Lailatul Qadar (Dok: Ayo Semarang)

Panduan Lengkap Sholat Malam Lailatul Qadar

Mei | Pendidikan | 29-04-2022

PARBOABOA - Kita semua tahu bahwa Lailatul Qadar merupakan salah satu malam yang mulia serta penuh kebaikan yang jatuh tepat pada bulan Ramadhan.

Tak ada yang tahu pasti kapan terjadinya malam Lailatul Qadar, namun malam yang penuh kebaikan ini diperkirakan berada diantara 10 malam terakhir di bulan suci Ramadhan.

Jika dihitung dari hasil sidang Isbat Ramadhan 1443, maka 10 malam terakhir Ramadhan akan jatuh pada tanggal 23 April hingga 1 Mei 2022.

Lailatul Qadar memang dikenal sebagai bulan yang baik, bahkan lebih baik dari 1000 bulan yang pernah ada, maka tak heran banyak umat muslim yang berlomba untuk menjalankan amalan sunnah di malam ini.

Ada banyak amalan yang dapat kita lakukan dalam menyambut malam yang penuh kebaikan ini, salah satunya adalah dengan menjalankan sholat malam Lailatul Qadar.

Menjalankan sholat malam Lailatul Qadar merupakan sebuah amalan yang cukup mudah dilakukan di malam yang penuh dengan kebaikan ini.

Waktu pelaksanaan sholat malam Lailatul Qadar pada umumnya hampir sama dengan shalat tarawih dan juga tahajud, yaitu sehabis waktu shalat isya' hingga menjelang subuh.

Namun, mungkin masih banyak diantara kita yang lupa akan niat dan juga tata cara dalam menjalankan sholat sunnah pada malam Lailatul Qadar ini.

Untuk itu, pada kesempatan kali ini, kita akan membahas tentang niat dan juga tata cara menjalankan sholat malam Lailatul Qadar.

Niat dan Tata Cara Sholat Malam Lailatul Qadar

1.Niat Sholat Malam Lailatul Qadar

Sholat malam Lailatul Qadar 2 Raka'at:

Ayat :

أُصَلِّى سُنَّةَ لَيْلَةِ الْقَدْرِ رَكْعَتَيْنِ لِلّٰهِ تَعَالٰى

Ushalli Sunnata lailatil Qadri Rak’ataini Lillahi Ta’aalaa.

Artinya:

 “Saya niat shalat sunnah lailatil qadr dua rakaat karena Allah Ta’ala”.

Sholat malam Lailatul Qadar 4 Raka’at:

Ayat:

أُصَلِّى سُنَّةَ لَيْلَةِ الْقَدْرِ اَرْبَعَ رَكَعَاتٍ لِلّٰهِ تَعَالٰى

Ushalli Sunnata lailatil Qadri Arba’arakaatin Lillahi Ta’aalaa.

Artinya:

 “Saya niat shalat sunnah lailatil qadr empat rakaat karena Allah Ta’ala”.

2. Tata Cara Sholat Malam Lailatul Qadar

Membaca niat

Tata cara sholat malam Lailatul Qadar yang pertama adalah dengan membaca niat terlebih dahulu. Kalian dapat menyesuaikan dengan jumlah raka’at yang kalian jalani, apakah berjumlah 2 atau 4.

Takbiratul ikhram

Tata cara sholat malam Lailatul Qadar yang berikutnya adalah dengan membaca takbiratul ikhram. Takbiratul ikhram dapat kalian lakukan dengan membaca takbir “Allahu Akbar”.

Membaca surat Al-Fatihah dan surat pendek

Tata cara sholat malam Lailatul Qadar yang berikutnya adalah dengan membaca surah Al-Fatihah dari raka’at 1 hingga rakaat terakhir.

Untuk tambahan surah, kalian dapat mebaca surah At-Takasur, Al-Qadr, Al-Ikhlas berturut-turut sebanyak tiga kali atau bisa juga membaca surat lain semampunya.

Tidak ada tahiyat awal

Tata cara sholat malam Lailatul Qadar yang berikutnya adalah tidak melakukan tahiyat awal.

Hal inilah yang menjadi pembeda sholat malam Lailatul Qadar  dengan sholat sunnah yang lainnya.

Pada shalat Lailatul Qadar jika telah sampai pada rakaat kedua, maka tidak perlu duduk tahiyat awal, melainkan langsung bangun dan melanjutkan rakaat ketiga.

Tahiyat akhir pada rakaat keempat

Tata cara sholat malam Lailatul Qadar yang berikutnya adalah dengan melakukan tahiyat akhir pada raka’at yang terakhir.

Pada tahap ini, kalian dapat duduk dan membaca doa tahiyat yang sama seperti pada sholat wajib lalu kemudian ditutup dengan melakukan salam.

Setelah selesai menjalankan sholat malam Lailatul Qadar, ada baiknya jika melakukan amalan doa untuk menyempurnakan ibadah kita pada malam ini.

Berikut ini doa malam yang dapat kalian baca sehabis menjalankan sholat malam Lailatul Qadar.

Ayat :

اللَّهُمَّ إِنَّكَ عَفُوٌّ كَرِيمٌ تُحِبُّ الْعَفْوَ فَاعْفُ عَنِّى

Allohumma Innaka Afuwwun Kariim Tuhibbul Afwa Fa`fuanna

Artinya:

 "Ya Allah, sesungguhnya Engkau Zat Maha Pengampun lagi Maha Pemurah, senang pada ampunan, maka ampunilah kami, wahai Zat yang Maha Pemurah."

Tag : #pendidikan islam    #lailatul qadar    #pendidikan    #ramadhan   

Baca Juga