Oleh-oleh khas Semarang

Oleh-oleh Khas Semarang yang Paling Wajib Kamu Beli Saat Pulang Kampung

Wanovy | Travel | 04-03-2022

PARBOABOA, Semarang - Rekomendasi oleh-oleh khas Semarang, Jawa Tengah, sangat beragam. Jika kamu hendak berwisata atau pulang kampung, pastikan kamu membawa oleh-oleh khas Semarang yang bisa dinikmati di rumah atau dibagikan kepada tetangga serta teman-teman.

Terlebih, Semarang mempunyai ragam kuliner-kuliner khas yang awet dan dapat dibawa pulang sebagai oleh-oleh. Beberapa di antaranya sangat populer dan memiliki banyak peminat.

Jika kamu sedang berlibur ke kota Semarang, ada beberapa oleh-oleh khas Semarang yang tidak boleh dilewatkan.

Karena selain makanan ada juga cindera mata berupa barang. Lengkapnya yuk simak rekomendasi oleh-oleh khas Semarang dalam ulasan berikut.

1. Lumpia

Pasti kamu berpikir, sebenarnya apa yang spesial dengan lumpia? Bukannya makanan ini bisa dijumpai dimana saja? Itu memang benar, tapi yang akan kita bahas kali ini adalah mengenai lumpia khas kota semarang.

Lumpia yang satu ini memiliki cita rasa yang berbeda dengan lumpia lainnya. Kamu bisa mendapatkan lumpia lezat ini apabila berkunjung ke tempat oleh-oleh Semarang dan juga bisa didapatkan di toko-toko pinggir jalan.

Uniknya, kamu pun bisa bertanya mengenai resep rahasia dari lumpia ini, sehingga kamu dapat membuatnya sendiri di rumah.

2. Wingko Babat

Selain lumpia, wingko babat juga bisa menjadi salah satu pilihan oleh-oleh khas Semarang yang bisa kamu bawa pulang dari Semarang.

Makanan khas Semarang ini sebenarnya berasal dari daerah Lamongan tepatnya kabupaten Babat namun menjadi populer di sekitar stasiun Tawang Semarang. Wingko babat cap kereta api termasuk salah satu merek terbaik dan yang pertama kali mempopulerkan wingko babat di Semarang.

Kudapan nikmat ini terbuat dari campuran tepung ketan dan juga parutan kelapa yang dibakar dan dibentuk bulat pipih.

Teksturnya yang lembut dengan rasa manis dan gurih di setiap gigitannya menjadi alasan makanan ini disukai banyak orang. Selain rasa original masih banyak rasa lain yang bisa Anda coba seperti strawberry, durian, pisang, hingga cokelat.

3. Tahu Bakso

Oleh-oleh khas Semarang di urutan selanjutnya ada tahu bakso. Jenis kuliner yang satu ini sangat sederhana namun banyak peminatnya, baik masyarakat lokal, maupun wisatawan. 

Tahu bakso ini terdiri dari tahu yang di dalamnya diselipkan isian bakso. Makanan tersebut juga memiliki dua varian jenis tahu bakso, yakni tahu bakso yang digoreng dan direbus.

Rekomendasi oleh-oleh khas Semarang yang satu ini dapat dibeli di Tahu Baxo Bu Pudji yang terkenal di Ungaran, Semarang. Untuk harganya berkisar Rp50 ribuan.

4. Bandeng Presto

Makanan khas Semarang satu ini bisa menjadi pilihan oleh-oleh karena termasuk tahan lama. Memang banyak daerah yang memiliki bandeng presto, namun khas Semarang tak boleh dilewatkan begitu saja.

Ikan bandeng segar yang dimasak dengan bumbu khusus seperti bawang putih, garam dan kunyit ini kemudian dialasi dengan daun pisang. Kemudian dimasak pada panci presto agar tulangnya lunak.

Untuk mendapatkan oleh-oleh khas Semarang ini kamu bisa mengunjungi salah satu tempat oleh-oleh Semarang Bandeng Presto yang ternama.

Bandeng Juwana Elrina menjadi yang paling populer dan berada di Jl. Pandanaran 57 dan Cabangnya ada di Jl. Pamularsih 70 Semarang.

Bandeng ini dikemas dengan ukuran yang berbeda dan harga yang berbeda pula. Ukuran paling kecil di bandrol mulai dari Rp. 64 ribu hingga Rp. 71 ribu tergantung ukuran dan isinya.

