Pantai di Bangka Belitung, foto: Nusae.com

10 Destinasi Wisata Pantai di Bangka Belitung Paling Indah

Wanovy | Travel | 09-06-2022

PARBOABOA, Bangka Belitung - Berbicara mengenai tempat wisata di Bangka Belitung, tentu kita tidak dapat melewatkan destinasi dengan panorama yang menakjubkan.

Deretan pantai yang indah serta gunung yang megah, jadi pilihan menarik untuk dijadikan tujuan wisata.

Jika berencana melancong ke Bangka Belitung, berikut daftar tempat wisata pantai Bangka Belitung yang harus dikunjungi!

1. Pantai Penyak

Berada di Desa Penyak, Koba, Kab. Bangka Tengah, Bangka Belitung, inilah salah satu pantai di Bangka Belitung dengan garis pantai terpanjang, mencapai hingga 3 km.

Pantai Bangka Belitung ini memiliki pesona pada permukaan pantainya yang landai dan berada tepat di pinggir jalan raya yang menghubungkan Pangkalpinang dengan Koba.

Inilah sebab tempat wisata di Bangka Belitung ini kerap dijadikan sebagai tempat singgah dan bersantai bagi mereka yang sedang dalam perjalanan.

Di hari-hari libur dan akhir pekan, kawasan pantai ini selalu ramai dikunjungi masyarakat Bangka untuk menikmati panorama dan bermain-main di bibir pantai.

Menikmati air kelapa muda adalah cara lain yang kerap dilakukan wisatawan di Pantai Penyak.

Namun sayangnya, kurangnya perhatian dari pemerintah memberi kontribusi terhadap lambannya pengembangan potensi wisata yang dikandung pantai yang populer di Bangka tenggah.

2. Pantai Parai Tenggiri

Berjarak sekitar 40 km dari ibukota Provinsi Bangka Belitung, Pangkalpinang tepatnya di Desa Sinar Baru, Sungailiat, Bangka Belitung.

Pantai Parai Tenggiri adalah pantai di Bangka Belitung paling indah dengan karakter ombak yang lembut dan permukaan yang landai.

Pantai Bangka Belitung yang satu ini memiliki panorama yang eksotis dengan hamparan batu granitnya yang khas.

Seperti pantai Bangka lainnya, pantai Parai Tenggiri juga memiliki bebatuan granit yang berukuran besar dalam aneka bentuk yang unik dan berjumlah banyak.

3. Pantai Romodong

Kepulauan Bangka memang terkenal akan segudang pantai cantiknya yang begitu mempesona, yang salah satu keindahannya bisa dilihat dari Pantai Romodong.

Ketika sampai di lokasi wisatanya, pengunjung akan disambut dengan dua batu granit berukuran jumbo tampak membelah jalan masuk ke kawasan pantainya.

Rasa takjub belum selesai sampai disana, pasalnya pengunjung sudah disambut hangat oleh hamparan lautan lepas bersama dengan pasir putihnya yang terasa lembut di kulit. Sedangkan air lautnya yang berwarna biru kehijauan menyatu indah dengan warna pasirnya yang putih bersih. Anda bisa menikmati kesegaran airnya dengan berenang di sekitar bibir pantainya.

4. Pantai Rambak

Pantai Rambak tidak hanya didapuk menjadi salah satu pantai tercantik yang ada di Bangka, namun juga menjadi pantai eksotis yang wajib dikunjungi.

Bahkan warga sekitar menyetujui pernyataan tersebut dan kerap merekomendasikan wisatawan untuk berlibur kesana.

Bukan tanpa alasan, pasalnya pantai Bangka Belitung satu ini menyuguhkan pemandangan khas pantai yang dihiasi bebatuan granit di bibir pantainya.

Selain sedap dipandang, bebatuan tersebut cocok dijadikan sebagai tempat bersantai terbaik untuk melepaskan penat sejenak usai melakukan perjalanan jauh.

Setidaknya ada sederet aktivitas seru yang menarik dilakukan selama berada di Pantai Rambak seperti bermain pasir, menggelar tikar untuk berpiknik ria, atau bahkan menyelam untuk melihat keindahan bawah lautnya.

5. Pantai Tongaci

Destinasi pantai Bangka Belitung berikutnya ialah Pantai Tongaci. Pantai yang satu ini sebenarnya lebih terkenal sebagai tempat penangkaran penyu.

