ilustrasi (foto: Akbar Bhayu Tamtomo)

Orang Pertama Yang Terinfeksi Omicron di Indonesia

Sondang | Kesehatan | 20-12-2021

PARBOABOA, Jakarta – Penyebaran Covid-19 varian Omicron sangat cepat di beberapa negara, termasuk Indonesia. Namun, siapakah orang yang pertama kali yang terinfeksi Omicron?

Kasus Omicron di Indonesia pertama kali ditemukan pada pekerja Wisma Atlet berinisial N, Rabu (15/12). Namun setelah ditelusuri, N tidak memiliki riwayat perjalanan ke luar negeri.

Kementrian Kesehatan (Kemenkes) kemudian melakukan penelitian dengan menelusuri semua kasus WNI positif di Wisma Atlet dalam waktu 14 hari kebelakang, yakni 24 November-3 Desember 2021.

Pencarian berhenti ketika ditemukan seorang pasien berinisial TF (21) yang baru saja tiba dari Nigeria pada 27 November 2021. Ia merupakan orang pertama yang terinfeksi Covid-19 varian Omicron.

Dari hasil penelusuran, terdapat 169 WNI pasien yang menjalani karantian di Wisma Atlet pada 24 November-3 Desember 2021. Mereka semua baru saja melakukan perjalanan dari luar negeri.

Namun dari semua pasien itu, hanya TF yang terjangkit Omicron. Meski demikian, TF sudah menjalani karantina secara penuh dan dikonfirmasi sudah negatif Covid-19.

Dari kasus ini, terbukti bahwa karantina merupakan hal yang penting dilakukan bagi setiap orang yang masuk ke Indonesia.

Dengan menjalani karantina, pelaku perjalanan dari luar negeri akan mendapat dipantau dan diobservasi oleh petugas kesehatan. Jika didapati positif Covid-19, pasien bisa langsung ditangani petugas medis.

Juru Bicara Vaksinasi COVID-19 Kementerian Kesehatan, Siti Nadia Tarmidzi mengimbau agar masyarakat tidak menganggap masalah ini sepele. Masyarakat diharapkan selalu menjalani prokes dan mengurangi mobilitas.

"Kurangi mobilitas, tetap gunakan masker, rajin mencuci tangan dengan sabun, dan menjaga jarak. Jangan lengah dan tetap waspada terhadap penularan virus COVID-19, terutama omicron yang laju penyebarannya sangat cepat” ujar Nadia.

Tag : #omicron    #wisma atlet    #kemenkes    #karantina    #covid 19   

Baca Juga