Oleh-oleh khas Sintang, foto: Celebes.co

10 Oleh-oleh Khas Sintang Kalimantan Barat yang Recommended untuk Dibeli

Wanovy | Travel | 23-11-2022

PARBOABOA, Sintang - Membawa pulang buah tangan ketika berwisata ke Sintang menjadi hal yang wajib. Inilah beberapa oleh-oleh khas Sintang yang populer dan bisa Anda beli untuk keluarga dan teman.

Saat Anda berada di Kalimantan Barat dan kebetulan singgah di Kabupaten Sintang, maka Anda tak hanya akan disuguhkan dengan berbagai macam tempat wisata yang indah

Pasalnya, lokasi satu ini juga memiliki berbagai makanan khas yang cocok untuk dijadikan buah tangan bagi keluarga di rumah.

Bagi Anda yang penasaran apa saja oleh-oleh khas dari Kabupaten Sintang yang menarik, simak ulasannya berikut.

1. Keripik Ubi Ungu

Ubi ungu sendiri termasuk tanaman yang mengandung gizi melimpah dan baik bagi kesehatan. Dengan kata lain, Anda tidak hanya mendapatkan kelezatannya semata ketika menyantapnya.

Namun juga bisa mendapatkan khasiatnya terutama jika dikonsumsi secara rutin setiap harinya. Keripik ubi ungu khas Sintang sangat berbeda dengan keripik di daerah lainnya.

Pasalnya keripik berbentuk stik ini diolah menggunakan ubi ungu yang dicampurkan dengan aneka rempah, hingga menghasilkan cita rasa gurih dan manis ketika mencicipinya.

Bahkan kelezatan ubi ungu tanpa diolah pun sudah cukup membuat siapapun dibuat ketagihan dibuatnya. Sehingga tidak perlu heran jika kuliner satu ini begitu laris di pasaran.

2. Talas Asem

Mungkin oleh-oleh khas Sintang satu ini masih terdengar asing di telinga banyak orang. Namun, talas asen menjanjikan rasa yang bikin ketagihan.

Kudapan berbentuk stik ini terbuat dari berbagai bahan alami dengan bahan baku berupa ubi talas. Cemilan ini juga cocok dijadikan oleh-oleh apabila Anda berkunjung ke Kabupaten Sintang.

3. Kue Lapis Salju

Selain membawa pernak pernik etnik khas dari Sintang, Anda juga bisa membeli kue lapis salju yang sangat cocok untuk Anda jadikan buah tangan.

Oleh-oleh satu ini memiliki tekstur yang sangat lembut. Sedangkan untuk rasanya sendiri, kue lapis salju sangatlah manis nan legit.

Cemilan khas Sintang ini sangat cocok sebagai pendamping minum teh maupun kopi di sore hari.

Selain itu, kue satu ini pun cenderung sangat unik dan tidak bisa untuk Anda jumpai di daerah lain.

Sehingga tak ada salahnya untuk membeli kue satu ini sebagai oleh-oleh bagi keluarga Anda yang ada di rumah.

4. Ceriping Ketela

Kota Sintang memang terkenal sebagai penghasil umbi umbian. Hal ini dikarenakan daerah tersebut mempunyai banyak lahan dan tempat yang digunakan untuk menanam tanaman tersebut.

Oleh karena itu, ceriping ketela menjadi salah satu oleh-oleh khas Sintang yang banyak dicari wisatawan ketika mengunjungi kota ini.

Banyaknya ketela yang diproduksi di kota ini membuat masyarakat sekitar mengolahnya sebagai ceriping.

Makanan khas Sintang satu ini memiliki rasa yang manis bercampur dengan pedas yang sangat gurih.

Camilan satu ini pun juga sangat cocok untuk dijadikan oleh-oleh untuk Anda yang kebetulan sedang berkunjung ke daerah satu ini.

