Oleh-oleh khas Palangkaraya, foto: Celebes.co

10 Oleh-oleh Khas Palangkaraya yang Wajib Dibawa Pulang Kampung

Wanovy | Travel | 28-06-2022

PARBOABOA, Palangkaraya - Memiliki wiliayah yang masih banyak didominasi hutan lindung dan kawasan konservasi. Tak heran jika Kota Palangkaraya menarik untuk disinggahi sebagai tujuan liburanmu selanjutnya.

Berencana mengunjungi Kota Palangkaraya? Jangan lupa untuk sempatkan diri membeli berbagai oleh-oleh khas Palangkaraya yang unik dan menarik.

Bingung menemukan buah tangan asal Palangkaraya yang cocok? Simak pilihan oleh-oleh asal Palangkaraya yang khas berikut ini!

1. Rabuk Patin Kandas Sarai

Rabuk patin merupakan makanan khas Palangkaraya berupa abon. Sesuai namanya, makanan ini berbahan dasar ikan patin.

Sedangkan kandas serai adalah sejenis sambal yang bahan dasarnya didominasi oleh serai. Oleh karena itu, rabuk patin kandas sarai adalah perpaduan antara abon ikan patin dan sambal kandas sarai.

2. Tahu Bakso Ijo

Oleh-oleh khas Palangkaraya selanjutnya yang bisa dibawa pulang adalah tahu bakso ijo. Awalnya, tahu bakso ijo adalah nama sebuah warung yang terkenal di Palangka Raya.

Kini kuliner tahu bakso ijo menjadi makanan yang bisa dijadikan buah tangan. Tahu bakso ijo memiliki dua varian rasa, yaitu rasa daging ayam dan rasa daging sapi.

Kamu bisa membeli tahu bakso ijo di toko Tahu Bakso Ijjo 2 yang berada di Jalan G. Obos, Menteng, Kec. Jekan Raya, Kota Palangka Raya, Kalimantan Tengah.

3. Keripik Kelakai

Keripik kelakai merupakan sebuah makanan ringan atau snack yang terbuat dari daun kelakai yang dilumuri dengan tepung, lalu digoreng hingga kering.

Keripik ini sangat disukai oleh para pelancong, baik wisatawan asing maupun domestik untuk dijadikan sebagai buah tangan bagi keluarga dirumah.

Selain karena rasa gurihnya yang nagih, harga keripik kelakai ini juga sangat terjangkau, yakni sekitar Rp10.000 per bungkus.

4. Lemang

Lemang menjadi salah satu makanan khas dari Provinsi Kalimantan Tengah. Sekilas, lemang ini memang mirip dengan lontong.

Akan tetapi, lemang menggunakan jenis beras ketan dan cara pengolahannya pun tidak dengan dikukus, melainkan dengan cara dibakar menggunakan ruas bambu.

Ketika dimakan, lemang memiliki cita rasa yang unik dan berbeda dari lontong. Ada rasa gurih, pulen sekaligus lembut yang sangat enak jika dicocol dengan sambal.

5. Wadi Ikan

Bagi Anda penggemar ikan asin, wajib membawa oleh-oleh khas kota Palangkaraya yang satu ini, wadi.

Nama wadi ini merujuk pada teknik dalam pembuatan ikan asin yang dilakukan oleh suku Dayak yang menggunakan garam serta beras untuk memfermentasikan potongan ikan.

6. Olahan Ikan Seluang

Begitu melimpahnya ikan di daerah Kalimantan, menjadikan para warganya sering membuat olahan makanan yang berbahan dasar ikan. Salah satu ikan yang terkenal yaitu bernama ikan Seluang.

Ikan Seluang ini memiliki bentuk yang kecil dan lumayan memiliki daging. Sehingga kebanyakan akan diolah dengan cara digoreng.

Ketika digoreng, ikan ini akan memiliki tekstur yang renyah dengan rasa yang gurih, sangat cocok menjadi teman nasi dan ditemani dengan sambal.

7. Bengamat Si Makanan Khas Palangkaraya

Kamu tau Batman gak sih? Nah hewan apa tuh yang jadi Batman? Yaps, kelelawar. Nah di Kalimantan, khususnya di Palangkaraya, ada makanan olahan yang berbahan dasar kelelawar, namanya yaitu Bengamat.

Daging kelelawar ini biasanya dibersihkan dahulu sebelum dimasak, kemudian dimasak dicampurkan dengan jantung pisang serta ditambah dengan bumbu-bumbu khasnya.

Banyak orang yang membawa Bengamat ini sebagai oleh-oleh dari Kalimantan.

8. Wadi Ikan

Selai rabuk patin, olahan ikan patin lainnya yang bisa ditemukan di Palangka Raya adalah wadi ikan.

Oleh-oleh khas Palangkaraya ini terbuat dari ikan patin yang difermentasi menggunakan beras serta garam yang sudah disangrai. Wadi ikan memiliki rasa yang asin dan asam.

Selain ikan patin, wisatawan juga dapat menemukan wadi ikan yang berbahan dasr ikan lain, di antaranya ikan haruan, sapat, saluang, danbawal.

9. Kerajinan Tangan dari Kulit Kayu

Ingin membeli cinderamata ataupun souvenir khas Palangkaraya saat berkunjung ke kota terluas di Indonesia ini?

Berbagai produk kerajinan tangan dari kulit kayu bisa jadi pilihan Toppers. Mulai dari topi dari kulit kayu, tas, hingga berbagai kerajinan lainnya bisa ditemukan dengan mudah untuk dijadikan oleh-oleh khas Palangkaraya yang unik dan juga otentik.

10. Pernak-Pernik Khas Dayak

Pilihan souvenir asal Palangkaraya, Kalimantan Tengah yang paling mudah untuk kamu beli adalah pernak-pernik kerajinan khas Dayak.

Mulai dari aksesoris kecil seperti gantungan kunci, dompet, cincin, kalung, hingga yang berukuran besar seperti tas bisa kamu temukan dengan mudah diberbagai pusat oleh-oleh di kota Palangkaraya.

Nah, itulah beberapa oleh-oleh khas Palangkaraya yang wajib kamu bawa pulang kampung. Happy holiday!

Tag : #wisata palangkaraya    #palangkaraya    #tempat wisata    #travel    #kuliner palangkaraya    #kalimantan tengah   

Baca Juga