Ilustrasi AC mobil (hondasolobaru.co.id)

Pahami! Berikut Ciri-Ciri dan Cara Memperbaiki Kompresor AC Mobil yang Rusak

Dimas | Otomotif | 04-04-2022

PARBOABOA – Saat ini, hampir seluruh pengguna mobil tidak bisa terlepas dari penggunaan AC saat berkendara di siang hari. Cuaca yang panas merupakan alasan besar mengapa AC harus tetap hidup demi kenyamanan para pengguna mobil.

Maka dari itu, sangat penting bagi para pengguna mobil untuk mengetahui apakah AC dalam keadaan baik atau tidak sedang mengalami kerusakan.

Berikut ini merupakan ciri-ciri kompresor AC mobil yang sedang mengalami kerusakan.

Ciri-Ciri Kompresor AC Mobil yang Rusak

1. Berbunyi Kasar

Salah satu tanda paling umum jika komponen mobil rusak adalah adanya bunyi asing. Ketika komponen AC rusak, maka akan ada bunyi kasar saat AC dihidupkan. Bunyi ini jadi tanda bahwa ada komponen yang aus dalam kompresor AC.

2. Suhu Kurang Sejuk

AC diberikan pada mobil untuk menjaga suhu di dalam kabin agar tetap sejuk. Saat AC sudah dinyalakan tapi suhu tidak kunjung sejuk, hal ini bisa jadi tanda bahwa terdapat kerusakan pada komponen kompresornya.

Memang saat pertama dinyalakan, AC akan terasa dingin. Tapi lama kelamaan, AC tak akan bisa menahan suhu sejuk tersebut.

3. Adanya Kebocoran Refrigerant

Ciri selanjutnya adalah adanya kebocoran refrigerant. Ketika hal ini terjadi, refrigerant tak akan bisa disalurkan dengan baik, dan tentu saja, cairan refrigerant akan lekas habis.

Kebocoran ini akan dapat membahayakan penumpang mobil. Uap dari refrigerant yang dihirup dapat mengganggu sistem pernapasan dan menyebabkan sesak napas, bahkan bisa menyebabkan iritas di tenggorokan dan Mata.

4. Suhu yang Tidak Stabil

Ciri-ciri kompresor AC mobil rusak terakhir adalah bahwa suhu yang dihasilkan tidak bisa stabil. Kinerja AC secara umum akan menurun, sehingga suhu yang dihasilkan tidak sesuai dengan apa yang disetel melalui kenop pengaturan.

Cara Memperbaiki Kompresor AC yang Rusak

Jika  kompresor Anda menunjukkan ciri-ciri diatas, segeralah lakukan perbaikan. Berikut cara memperbaiki Kompresor Ac yang sedang rusak.

1. Lakukan Flushing

Flushing adalah tindakkan membersihkan kotoran pada kompresor AC seperti asap yang menggumpal dalam kompresor, lendir-lendir kotor yang berasal dari debu, sisa makanan dan minuman yang masuk ke saluran AC.Prinsip kerja flushing adalah menyedot isi kompresor (oli dan kotoran-kotoran di dalamnya) serta menyedot juga freon AC hingga bersih. Setelah bersih, mesin flushing akan mengisi kompresor AC dengan oli kompresor baru dan freon AC yang lebih segar.

2. Check Kebocoran AC

Merupakan salah satu penyebab AC mobil tidak dingin. Umumnya terjadi pada kompresor AC yang mengalami karat. Karat ini sendiri disebabkan oleh kompresor AC yang kemasukan zat-zat asing (remah, debu, dan asap rokok). Zat-zat asing ini menggumpal menjadi asam yang dapat menyebabkan korosi jika bertemu dinding kompresor AC.Tetapi perlu diingat, kebocoran AC sangatlah sulit diamati jika ukurannya sangat kecil.

Oleh sebab itu disarankan untuk menggunakan jasa bengkel AC mobil terpercaya yang sudah menggunakan mesin Flushing otomatis untuk mengecheck tekanan pada kompresor AC.

Jika tekanan kompresor AC kurang dari semestinya, artinya ada kebocoran yang perlu dicari dengan teliti dan ditambal. Jika kebocoran sudah ditemukan, langkah selanjutnya yang perlu dilakukan adalah penambalan.

Penambalan harus dilakukan oleh orang yang berpengalaman agar hasil tambal kuat, dan tidak merusak komponen lain pada mobil.

3. Mengganti Spare Part/Komponen Kompresor AC

Jika kerusakan yang cukup serius (misal karena kecelakaan, atau karena mesin kompresor rontok) maka kompresor AC harus dibongkar.

Dengan cara ini, komponen ataupun sparepart AC dapat terlihat dengan jelas dan dapat dicari bagian kompresor yang rusak atau sudah berbentuk tidak normal.Beberapa bagian yang perlu diganti umumnya berpusat pada :

– Piston yang sudah aus

– Bearing yang sudah longgar

– Dinding dan klep yang sudah berkarat, tergores, atau pecah

4. Kencangkan Sambungan-Sambungan pada sistem AC dan Kompresor AC

Terkadang masalah pada Memperbaiki Kompresor AC Mobil yang Rusak adalah masalah sederhana seperti leher sambungan yang tidak erat. Untuk itu, sangat penting untuk mengencangkan dan mengecheck ada tidaknya kebocoran pada sambungan AC terutama sambungan kompresor.

5. Bawa dan Service di Bengkel AC Terpercaya

Prosedur bengkel AC terpercaya umumnya adalah :

- Memberikan estimasi biaya yang diperlukan untuk perbaikan

- Memberikan pilihan sparepart yang harus diganti, dan spare part yang sebaiknya diganti di bulan depan

- Jika anda dan mekanik sudah setuju, mekanik akan melakukan perbaikan/service

- Bengkel memberikan jaminan garansi service AC

Itulah seputar informasi terkait ciri-ciri dan cara memperbaiki kompresor AC pada mobil

Tag : #ac mobil    #sparepart mobil    #otomotif    #kompresor ac mobil     #flushing   

Baca Juga