Sebanyak 21 kampus di Indonesia Akan Turut Meramaikan Pameran Pendidikan 2022 di Dili

Tangkapan layar Indonesian Education Fair 2022. (Foto: dok. Beritaterbaru.news)

PARBOABOA, Jakarta – Sebanyak 21 perguruan tinggi dari Indonesia akan turut meramaikan Pameran Pendidikan 2022 oleh Kedutaan Besar Republik Indonesia dalam kegiatan Indonesian Day untuk Timor Leste, yang akan diselenggarakan di Dili pada 14-16 Oktober 2022 mendatang.

Atase Pendidikan dan Kebudayaan KBRI Dili, Timor Leste, Ikfan Haris mengatakan bahwa kegiatan tersebut masih terkait dengan peringatan 20 tahun hubungan bilateral RI-Timor Leste.

“Pameran pendidikan yang akan digelar ini merupakan Pameran Pendidikan yang kelima sejak digelar pada 2016. Sudah setahun diundur karena COVID-19,” ujarnya Senin (10/10/2022).

Ikfan menjelaskan bahwa setiap perguruan tinggi dari Indonesia nantinya akan menawarkan beasiswa kepada calon-calon mahasiswa yang ada di Timor Leste agar bisa berkuliag di Indonesia.

Ikfan memaparkan, Pameran Pendidikan kali ini akan digelar di dua tempat, yaitu di Lapangan Tengah Timor Plaza pada 14 Oktober 2022 mulai pukul 09.00-18.00 WIB. Sementara pada tanggal 15-16 Oktober 2022 akan dilaksanakan di gedung Pusat Kebudayaan Indonesia dari pukul 09.00-17.00 WIB.

“Sementara itu, tes tatap muka akan dilaksanakan pada 15-19 Oktober 2022 di Pusat Kebudayaan Indonesia,” tukas Ikfan.

Untuk saat ini, sebanyak 4.125 mahasiswa Timor Leste berminat untuk belajar di Indonesia melalui program beasiswa. Adapun hal-hal yang menjadi pertimbangan para mahasiswa untuk belajar di Indonesia antara lain, faktor biaya, bahasa, kultur, dan kedekatan sejarah antar negara.

Ikfan juga menambahkan bahwa selama ini satuan kerja Atase Pendidikan dan Kebudayaan KBRI Dili turut berperan dan berkontribusi dalam mengembangkan sumber daya manusia di Timor Leste, melalui sejumlah program baik yang sudah maupun akan dilaksanakan di Pusat Budaya Indonesia.

Berbagai upaya kerja sama dalam pendidikan telah diimplementasikan, seperti pengembangan Sumber Daya Manusia, studi banding Kepala Sekolah ke Indonesia, pelatihan di bidang IPTEK, kebahasaan, budaya, serta program beasiswa yang diberikan untuk mahasiswa dari Timor Leste.

Berikut sejumlah perguruan tinggi yang dijadwalkan akan menghadiri Pameran Pendidikan tersebut, antara lain Universitas Brawijaya Malang, Universitas Airlangga Surabaya, President University, Universitas 17 Agustus 1945 Jakarta, dan masih ada beberapa universitas lainnya.

TAG :
Baca Juga
LIPUTAN KHUSUS