PT Perkebunan Nusantara IV (aspirasi warga.com)

Pabrik Sawit PTPN IV Ludes Dilahap Si Jago Merah

Sarah | Daerah | 07-01-2022

PARBOABOA, Simalungun - Pabrik Kelapa Sawit (PKS) di Huta II Emplasmen, Nagori Dolok Tenera, Kecamatan Dolok Batu Nanggar, Kabupaten Simalungun ludes dilahap si jago merah pada Kamis (6/1/2022).

Diketahui, pabrik kelapa sawit tersebut milik perkebunan PTPN IV Dolok Ilir. Diperkirakan kebakaran terjadi sekitar pukul 21.00 WIB. Api yang melahap PKS itu terlihat cukup besar.

Menurut informasi yang dihimpun, kebakaran disebabkan oleh adanya sisa api dari pengelasan Tracing Tangkos, yang mengenai janjangan kelapa sawit yang masih mengandung minyak setelah dikelola di dalam PKS.

Kapolsek Serbelawan AKP Yunus Siregar mengatakan, sebelum terjadinya kebarakan, memang pabrik sedang dalam masa perbaikan tracing Tangkos.

"Pengerjaan itu dilakukan oleh pihak rekanan PTPN IV Dolok Ilir yakni CV Buana Suro Medan. Karena Tracing tangkos yang terbuat dari besi sudah rusak makanya diganti dengan yang baru," terang Kapolsek melalui via telefon, Jumat (7/1/2022).

Tak hanya itu, Yunus juga menyebutkan, pihak kontraktor menggunakan mesin las yang dapat menyebabkan timbulnya api dalam perbaikan tersebut.

“Dugaaan sementara penyebab kebakaran diakibatkan oleh sisa api dari pengelasan Tracing Tangkos yang mengenai janjangan kelapa sawit yang masih mengandung minyak setelah dikelola di dalam PKS,” pungkasnya.

Tag : #pabrik kelapa sawit    #ptpn    #terbakar    #simalungun    #daerah   

Baca Juga