5. Kolam Selai Asam Maram

Ada banyak oleh-oleh khas Sintang lain yang cocok dijadikan buah tangan. Salah satunya adalah kue khas yang diolah menggunakan bahan bahan terbaik dan tentu saja alami.

Sehingga menghasilkan rasa yang sangat lezat. Tak hanya enak saja, kue yang terbuat dari bahan alami juga kaya akan kandungan gizi.

Sehingga akan sangat cocok untuk dijadikan konsumsi atau sekedar oleh-oleh bagi keluarga di rumah.

Kelebihan dari kue satu ini adalah awet dan tahan lama, hal ini tentu saja membuatnya sangat cocok untuk dijadikan buah tangan atau oleh-oleh untuk keluarga di rumah.

Selain itu, kue yang dilapisi oleh selai khas dari Sintang ini mempunya rasa yang manis dan legit.

6. Makaroni

Makaroni khas Sintang yang memiliki rasa yang enak. Perpaduan dari rasa makarono yang pedas dan manis ini pastinya akan membuat Anda menjadi ketagihan.

Selain itu, untuk tingkat kerenyahan sendiri pun sangat pas. Sehingga, Anda akan ketagihan saat pertama kali mencobanya.

Untuk Anda yang ingin mencari oleh-oleh khas Sintang yang bisa bertahan dalam waktu yang lama, maka makaroni satu ini adalah pilihan yang tepat. Pasalnya, cemilan ini bisa bertahan hingga berbulan bulan maupun bertahun tahun.

7. Kue Jimut

Jimut merupakan camilan khas suku Dayak Mualang di daerah Belitung Kabupaten Sekadau. Bahan dasar kue jimut adalah tepung terigu.

Tak heran jika citarasa yang dihasilkan benar-benar lezat, manis dan memiliki tekstur yang lembut.

Rasa manis jimut berasal dari isiannya berupa gula merah. Saat pertama kali menggigit, Anda akan merasakan manis dari gula dan lembutnya tekstur kue.

8. Pernak-Pernik Khas Sintang

Bagi Anda yang menyukai kerajinan tangan yang khas pada daerah tertentu, maka saat berada di Sintang, Anda pun bisa membelinya.

Hal ini dikarenakan ada berbagai macam gelang yang sangat unik dan etnik bisa Anda dapatkan disini.

Sepanjang perjalanan, terutama di sekitar pusat oleh-oleh Anda akan menemukan banyak pedagang yang menjual pernak pernik tersebut.

Anda pun tinggal memilih jenis gelang mana yang disukai. Umumnya gelang tersebut terbuat dari kayu dengan berbagai macam motif yang sangat indah.

Tentu saja, gelang ini dapat menjadi oleh-oleh yang tepat untuk sahabat di rumah. Ditambah lagi, gelang atau pernak pernik tersebut dijual dengan harga yang cukup terjangkau.

10. Tas Produk Lokal

Saat berada di Sintang, Anda pun tidak perlu bingung untuk memberikan buah tangan bagi keluarga maupun kerabat yang ada di rumah.

Hal ini dikarenakan banyak sekali produk produk handmade yang bisa Anda berikan sebagai oleh-oleh. Diantaranya adalah tas handmade produk lokal yang sangat unik.

Produk satu ini menjadi incaran para wisatawan karena Anda tidak akan menemuinya di tempat lain.

Oleh karena itu, dapat menjadi buah tangan yang sangat pas untuk keluarga di rumah. Bagi Anda yang ingin mencarinya, maka Anda pun bisa dengan mudah untuk menemukannya di toko atau pusat oleh-oleh di daerah Sintang.

Nah, itulah tadi beberapa rekomendasi oleh-oleh khas Sintang Kalimantan Barat yang recommended untuk dibeli dan dibawa pulang. Happy holiday!

Tag : #wisata sintang    #sintang    #travel    #tempat wisata    #kuliner sintang    #kalimantan barat   

Baca Juga