Oleh-oleh khas Singkawang/ Flashdisk ukiran sape, foto: Libur.co

10 Oleh-oleh Khas Singkawang Paling Favorit dan Wajib Anda Bawa Pulang Kampung

Wanovy | Travel | 21-11-2022

PARBOABOA, Singkawang - Berkunjung ke Kalimantan Barat jangan lupa untuk membeli oleh-oleh khas Singkawang yang populer dan wajib dibawa pulang. Jenis oleh-oleh tersebut mulai dari makanan, souvenir, hingga aksesori bisa Anda dapatkan.

Singkawang sendiri terkenal juga dengan sebutan 'The Little Hong Kong', sebab dulunya kota ini sebagai tempat singgah para pedagang Tionghoa. Tak heran bila Singkawang identik dengan sajian campuran budaya Melayu dan Tiongkok.

Setelah menghabiskan waktu liburan dengan mengunjungi href="https://parboaboa.com/tempat-wisata-singkawang">tempat wisata di Singkawang tak lengkap rasanya untuk membeli buah tangan khas daerah tersebut.

Ada apa saja yah oleh-oleh khas Singkawang? Berikut ulasannya seperti dirangkum Parboaboa.com dari berbagai sumber.

1. Kue Choi Pan Tjhia

Sebenarnya, kuliner Choi Pan banyak di jual di seluruh penjuru Kota Singkawang. Namun, salah satu penjual yang paling terkenal ialah Choi Pan Tjhia.

Oleh-oleh khas Singkawang yang satu ini dibuat dari campuran tepung beras dengan berbagai isian seperti, bengkuang, rebung, kucai, keladi, dan kacang. Ketika digigit, rasa kenyal dengan akhiran renyah akan langsung meluber ke dalam mulut.

Untuk menikmati penganan yang satu ini, para penjual akan memberikan sambal yang bisa dicocol dan menambah cita rasa unik nan menarik.

Biasanya, di bagian atas akan diberi taburan bawang putih goreng dengan tambahan minyak wijen yang semakin menggugah selera.

Jika Anda berminat untuk mencicipi makanan khas Singkawang yang satu ini, bisa mengunjungi pusat Kota Singkawang.

2. Minuman Limun Sarsi

Salah satu minuman yang tak lekang oleh waktu di Kota Singkawang ialah Sarsi. Minuman yang satu ini termasuk dalam keluarga soft drink dengan rasa yang unik berbeda dari minuman sejenis lainnya.

Limun Sarsi terdiri dari beberapa rasa unik, seperti rasa jeruk, rasa pisang ambon, dan sarsaparila. Ketiga rasa tersebut menawarkan kesegaran unik khas Singkawang.

Limun Sarsi sudah diproduksi sebelum kemerdekaan Bangsa Indonesia. Bisa dibayangkan jika warisan budaya yang satu ini memiliki cita rasa khas dan unik yang berbeda dari minuman di berbagai daerah.

Dahulu, Limun Sarsi merupakan salah satu soft drink yang banyak diperjual belikan di toko besar saja. Namun sekarang, Anda bisa menemukannya di warung makan Singkawang.

3. Teh Krisan Singkawang

Jika keluarga atau kerabat Anda ada yang suka minum teh, maka Anda wajib untuk membeli Teh Krisan Singkawang ini sebagai oleh-oleh khas Singkawang.

Teh Krisan ini merupakan minuman yang sudah terkenal di Singkawang sejak tahun 1977 dan pada tahun 2008, minuman ini mulai berevolusi dengan merubah kemasannya lebih modern menjadi teh celup.

Sesuai dengan namanya, teh ini dibuat dari olahan bunga Krisan dan Seruni yang berasal dari Tiongkok.

Bunga ini biasanya berwarna putih atau kuning dan minuman ini bukan sekedar teh biasa lho. Teh Krisan ini dipercaya mampu menetralisir toxin dalam tubuh dan meningkatkan kebugaran badan. Minuman ini juga bisa membantuk pemulihan dari influenza dan panas dalam.

4. Batik Tidayu

Indonesia memang tidak pernah jauh dari kerajinan batik, begitu pula Kota Singkawang. Di Kota Singkawang sendiri kita akan menemukan batik yang indah bernama Batik Tidayu.

