliner medan    #oleh oleh medan   

Baca Juga