Oleh-oleh khas Pontianak, foto: Tokopedia

10 Oleh-oleh Khas Pontianak Kalimantan Barat Paling Favorit

Wanovy | Travel | 04-07-2022

PARBOABOA, Pontianak - Inilah daftar oleh-oleh khas dari Kota Pontianak yang sering diburu oleh wisatawan. Pontianak memiliki makanan khas dan pernak-pernik menarik untuk dijadikan buah tangan.

Berjalan jalan ke ibukota Kalimantan Barat, Pontianak, pasti akan disuguhkan dengan berbagai macam hal seru.

Kota dengan sebutan kota khatulistiwa ini memiliki banyak hal menarik yang tidak boleh dilewatkan. Mulai dari budaya, tempat wisata, dan yang tidak boleh lupa adalah oleh-oleh khasnya.

Apabila Kamu hendak kembali pulang dari Pontianak, siapkan uang Kamu untuk borong buah tangan berikut ini.

1. Pisang Serikaya

Daftar oleh-oleh khas Pontianak yang pertama ada pisang srikaya dengan cita rasa khas camilan Kota Pontianak.

Pisang goreng khas Pontianak ini memiliki tekstur tebal, kemudian pembuatannya cukup sederhana.

Buah pisang dipotong kemudian digoreng menggunakan tepung. Jika sudah matang pisang diberi lumuran srikaya kupas yang sebelumnya dipisah antara kulit dan biji.

Tekstur lembut srikaya kemudian gurihnya gorengan pisang membuat lidah semakin dimanjakan.

Kemudian untuk harganya mencapai Rp 5000 saja per buah. Ketersediaan pisang srikaya ini terbilang mudah dan Kamu bisa menemukannya di gerai-gerai khusus oleh-oleh.

2. Coklat Lidah Buaya

Pontianak terkenal akan olahan lidah buaya-nya. Berbagai olahan mulai dari coklat lidah buaya, dodol lidah buaya, hingga teh lidah buaya bisa kamu jadikan oleh-oleh dari Pontianak untuk keluarga. Selain lezat, oleh-oleh khas Pontianak ini juga kaya akan vitamin E, lho.

3. Kue Bingke Berendam

Bingke Berendam sudah populer merambat ke berbagai daerah, bahkan wisatawan pun jauh-jauh datang hanya untuk mencicipi makanan satu ini.

Kue Bingke memiliki dua varian, yaitu kue bingke berendam dan kue bingke biasa. Kedua varian tersebut mempunyai perbedaan dari segi cara memasaknya, jika bingke biasa melalui proses memanggang, maka bingke berendam dikukus.

Cita rasa yang ditawarkan dari buah tangan khas Pontianak ini tentunya manis ditambah dengan kelembutan kue yang membuat siapa saja tergoda.

Kamu juga bisa membawa pulang berbagai varian rasa mulai dari original, ubi, susu, keju dan berbagai rasa lainnya.

Tentunya dalam setiap gigitan kue ini bakal bikin kamu inget terus momen manis di Kota Pontianak.

4. Juhi Bakar

Julukan Juhi Bakar mungkin sedikit asing bagi masyarakat luar Pontianak. Juhi adalah hidangan khas Pontianak yang diolah dari sotong, dagingnya digiling menjadi lebih halus kemudian dibakar atau dipanggang.

Dengan teksturnya yang sedikit basah, juhi bakar dapat bertahan selama 14 hari. Untuk rasa Juhi Bakar sendiri adalah pedas manis, sehingga cocok dijadikan hidangan pelengkap bersama seporsi nasi hangat.

Tentunya juga halal dan dapat bertahan lama loh sobat Kuliner Kota, jadi kamu tidak perlu khawatir membawanya dalam perjalanan jauh.

5. Keripik pisang Segedong

Oleh-oleh khas Pontianak berikutnya yang bisa dipilih adalah keripik pisang segedong. Kalimantan merupakan salah satu penghasil pisang berkualitas baik di Indonesia, termasuk juga Pontianak.