Nah, kalian tahu tidak apa sih arti dari nama Tidayu? Tidayu ternyata merupakan singkatan dari tiga etnis mayoritas di Kota Singkawang. Tiga etnis tersebut adalah etnis Tiongkok, etnis Dayak dan yang terakhir adalah etnis Melayu.

Jika melihat desain yang ada dalam Batik Tidayu, kita akan sadar memang batik ini berbeda dari Batik lainnya.

Terdapat 6 desai Batik Tidayu yang masih populer yang ada di galeri Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) kota Singkawang.

Ke enam Batik tersebut adalah hasil dari sayembara yang dilakukan oleh Elisabeth Majuyetty, istri dari mantan Walikota Singkawang periode 2007-2012.

5. Keramik Singkawang

Oleh-oleh khas Singkawang lainnya yang pastinya tidak boleh Anda lewatkan adalah kerajinan keramik mininya.

Perlu Anda tahu, kerajinan keramik ini adalah warisan dari kebudayaan Tionghoa asal Tiongkok.

Bahkan nih, kerajinan ini merupakan kerajinan yang sudah turun temurun oleh generasi ke 4 keluarga Tiongkok.

6. Aksesoris Resam

Satu lagi oleh-oleh khas Kota Singkawang yang wajib banget untuk Anda bawa nih, Aksesori Resam khas Singkawang.

Aksesoris seperti gelang dan cincin yang terbuat dari anyaman dengan berbagai pola yang menarik. Oleh-oleh ini akan menjadi salah satu hadiah yang paling disukai oleh ibu, kakak bahkan pacar Anda.

Resam sendiri merupakan tumbuhan jenis paku yang biasanya dapat ditemui di tebing-tebing tepi jalan.

Tumbuhan Resam dikenal sebagai salah satu tumbuhan yang bisa menghambat pertumbuhan tanaman lain.

Tapi tumbuhan ini ternyata dapat diolah salur-salur akarnya, caranya dengan melemaskan salur akarnya barulah bisa di anyam.

7. Flashdisk ukiran sape

Oleh-oleh khas Singkawang berikutnya yang bisa Anda bawa pulang adalah flashdisk. Namun flashdisk ini berbeda karena memiliki nilai seni yang tinggi pada bagian luarnya. Flashdisk ini memiliki ukiran sape khas Singkawang.

Ukiran Sape atau banyak dikenal ‘Sampe’ adalah alat musik khas suku Dayak di Singkawang.

8. Olahan lidah buaya

Bagi Anda yang sering berkunjung ke Kalimantan pasti sering menemukan olahan lidah buaya, termasuk di Singkawang. Biasanya lidah buaya ini diolah jadi minuman, manisan, dodol dan lain sebagainya.

Siapa sangka, olahan lidah buaya memiliki kandungan gizi yang bagus untuk kesehatan lho, salah satunya dapat mengatasi masalah panas dalam.

10. Ulekan Dari Kayu dan Biji Belian

Ulekan merupakan salah satu alat tradisional yang berfungsi sebagai penghalus bumbu rempah atau sambal.

Di Singkawang terdapat salah satu oleh-oleh berupa cobek yang terbuat dari kayu besi pohon belian. Pohon tersebut hanya bisa ditemukan di Pulau Kalimantan saja, bahkan kayu jenis ini sering kali digunakan sebagai bahan bangunan.

Pohon Belia juga banyak digunakan sebagai bahan material pembangunan tiang, lantai rumah, kursi, jembatan, meja, pintu, dan masih banyak lagi.

Kayu ulin memiliki sifat yang sangat kuat dan keras dengan daya tahan yang hampir mirip dengan besi.

Oleh sebab itu, masyarakat setempat banyak menggunakan kayu ulin sebagai bahan baku pembuatan ulekkan.

Nah, itulah tadi beberapa rekomendasi oleh-oleh khas Singkawang yang paling favorit dan wajib Anda bawa pulang. Semoga bermanfaat!

Tag : #wisata singkawang    #singkawang    #travel    #tempat wisata    #kuliner singkawang    #kalimantan barat   

Baca Juga