Oleh-oleh khas Pekanbaru, foto: OkeZone

10 Rekomendasi Oleh-oleh Khas Pekanbaru yang Wajib Kamu Bawa Pulang

Wanovy | Travel | 27-05-2022

PARBOABOA, Pekanbaru - Oleh-oleh khas dari Pekanbaru memiliki daya pikat tersendiri. Ada berbagai jenis buah tangan yang bisa untuk dibawa pulang. Mulai dari batik Pekanbaru hingga beragam jenis keripik yang memiliki rasa lezat.

Pekanbaru menjadi salah satu kota yang wajib untuk kamu kunjungi ketika berada di Riau. Pasalnya, di sini terdapat banyak sekali kuliner khas dan juga tempat wisata yang cocok untuk melepas penat.

Setelah puas berjalan jalan, maka kamu pun bisa mencari oleh-oleh Pekanbaru unik yang bisa untuk kamu bawa pulang.

Bingung mencari buah tangan yang pas untuk keluarga? Tak perlu khawatir, kali ini Parboaboa akan mengulas beberapa oleh-oleh khas Pekanbaru yang sayang untuk kamu lewatkan.

1. Kacang Pukul

Kacang pukul adalah camilan kacang yang diolah menjadi kue kecil seperti enting-enting. Kacang pukul memiliki cita rasa manis dan tekstur yang renyah.

Pada umumnya, kacang pukul dibungkus seperti permen dan dijual dalam satu kotak berisi 10 hingga 15.

Kue bangkit Berbahan dasar sagu dan memiliki tekstur yang renyah, kue bangkit adalah camilan yang sering menjadi pilihan wisatawan untuk dijadikan oleh-oleh.

Kue ini memiliki ukurang yang kecil dan berbentuk seperti bunga-bunga. Kamu bisa membeli kue bangkit secara kiloan atau per bungkus tergantung tempat yang menjualnya.

2. Ikan Asap Selais

Tak lengkap rasanya jika datang ke ibukota Riau, tanpa membawa pulang ikan asap Selais.

Ikan satu ini merupakan jenis yang paling diburu dan dicari oleg wisatawan asing maupun lokal ketika berkunjung ke tempat satu ini.

Untuk itu, tak heran jika banyak pelancong yang mengeluarkan banyak uang untuk membeliikan oleh oleh khas Pekanbaru satu ini.

Selain itu, kamu pun juga bisa untuk membeliikan tawar lain seperti gabus, lele dan patin. Akan tetapi yang paling laris untuk dijual sebagai ikan asap adalah ikan selais.

3. Lempuk Durian

Meskipun lempuk durian juga sudah dijual di kota-kota lain, khususnya yang berada di Sumatera, namun makanan ini tetap populer sebagai buah tangan khas Pekanbaru.

Dibuat secara tradisional, lempuk durian adalah dodol yang berbahan dasar durian dan bertekstur kenyal.

Dengan kemasan unik menyerupai permen, lempuk durian merupakan salah satu oleh-oleh khas Pekanbaru yang wajib dibawa pulang.

4. Batik Pekanbaru

Siapa bilang batik hanya khas di daerah Jawa? Pekanbaru Riau juga memiliki batik khasnya dengan corak khas pula yaitu motif Melayu Riau.

Pembuatannya pun dilakukan secara tradisional buatan tangan seperti biasanya dengan alat canting, pewarna pakaian, lilin cair, dan yang lainnya.

Dengan motif dan warna yang begitu beragam, oleh-oleh khas Pekanbaru ini sangat cocok untuk dijadikan buah tangan untuk kerabat. ‘

5. Keripik Nanas

Pekanbaru dikenal sebagai salah satu kota di Riau dengan perkebunan nanas terbesar. Buah berwarna kuning ini memang mudah tumbuh di area Pekanbaru.

Tak heran jika di sini dapat ditemukan berhektar-hektar kebun nanas. Karena inilah olahan buah nanas menjadi ciri khas kuliner Pekanbaru, salah satunya adalah keripik nanas.

Di kota lain, buah nanas jarang sekali dijadikan keripik. Inilah mengapa oleh-oleh khas Pekanbaru berupa keripik nanas sangat diminati.

Keripik bercitarasa manis ini rasanya enak dan teksturnya sangat renyah. Jika tertarik membelinya, wisatawan bisa membelinya di aneka toko oleh-oleh seputaran kota Pekanbaru.

6. Dodol Kedondong

Dodol biasanya terbuat dari gula aren. Tapi, kalau di Pekanbaru, dodolnya agak sedikit berbeda karena dibuat dari buah kedondong.

Ya, buah kecil ini diolah bersama dengan gula hingga akhirnya menjadi dodol yang bertekstur kenyal dan lengket. Dodol kedondong memiliki citarasa yang unik dan beda dari dodol biasanya.

Jika penasaran dengan rasa dodol kedondong ini, cemilan yang satu ini bisa dibeli di aneka pasar tradisional, toko oleh-oleh Pekanbaru, maupun di department store terdekat.

Harganya murah dan banyak juga yang dijual secara kiloan, jadi lebih mantap jika ingin membeli dalam jumlah banyak sebagai oleh-oleh khas Pekanbaru.

7. Bolu Kemojo

Salah satu yang membedakan Bolu Kemojo dengan bolu lainnya adalah bolu ini memiliki hasil bentuk cetakan seperti kelopak bunga kenanga.

Bolu Kemojo termasuk sejenis kue basah tradisional khas Riau yang terbuat dari bahan-bahan tepung, santan, adonan telur, gula pasir, dan mentega dengan cita rasa khas yang cocok untuk dijadikan oleh-oleh Pekanbaru untuk kerabatmu.

8. Lopek Bugi

Berbentuk segitiga dan dibuat dengan bahan dasar beras ketan yang dihaluskan kemudian dicampur dengan bumbu khas Pekanbaru.

Lopek Bugi merupakan kue basah yang dapat dikatakan sebagai oleh-oleh wajib khas Pekanbaru. Lopek Bugi dibalut dengan daun dan memiliki rasa yang manis dan gurih.

9 Peyek Jangkrik

Oleh oleh khas Pekanbaru yang satu ini mungkin terdengar asing jika kamu belum pernah berkunjung ke Pekanbaru sebelumnya.

Jika pada umumnya peyek menggunakan kacang dan udang rebon, di Pekanbaru peyek menggunakan jangkrik. Rasanya gurih dan tekstur yang renyah.

10. Salai ikan patin

Berkunjung ke Pekanbaru, kamu akan menemukan banyak penangkaran ikan patin. Oleh karena itu, ragam kuliner berbahan dasar ikan patin juga akan sering kamu temui.

Salah satunya adalah salai ikan patin yang merupakan ikan patin yang diasap hingga kering. Biasanya salai ikan patin disajikan dengan sambal dan nasih putih hangat.

Salai ikan patin memiliki daya tahan yang cukup lama karena melalui proses pengasapan. Jadi, kamu tidak perlu khawatir ketika membawa salai ikan patin dalam perjalanan.

Nah, itulah tadi beberapa rekomendasi oleh-oleh khas Pekanbaru yang bisa kamu bawa pulang. Happy holiday!

Tag : #wisata pekanbaru    #pekanbaru    #daerah wisata    #travel    #oleh oleh pekanbaru    #explore pekanbaru   

Baca Juga