Oppo Watch Free

Oppo Watch Free Resmi Meluncur, Harga Rp 1 Jutaan

Wanovy | Teknologi | 28-09-2021

Oppo resmi meluncurkan jam tangan pintar atau smartwatch terbarunya di China.  Membawa nama komersial sebagai Oppo Watch Free, perangkat ini dibanderol dengan harga Rp 1 jutaan.

Oppo Watch Free hadir dengan sejumlah fitur menarik, salah satunya yaitu dukungan Mode eSport.

Smartwtach anyar ini disebutkan dapat menampilkan lebih dari 100 mode olahraga yang mencakup bulu tangkis, ski, kriket, dan masih banyak lagi. Perangkat wearable ini merupakan jawaban perusahaan untuk Realme Band 2 dan Honor Band 6.

Mode tersebut memungkinkan notifikasi dapat beralih dari smartphone ke Oppo Watch Free saat pengguna sedang bermain game.

Karena merupakan fitur baru, mode eSport sementara baru mendukung sejumlah ponsel saja, yaitu ponsel Oppo seri Find X3 dan seri Reno6. Dukungan untuk seri ponsel lainnya akan ditambah di kemudian hari.

Perusahaan berkomitmen menghadirkan banyak smartphone yang kompatibel untuk fitur tersebut dalam beberapa waktu mendatang.

Dikutip dari NDTV, Oppo Watch Free mengusung layar AMOLED 1,64 inci (280 x 456 piksel) dengan kerapatan piksel 326 ppi dan kaca lengkung 2.5D. Perangkat memiliki baterai 230 mAh yang diklaim dapat bertahan hingga 14 hari untuk penggunaan ringan.

Baterai tersebut dapat terisi dari 0 hingga 100 persen dalam waktu 75 menit. Oppo Watch Free dilengkapi Bluetooth BLE v5 yang dapat dihubungkan ke smartphone yang menjalankan sistem operasi minimal Android 6.0 atau iOS 10.0.

Bagian tali (strap) jam tangan pintar ini terbuat dari bahan silikon dan memiliki tekstur kulit yang diklaim Oppo nyaman, meskipun digunakan pada saat tidur.

Seperti smartwatch pada umumnya, Oppo Watch Free turut mendukung fitur pelacak detak jantung. Nantinya, Oppo Watch Free akan menampilkan lima pengukuran detak jantung secara real-time. Pengguna Oppo Watch Free juga akan menerima pemberitahuan apabila detak jantung mereka terlalu tinggi atau terlalu rendah.

Seperti yang disebutkan, Oppo Watch Free menyediakan 100 mode olahraga seperti bulu tangkis, ski, kriket, kayak, bola voli, mendayung, berenang dan masih banyak lagi.

Perangkat wearable ini juga memiliki fitur yang dapat melacak secara otomatis terkait olahraga khusus yaitu berjalan, berlari, rowing machine workout, dan elliptical workout.

Selain itu, Oppo Watch Free juga bisa digunakan untuk memantau kualitas tidur, mendeteksi dengkuran, mengatur pemutaran musik, serta dukungan fitur pembayaran WeChat dan Alipay.

Sama halnya dengan smartphone kekinian, Oppo Watch Free turut dibekali fitur NFC yang berguna untuk melakukan transaksi nontunai (cashless) ataupun untuk menyimpan kartu bus dan kartu bank digital.

Apabila tidak ingin "diganggu" dengan notifikasi yang masuk, pengguna bisa mengaktifkan mode Do Not Disturb melalui smartphone.

Sebagai band kebugaran, Oppo Watch Free juga dapat melacak detak jantung dan tingkat saturasi oksigen di dalam darah. Fitur lain yang disediakan termasuk Sleep Monitoring, Snoring Monitoring, Daily Activity, dan Sedentary Reminder. Perangkat turut memiliki sertifikasi tahan air hingga 5 ATM.

Di China, harga Oppo Watch Free dibanderol dengan 549 yuan atau Rp 1,2 juta. Terdapat pula model NFC yang dapat dibeli dengan harga 599 yuan atau Rp 1,3 juta. Oppo Watch Free dijual terbatas di China dan masih belum diketahui terkait ketersediaan secara global termasuk ke Indonesia.

Tag : #teknologi    #oppo    #smartwatch    #china   

Baca Juga