Bahkan, di Pantai Tongaci, kamu bisa melihat berbagai jenis penyu, tukik, serta ada area penangkarannya. Konservasi penyu ini dilakukan oleh Yayasan Tukik Babel.

Kawasan pantai ini pun sudah direkayasa, maksudnya dipercantik sedemikian rupa supaya para pengunjung bisa menikmati hiburan lain di sana.

 Misalnya, di sana ada Museum Garuda yang mengoleksi artefak dan foto-foto tua. Kemudian, ada berbagai spot foto menarik yang Instagrammable banget!

6. Pantai Penyusuk

Seenggaknya, jejakkanlah kakimu di Bangka Utara sekali dan sambangilah Pantai Penyusuk ini. Salah satu pantai terindah di Pulau Bangka ini menawarkan pasir putih serta susunan batu granit yang ukurannya beragam.

Di sini, kamu bisa menaiki batu granit tersebut, duduk-duduk santai, hingga memandang pantai di kejauhan.

Rupanya, dari pesisir pantai, saya bisa melihat beberapa pulau kecil di hadapan saja, misalnya Pulau Lampu dan Pulau Putri.

7. Pantai Tanjung Kerasak

Pantai Bangka Belitung berada di Desa Pasir Putih, Toboali, Bangka Selatan, Bangka dengan jarak tempuh kurang lebih 2,5 jam perjalanan dari pusat kota Pangkalpinang.

Pantai dengan ciri khas airnya yang begitu biru, hamparan pasir putih dengan sejejeran bebatuan granit menambah eksotik pemandangan di Pantai Tanjung Kerasak.

Karakter ombaknya yang kecil dan kontur pantai yang landai membuat pantai ini menjadi destinasi wisata keluarga yang pas.

8. Pantai Batu Perahu

Pantai Bangka Belitung ini berada tidak jauh dari pusat kota Toboali, Bangka Selatan dengan jarak tempuh kurang lebih 2 jam perjalanan dari pusat kota Pangkalpinang.

Pantai Batu Perahu ini menyuguhkan pemandangan batu karang unik berbentuk perahu besar yang menghadap ke laut dengan suasana pantai yang sangat indah.

Selain itu, pantai ini juga terkenal dengan sentra pembuatan perahu tradisional.

9. Pantai Parai Tenggiri

Pantai terindah di Bangka ini memiliki pasir yang lembut, panorama yang eksotis dengan hamparan batu granitnya yang khas.

Seperti pantai Bangka lainnya, di pantai ini terdapat banyak bebatuan granit yang berukuran besar dan beraneka bentuk yang unik..

Dari atas batuan granit tersebut, kamu bisa menikmati panorama Laut Cina Selatan yang tenang.

Ada banyak kegiatan wisata menarik yang dapat dilakukan wisatawan di Pantai Parai Tenggiri, di antaranya, banana boat, parasailing, hingga snorkeling.

Selain itu, untuk kamu yang suka memancing, bisa menyewa perahu sekaligus peralatan memancingnya lo!

Pantai ini terletak di Desa Sinar Baru, Sungailiat, Bangka Belitung. Untuk masuk ke pantai ini, kamu kamu harus membeli tiket terlebih dulu sebesar Rp25 ribu.

10. Pantai Tikus

Pantai Tikus juga termasuk tempat wisata di Bangka Belitung yang jarang terjamah oleh wisatawan.

Jika mengunjungi pantai ini, kamu akan dibuat terkagum-kagum oleh keindahan panorama dan kebersihan pantainya yang tampak masih alami.

Panorama bukit terjal dengan hamparan bebatuan granit tampak terlihat cantik berdampingan dengan air laut yang berwarna biru.

Jangan lupa, kunjungi juga sebuah bukit indah di dekat pantai ini. Dari puncak, kamu bisa melihat sebuah kuil yang berdiri cukup megah dengan pemandangan yang indah.

Kuil dengan atap dan fasad bangunan berbentuk lingkaran, menjadi ikon wisata Pantai Tikus. Pantai ini terletak di Desa Rebo Kelurahan Kenanga, Sungailiat, Bangka Belitung.

Nah, itulah tadi beberapa tempat wisata pantai di Bangka Belitung yang wajib masuk list liburan kamu jika berkunjung kesini. Happy holiday!

Tag : #wisata bangka belitung    #bangka belitung    #travel    #pantai bangka belitung    #daerah wisata    #sumatera selatan   

Baca Juga