5. Kue Mochi

Oleh-oleh khas Semarang berikutnya termasuk kue mochi yang terinspirasi dari Jepang. Bentuknya seperti bola-bola kecil dari tepung ketan, berwarna putih, lembap, berisi gula aren serta kacang lembut.

Camilan manis dan kenyal ini memiliki tekstur ketan yang lembut dan rasanya yang ringan. Hal yang membedakan moaci Semarang dengan mochi lainnya adalah taburan wijen di kulit moaci.

Salah satu merk moaci Semarang paling favorit adalah Moaci Gemini yang ramai diborong wisatawan.

6. Tumpi

Tumpi merupakan oleh oleh khas Semarang semacam camilan yang sangat mirip dengan rempeyek. Rasanya gurih, teksturnya juga renyah.

Kamu bisa makan tumpi sebagai camilan layaknya keripik atau sebagai lauk, untuk teman makan nasi. Tak heran jika banyak yang menyebut Tumpi sebagai rempeyek khas Semarang.

Yang membedakan tumpi dari rempeyek lain adalah toppingnya. Di kebanyakan tempat lain, rempeyek biasanya ditambah dengan udang, ikan asin, atau kedelai.

Tumpi menggunakan kacang hijau sebagai pelengkapnya. Makanan ringan kering ini bisa sangat awet kalau disimpan di wadah kedap udara.

7. Lontong Spekkoek Waiki

Nama oleh-oleh khas Semarang yang satu ini juga tak kalah unik dan nyeleneh, tapi cita rasanya tetap nomor satu.

Sebenarnya Lontong Spekkoek Waiki bukanlah lontong beras, merupakan kue lapis legit yang dibungkus dengan daun pisang, sehingga menyerupai lontong.

Apabila kamu ingin mencicipi dan ingin membawanya sebagai oleh oleh khas Semarang kekinian, maka berkunjunglah ke Jalan Senjoyo 2 No.1 kota Semarang.

8. Torakur

Merupakan singkatan dari ‘Tomat Rasa Kurma’, yang mana jajanan ini dicetuskan oleh Ibu Sri Ngestiwati yang beralamat di Dusun Ampel Gading, Desa Kenteng, Kecamatan Bandungan, Kabupaten Semarang.

Torakur adalah oleh oleh khas Semarang kekinian berupa jajanan manisan yang terbuat dari buah tomat, namun karena rasanya mirip kurma, jadilah dinamakan torakur. Kuliner unik yang satu ini sedang nge-hits di Semarang dan layak dijadikan oleh-oleh apabila kamu berkunjung ke sana.

9. Batik Semarang

Siapa bilang hanya Yogyakarta yang punya batik khas? Semarang juga memiliki batik khas yang cukup unik. Batik Semarang memiliki motif yang berbeda dari batik lainnya.

Motif batik Semarang ini merupakan gambaran dari landmark khas kota, misalnya Gereja Blenduk, Lawang Sewu dan Tugu Muda.

Untuk mendapatkan batik oleh-oleh khas Semarang ini, kamu bisa datang ke Kampung Batik Semarang yang berlokasi di Jalan batik. Di sini, kamu tak hanya bisa membeli, tapi juga bisa melihat proses pembuatan hingga ikut belajar membatik loh.

10. Souvenir di Pasar Johar

Pasar Johar merupakan tempat oleh oleh khas Semarang untuk membeli berbagai macam souvenir yang murah dan lengkap.

Pusat jual beli di Kota Semarang ini memiliki komoditi yang sangat lengkap. Dan menjadi salah satu surga belanja di kota ini.

Pasar Johar terletak di Kelurahan Kauman, Kecamatan Semarang dengan posisi yang sangat strategis karena berada di pusat kota.

Maka tak heran jika Pasar Johar selalu dipadati oleh pengunjung yang mencari berbagai macam kebutuhan. Selayaknya pasar pada umumnya, harga barang-barang di sini sangat murah dan bisa ditawar sewajarnya.

Nah, itulah beberapa rekomendasi oleh-oleh khas Semarang yang wajib kamu beli saat pulang berlibur atau pulang kampung. Semoga bermanfaat!

Tag : #wisata semarang    #semarang    #kuliner semarang    #oleh oleh   

Baca Juga