Oleh oleh khas Samarinda, foto: PegiPegi

10 Oleh-oleh Khas Samarinda yang Wajib Dibawa Pulang Kampung

Wanovy | Travel | 14-06-2022

PARBOABOA, Samarinda - Daftar oleh-oleh khas Samarinda bisa menjadi pilihan yang baik saat Anda mengakhiri perjalanan wisata di kota ini.

Tenang saja, Samarinda punya banyak pilihan buah tangan yang cocok buat di bawa pulang. Semuanya akan dibahas secara lengkap dalam daftar rekomendasi di bawah ini.

Samarinda merupakan ibukota dari wilayah Kalimantan Timur. Wilayah ini memiliki jumlah penduduk sekitar 800 ribu lebih.

Tidak heran jika budaya dan kulturnya menjadi sangat beragam. Dulunya, wilayah ini menjadi salah satu lokasi transit perdagangan dunia.

Banyak pendatang yang berasal dari asia seperti Jepang, Malaysia dan China. Kedatangan mereka lambat laun menjadi akar budaya Samarinda yang kita kenal hingga seperti sekarang.

Adat dan kebiasaan penduduk Samarinda juga sangat beragam, mulai dari makanan, pakaian hingga tempat tinggal.

Semua memiliki ciri khas yang tidak bisa disamakan. Bahkan bahasa yang digunakan juga memiliki dialek yang berbeda meski tinggal di tempat sama.

Tak hanya itu saja, beragam tempat wisata dan oleh oleh khas Samarinda juga jangan sampai Anda lewatkan jika berkunjung kesini.

Ingin tahu apa saja oleh-oleh khas yang wajib dicoba jika bertandang ke Samarinda? Check this out!

1. Amplang

Kerupuk berbahan dasar ikan tenggiri ini merupakan salah satu oleh oleh khas Samarinda favorit para turis.

Rasa ikan yang gurih dan tekstur nya yang renyah membuat snack ini disukai segala kalangan.

Jenis amplang bermacam-macam tergantung bahan dasar ikan yang digunakan, yang umum adalah ikan laut yaitu tenggiri dan ikan sungai yaitu pipih (ikan belida).

Penyebutannya pun dipengaruhi oleh varian amplang, varian rasa selain original disebut amplang bumbu, sementara varian berbentuk lebih kecil mirip bulan sabit disebut kuku macan.

2. Keminting

Kue Keminting merupakan salah satu makanan khas di Samarinda. Keminting adalah kue yang terbuat dari tepung terigu, tepung kanji, gula jawa, gula pasir, sagu, dan santan kelapa.

Makanan ini berbentuk seperti kemiri, kecil, bulat ,dan memiliki tekstur yang sedikit keras namun renyah saat digigit

3. Gula Gait

Sebagian orang mungkin bingung dan asing dengan nama oleh oleh khas Samarinda ini.

Sekilas bentuknya memang mirip dengan makanan churros khas spanyol, tapi camilan ini tidak terbuat dari tepung melainkan gula aren dan gula pasir. Proses pembuatan gula gait mirip dengan pembuatan gulali.

Memiliki harga yang murah dan proses yang unik, sebagai wisatawan Anda wajib mencoba saat berkunjung ke kota Samarinda.

Camilan ini sebagai oleh oleh khas Samarinda manis saat teman atau kerabat berkunjung ke rumah.

4. Lempok Durian

Kalimantan termasuk daerah penghasil durian, begitu juga dengan Samarinda yang juga menghasilkan cukup banyak durian. Dan masyarakat mengolah durian menjadi dodol yang dikenal dengan sebutan Lempok Durian.

Lempok dan dodol memang tidak banyak perbedaan, karena bedanya hanya pada bahan dasar saja. Dodol dibuat dari tepung beras dan bahan lainnya sehingga menjadi adonan legit dan kenyal.

Sementara untuk lempok bahan utama yang digunakan adalah buah durian yang ditambahkan dengan gula.

Sehingga sudah pasti, jajanan satu ini akan diincar oleh para pecinta durian. Aroma duriannya yang khas dengan tekstur lembut begitu menyapa pengecap memang layak untuk diburu.

Belum lagi, lempok juga termasuk dalam makanan khas Samarinda yang tahan lama. Sehingga tidak masalah meskipun tujuan Anda terbilang jauh karena tidak akan basi.

