Gambar Overhead Pass (Foto: Detik)

Mengenal Overhead Pass, Tujuan, dan Cara Melakukannya

Faulan | Olahraga | 01-10-2022

PARBOABOA - Overhead pass merupakan salah satu teknik yang digunakan dalam permainan bola basket. Bola basket, seperti olahraga lainnya, memiliki berbagai teknik yang membantu pemain tampil lebih baik dalam kompetisi.

Dalam permainan bola basket, teknik overhead pass dapat dilakukan dalam situasi tertentu. Misalnya, jika seorang pemain ingin mengoper bola ke teman di depan tetapi dihadang oleh pemain lawan.

Selain overhead pass, ada beberapa teknik operan lain seperti chest pass, bounce pass, dan operan satu tangan. 

Lalu apakah yang dimaksud dengan overhead pass? Yuk simak ulasan artikel berikut ini.

Pengertian Overhead Pass

Overhead pass adalah teknik melempar bola melewati atas kepala (overhead) ke rekan satu tim dengan ketepatan yang tinggi. Cara melakukannya adalah dengan menarik bola ke atas kepala  dan lempar dengan kedua tangan. Selain itu, penerima bola adalah rekan tim yang berpostur tinggi.

Tujuan Overhead Pass

Overhead pass bertujuan untuk mengoper bola ke pemain lain yang jarak jauh. Teknik ini memungkinkan pemain untuk mengoper bola melewati penjagaan lawan. 

Momentum untuk menggunakan overhead pass ini ketika penjagaan musuh terlalu ketat dan juga posisi pemain lebih tinggi dari lawan. Pass ini sering digunakan untuk melancarkan serangan cepat ke arah area lawan.

Cara Melakukan Overhead Pass

Untuk melakukan overhead pass sebenarnya tidak terlalu rumit. Hal ini sama seperti melakukan teknik pass dalam permainan basket. 

Overhead pass dilakukan dengan mengangkat bola di atas kepala dan melemparkannya dengan kedua tangan. Teknik ini sangat tepat dilakukan ketika seorang pemain ingin mengoper bola tinggi ke teman pemain lain. Berikut langkah-langkah dalam melakukan overhead pass.

1. Jaga agar tubuh anda tetap lurus untuk mempersiapkan overhead pass.

2. Pegang bola di atas kepala dengan menggunakan kedua tangan.

3. Rilekskan tangan dengan jari-jari tangan terbuka saat memegang bola.

4. Tekuk sedikit siku anda dan bola harus diposisikan sejajar dengan dahi.

5. Saat ingin melempar bola, gerakkan tubuh sedikit ke belakang. 

6. Ayunkan bola ke depan diikuti dengan ayunan tubuh untuk menambah kecepatan dari operan.

7. Posisi jari tangan dan pergelangan tangan sedikit tertekuk saat melempar bola.

Selain teknik overhead pass, ada banyak teknik lain dalam permainan bola basket. Misalnya, teknik melempar bola setinggi dada (chest pass), teknik memantulkan bola (bounce pass), dan teknik gerakan dasar menangkap, menggiring (dribbling), dan menembak bola (shooting).

Setiap teknik bermain bola basket memiliki gaya dan fungsinya masing-masing. Dengan adanya teknik ini, para pemain bola basket dapat menggunakan teknik ini untuk meningkatkan skill dan kemampuannya.

Sekian informasi tentang overhead pass yang bisa dijelaskan pada kali ini. Anda dapat mengikuti cara diatas dan melatihnya secara berkala untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Tag : #basket    #teknik basket    #olahraga    #overhead pass    #teknik passing   

Baca Juga