Salah satu kawasan yang terkenal dengan hasil keripik pisang di Pontianak adalah Segedong yang terletak di Kabupaten Mempawah. Keripik pisang khas Pontianak ini memiliki rasa yang manis gurih yang sangat khas.

Keripik pisang segedong ini bisa dengan mudah Kamu temui di pusat oleh-oleh atau toko-toko yang terletak di sekitar destinasi wisata yang Kamu kunjungi.

6. Dodol Lidah Buaya

Dodol Lidah Buaya merupakan jajanan yang akan sering kamu temukan ketika berkunjung ke toko oleh-oleh Pontianak. 

Dodol khas Pontianak berbeda dengan dodol pada umumnya karena menggunakan daging lidah buaya sebagai bahan utama.

Untuk bahan tambahannya yakni gula pasir, gula merah, santan kelapa, tepung beras dan garam.

Jika semua bahan tersebut dimasak dengan api sedang selama 4 jam sampai membentuk dodol. Rasa manis, serta teksturnya yang kenyal dan lembut membuat jajanan ini disukai semua kalangan.

Kamu juga tidak perlu khawatir karena Dodol Lidah Buaya juga tahan lama, jadi cocok dijadikan buah tangan dan dibawa bepergian dengan jarak jauh. Itulah sebabnya, tertarik membawa dodol khas Pontianak ini sampai ke kampung halaman?

7. Madu Hutan

Ingin oleh-oleh yang sehat? Maka jangan lupa untuk membawa buah tangan Madu hutan asli Kalimantan.

Daerah pulau yang masih banyak diselimuti hutan berikan akses lebih pada masyarakat untuk memanen madu tawon Apis dorsata yang hasilkan produk berkualitas.

Bahkan madu hutan asli yang dibeli di Pontianak memiliki rasa yang khas dan berbeda seperti madu lainnya. Rasanya yang manis dan diikuti wangi, menjadikan madu ini unik.

8. Manisan Asam Payak

Kudapan yang satu ini adalah oleh-oleh yang banyak sekali ditemukan di Kalimantan. Bagi Kamu yang belum pernah merasakan seperti apa rasa asam Payak, maka camilan ini wajib dibeli.

Bentuknya menyerupai salak, namun rasanya yang asam manis pasti akan membuat turis ketagihan.

Rasanya yang sangat unik ini lebih banyak diidamkan oleh para wanita hamil. Tidak perlu bayar mahal, Kamu bisa dapat 480 gram Asam Payak dengan harga sekitar 18 ribuan saja.

9. Chai Kue

Masyarakat Pontianak memiliki menu buah tangan khas bernama Chai Kue. Kuliner khas masyarakat Tionghoa yang berada di Pontianak ini memiliki bentuk seperti dim sum. Terdapat tesktur kulit tipis berwarna putih dibuat dari sagu dan tepung beras.

Kemudian, dari ketersediaan hidangan chai kue ini mudah ditemukan di gerai-gerai khusus oleh-oleh.

Untuk satu porsi chai kue berisi 10 buah, namun Kamu bisa memesan lebih banyak sesuai selera. Ada rasa kue kukus, goreng, ataupun bakar.

10. Cokelat Wijen

Ketersediaan menu hidangan untuk oleh-oleh dalam wujud Cokelat Wijen kini makin diminati. Rasa manis yang bertahan cukup lama layak jadi pilihan tepat bagi setiap pelancong.

Ketika berada di Pontianak pastikan mampir ke pusat oleh-oleh untuk memboyong produk cokelat wijen khas Pontianak.

Camilan cokelat wijen ini dibuat dari wijen renyah, kemudian dibalut cokelat cair, dan dibekukan.

Rasanya sangat nikmati apalagi didampingi secangkir kopi panas. Untuk harga satu paket cikelat wijen cukup terjangkau yakni Rp 20.000 saja.

Nah, itulah tadi 10 oleh-oleh khas Pontianak yang bisa kamu bawa pulang kampung. Happy holiday!

Tag : #wisata pontianak    #pontianak    #tempat wisata    #travel    #makanan khas pontianak    #kalimantan barat   

Baca Juga