5. Bolu Gulung Durian Panglima

Oleh oleh khas Samarinda yang juga terkenal yaitu bolu Gulung Panglima. Oleh-oleh khas Samarinda satu ini wajib anda bawa pulang untuk dibagikan ke tetangga anda di rumah.

Terbuat dari durian Panglima inilah yang menjadi bolu ini istimewa. Ada banyak varian rasa yang bisa anda dapatkan dan semuanya berasal dari bahan-bahan yang berkualitas.

Anda juga bisa memilih isi bolu dari durian dan daging. Inilah yang membuat wisatawan ingin segera mencicipi bolu gulung Durian Panglima.

Selain rasanya yang legit, adonan yang dibuat untuk bolu ini dicamur dengan durian dan bisa juga dipadukan dengan daging.

Bolu harus segera dibagikan ke tetangga anda jika sudah tiba di rumah, karena kue ini tidak cukup lama masa expirednya sekitar 3-4 hari saja.

6. Abon kepiting Samarinda

Jika biasanya abon terbuat dari bahan dasar ayam atau sapi, maka lain halnya dengan abon Samarinda.

Di sini, abon menggunakan kepiting sebagai bahan dasarnya. Tidak hanya menggunakan kepiting, beberapa produsen juga membuatnya dengan ikan gabus sehingga cocok bagi Anda penggemar makanan laut.

Satu bungkus abon kepiting umumnya dijual dengan harga mulai Rp25.000, tergantung isi dan ukurannya.

Untuk mendapatkan abon kepiting, Anda bisa mengunjungi UKM Center yakni toko oleh-oleh khas Samarinda yang beralamat di Jalan Gatot Subroto 2 No 77, Sungai Pinang.

7. Sarung Samarinda

Selain makanan, oleh oleh khas Samarinda lainnya yang juga bisa Anda bawa pulang adalah sarung Samarinda.

Sarung Samarinda dibuat dengan menerapkan teknik lama, yakni menggunakan alat tenun tradisional.

Ciri khas dari sarung ini adalah penggunaan sutera khusus yang berasal dari Tiongkok. Meski memiliki tekstur yang terasa kasar, sarung Samarinda tetap nyaman digunakan karena dibuat dengan cara tradisional.

Sehelai sarung biasanya memiliki lebar 80 cm dan panjang 2 meter. Harga sehelai sarung dibanderol mulai dari Rp150.000 hingga Rp250.000, sementara untuk sarung kualitas terbaik harganya bisa mencapai jutaan rupiah.

Anda bisa mendapatkannya langsung di pengrajin atau kios di Kota Samarinda. Salah satu pengrajin yang bisa dikunjungi adalah di Gang Pertenunan, Jalan Panglima Bandahara.

8. Kue Ilat Sapi

Ilat sapi memiliki arti lidah sapi dalam bahasa Jawa. Namun, bahan dasar kue ini tidak menggunakan lidah sapi sama sekali.

Oleh oleh khas Samarinda ini terbuat dari tepung terigu, gula, dan telur, kemudian ditaburi biji wijen di atasnya. Tekstur dari kue ini juga renyah.  Selain unik, kue ilat sapi dapat bertahan lama.

9. Aksesoris Samarinda

Kota ini terkenal akan hasil kayu dan batu. Tidak heran jika banyak kerajinan yang terbuat dari kedua bahan tersebut. Ada banyak kalung dan gelang yang bisa dijadikan oleh-oleh khas Samarinda.

Bentuknya yang kecil dan bisa masuk saku tidak akan membuat kesulitan saat membawanya.

Ada banyak batu-batuan yang memiliki pesona dan warna tersendiri, biasanya orang membeli produk ini dalam jumlah yang banyak agar harga bisa lebih murah. Produk ini juga cukup laku dipasaran sehingga bisa dijual kembali.

10. Miniatur Rumah Adat Kaltim

Bila suka hal-hal yang berbau arsitektur, Anda bisa memilih miniatur rumah adat Kalimantan Timur untuk dibawa pulang.

Kalau terlalu repot membawanya, Anda bisa memilih miniatur Sampek. Sampek adalah alat musik khas suku Dayak yang terbuat dari kayu. Jadi, mau pilih yang mana?

Nah, itulah beberapa oleh-oleh khas Samarinda yang wajib Anda bawa pulang kampung. Happy holiday!

Tag : #wisata samarinda    #samarinda    #tempat wisata    #travel    #makanan khas samarinda    #oleh oleh samarinda    #kalimantan timur   

Baca Juga