Tips Memilih Pakaian Interview Kerja Agar Tampil Percaya Diri (Dok.topcareer.id)

Tips Memilih Pakaian Interview Kerja Agar Tampil Percaya Diri

Sari | Pendidikan | 23-06-2022

PARBOABOA – Dalam hal mendapatkan pekerjaan, tahapan wawancara kerja adalah salah satu bagian yang cukup menentukan. Oleh sebab itu, segala sesuatunya diperlukan persiapan yang matang, termasuk dalam hal memilih pakaian interview kerja.

Selain persiapan untuk menjawab dari kemungkinan pertanyaan yang diajukan pihak HRD, ternyata penampilan juga sangat berpengaruh, loh! Terutama memilih warna pakaian yang akan dikenakan.

Setiap warna pakaian tersebut ternyata juga menghasilkan kesan yang mampu mempengaruhi kelancaran proses wawancara berikutnya. Dalam artikel ini Parboaboa akan memberikan tips memilih pakaian interview kerja agar tampil percaya diri. Yuk, simak!

Tips Memilih Pakaian saat Interview

Ketika seorang pelamar kerja datang untuk interview, tentu bukan hanya datang dan sekadar menjawab beberapa pertanyaan pewawancara saja. Pertama kali yang dilihat adalah bagaimana penampilannya yang bisa manjadi salah satu nilai tambah.

Sekalipun misalnya Anda mendapat panggilan Interview di perusahaan startup yang terkenal santai, pastikan Anda tetap memilih pakaian yang baik, misalnya memilih gaya smart casual atau semi formal.

Tujuannya adalah untuk memberikan kesan yang baik, artinya Anda menghargai dan ingin sekali menjadi bagian dalam perusahaan tersebut. Berikut ini tipsnya:

1. Memakai Kemeja

Kemeja merupakan outfit interview kerja yang akan memberikan kesan formal. Dewasa ini berbagai pilihan jenis kemeja, namun untuk menghadiri interview kerja, sebaiknya Anda bisa memilih kemeja berbahan dasar katun, sifon, flanel atau bahkan sutra.

Pakai kemeja dengan bahan yang soft dan tidak terlalu mencolok. Hindari memakai kemeja yang terlalu ketat, apalagi untuk wanita yang akan memberikan kesan seksi. Kemeja yang Anda kenakan harus membuatmu tetap nyaman.

2. Kenakan Kardigan atau Jas

Kardigan atau jas merupakan fashion item yang mampu menjadi atribut pelengkap untuk menghadiri interview. Ketika Anda mengenakannya, pasti akan terkesan profesional. Hindari motif atau warna jas dan kardigan yang terlalu mencolok.

3. Celana

Walaupun pakaian interview kerja telah terlihat rapi, semua akan sia-sia bila Anda memilih celana yang salah. Hindari menggunakan celana berbahan jeans saat interview pekerjaan, karena celana jeans akan mengurangi kesan formal dan profesional.

Beberapa perusahaan yang bergerak di industri kreatif dan media, mungkin tidak terlalu memedulikan jenis bahan celana yang Anda kenakan, namun untuk pakaian saat interview kerja di bank hal ini menjadi penting diperhatikan.

4. Sepatu

Sepatu adalah bagian outfit interview kerja yang tak kalah pentingnya dengan busana. Sebaiknya pakailah sepatu yang menutup seluruh bagian kaki, misalnya untuk pria memakai sepatu jenis Oxford, Derby, dan Monk Strap. Jenis sepatu interview yang cocok untuk wanita adalah high heels atau flat shoes.

Hindari jenis sepatu yang biasa digunakan untuk jalan-jalan atau olahraga, misalnya jenis sepatu Crocs dan sepatu sandal yang memperlihatkan bagian jari-jari kaki.

Tips Memilih Warna Pakaian saat Interview Kerja Di Bank atau Perusahaan Multinasional

Warna baju yang digunakan saat Anda wawancara kerja, ternyata bisa membentuk persepsi pewawancara terhadap kepribadian Anda juga, loh!

Berikut tips memilih warna pakaian terbaik untuk interview kerja.

1. Biru

Biru merupakan warna yang paling direkomendasikan untuk menghadapi wawancara profesional. Sebab, nuansa yang dihadirkan warna biru menyiratkan bahwa Anda adalah orang yang penuh percaya diri, jujur dan amanah.

Biru muda cocok untuk para pelamar kerja di perusahaan keuangan, hukum, atau perbankan. Namun, untuk pelamar perusahaan yang bergerak di industri kreatif, sebaiknya hindari memakai baju warna biru tua yang akan memberikan kesan serius dan kaku.

2. Hitam

Pemilihan warna gelap atau hitam akan menggambarkan kesan kepemimpinan. Warna ini sangat cocok digunakan untuk pelamar kerja yang mengincar posisi direktur, manajer, supervisor atau setingkat pemimpin lainnya.

Namun, hindari menggunakan warna hitam untuk melamar sebagai asisten atau posisi yang setara dengan itu. Karena, seperti yang dijelaskan di atas, warna hitam akan menyiratkan terlalu bossy untuk para pelamar sekelas asisten atau setara dengannya.

3. Putih

Warna paling aman untuk wawancara adalah warna putih. Sebagaimana warna ini akan menggambarkan arti keteraturan dan profesionalitas. Ketika Anda mengenakan kemeja putih, sangat mudah memilih berbagai model bawahan, bisa celana atau rok.

4. Ungu dan Kuning

Warna ungu dan kuning boleh banget dicoba untuk para pelamar kerja di bidang kreatif, dan jangan takut menggunakan warna-warna cerah lainnya. Sebab, warna cerah akan menggambarkan kesan artistik dan unik. Kepribadian Anda juga terpancar sebagai seseorang yang percaya diri, positif dan kreatif.

Bagaimana tips dari Parboaboa? Sekarang Anda tidak bingung lagikan untuk memilih pakaian interview kerja? Pastikan Anda juga harus mempersiapkan diri dengan baik, ya.

Hal yang harus diperhatikan adalah wawancara kerja bukan hanya sekadar tanya jawab saja, Anda juga harus memberikan kesan melalui penampilan.

Tag : #interview kerja    #pakaian interview kerja    #pendidikan    #outfit    #wawancara    #pelamar kerja   

Baca Juga