Pantai di Jogja

8 Pantai di Jogja dengan Pemandangan yang Paling Indah

Wanovy | Travel | 18-02-2022

PARBOABOA, Yogyakarta - Jika kamu menyukai suasana pantai, Yogyakarta merupakan kota wisata yang tepat untuk kamu tuju. Karena terdapat banyak tempat wisata pantai di Jogja yang memiliki pemandangan sangat indah, dan semua itu akan dibahas di sini.

Berada di bagian selatan Pulau jawa, Yogjakarta menawarkan keindahan wisata pesisir pantai selatan yang luar biasa. Di Kabupaten Gunung kidul saja terdapat 60 pantai, maka tidak salah jika Jogja disebut juga surga bagi para beach-hopper.

Daya tarik pantai Jogja mampu memikat wisatawan nusantara maupun mancanegara. Jika kamu berencana berkunjung, simak rekomendasi wisata pantai Jogja dengan pemandangan indah berikut ini.

1. Pantai Ngrumput

Pantai Jogja dengan pemandangan indah dan cukup populer adalah Pantai Ngrumput. Pantai ini menyajikan hamparan pasir putih yang bersih. Birunya laut dengan deburan ombak mempercantik keindahan pantai Jogja ini. Tebing-tebing sekitar yang megah tampak menghiasi bibir pantai.

Fasilitas di Pantai Ngrumput meliputi toilet, toko, musala, tempat pengisisan daya, dan persewaan alat kemah. Pengunjung yang tertarik dapat bermalam di pinggir pantai dengan menyewa tenda dan perlengkapan lain. Dari area parkir diperlukan perjalanan dengan kaki selama 15-20 menit untuk tiba di pantai.

2. Pantai Nguluran

Wisata pantai tidak hanya bisa melepas penat, kadang ada juga yang sekedar ingin menambah koleksi fotonya.

Salah satu pantai di Jogja yang terletak di Bolang, Girikarto, Panggang, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta (Maps) ini akhir-akhir ini semakin banyak di minati terutama oleh para pemburu keindahan lokasi untuk swafoto.

Tidak hanya ingin berlibur,di lokasi wisata pantai jogja ini tidak sedikit pasangan yang melakukan foto prewedding mereka di sini.

Teras kaca tidak hanya membuat kesan yang instagenic, tapi semakin memanjakan pengunjung sehingga bisa merasakan sensasi berada di atas deburan ombak pantai. Saat berfoto di teras kaca, pengunjung akan merasakan sensasi yang menegangkan karena posisi yang berada di ujung tebing.

Ada beberapa spot foto terbaik di pantai ini selain di atas teras kaca. Glass Boat, Jogja Swing, Becak terbang, Giant Chair, dan masih ada beberapa spot unik lainya.

3. Pantai Mesra Jogja

Jika kamu berkunjung ke daerah Gunungkidul, wajib bermain ke pantai mesra Jogja ini. Pembangunan yang dilakukan pemerintah setempat untuk memperindah Pantai Gunung Kidul memberikan kesan yang elok ketika dikunjungi.

Sebelum terkenal seperti saat ini, Pantai Mesra Jogja Gunungkidul biasa disebut sebagai Pantai Ngrawe Gunungkidul. Pantai Mesra Jogja berada di satu kawasan dengan Pantai Baron, sehingga tidak heran lokasi antara kedua pantai sangat berdekatan. Gunungkidul sendiri bahkan dijuluki sebagai kabupaten 1000 pantai.

Bagi pengunjung yang ingin bermalam di sekitar Pantai Mesra Jogja, dapat menyewa penginapan model cottage dengan fasilitas resto dan kolam renang.

Di Pantai Mesra Jogja, kamu juga bisa menemui tempat-tempat duduk yang sudah disediakan oleh pengelola pantai. Jika kamu berniat untuk menikmati hawa pantai sekaligus menyantap makanan, kamu bisa berkunjung ke salah satu gerai yang ada di pantai. Memesan makanan dengan view yang menghadap ke laut.

4. Pantai Indrayanti

Pantai Indrayanti adalah destinasi wisata pantai Jogja yang cukup ramai dikunjungi di Gunung Kidul. Pantai ini memiliki beragam toko yang menjual makanan dan minuman. Pengunjung dapat bersantai di tikar dengan naungan payung warna-warni. Area sekitar Pantai Indrayanti dipenuhi penginapan. Pengunjung yang tertarik dapat mencoba bermalam di sini. Harga yang ditawarkan beragam, tergantung jenis penginapan.

5. Pantai Kesirat

Berbeda dari pantai-pantai sebelumnya, di Pantai Kesirat tidak terdapat pasir. Pantai ini terletak di tebing yang berbatasan langsung dengan pantai. Pantai Kesirat cocok digunakan sebagai lokasi berkemah. Kawasan sekitar pantai juga dapat dimanfaatkan sebagai jalur trekking. Berkeliling pantai dengan hamparan perbukitan hijau dan laut yang biru adalah aktivitas menyenangkan yang dapat kamu coba.

6. Pantai Drini

Pantai Drini merupakan salah satu pantai Jogja dengan pemandangan indah dan populer di kawasan Gunung Kidul, Yogyakarta. Karena kondisinya yang bersih, asri, dan terawat, pantai ini disebut Pantai Perawan.

Suasananya menenangkan, pemandangannya pun menawan. Bahkan, Pantai Drini sudah dikenal di level wisatawan mancanegara, lho.

Pantai Drini memiliki beberapa daya tarik unik yang menjadi magnet tersendiri bagi wisatawan. Mulai dari dua sisi pantai, yakni sisi barat dan sisi timur.

Sisi barat pantai digunakan sebagai pelabuhan bagi para nelayan, sekaligus tempat menjual ikan. Sedangkan, sisi timur pantai menyuguhkan pemandangan cantik berupa perbukitan hijau, pasir putih yang bersih, ombak yang tenang, hingga aroma laut yang bikin rileks.

Selain itu, terdapat pulau-pulau kecil yang berada di sisi selatan. Deretan pulau tersebut seolah membelah laut menjadi dua bagian.

7. Pantai Sadeng

Wisata pantai Gunung Kidul yang wajib dikunjungi pertama adalah Pantai Sadeng. Nah, dulunya pantai ini merupakan muara sungai Bengawan Solo purba. Namun karena terjadi pergerakan lempeng bumi, aliran sungai Bengawan Solo Purba berbalik arah menuju Laut Jawa.

Hingga saat ini, sisa-sisa aliran sungai tersebut masih bisa kita lihat. Wisata pantai Gunung Kidul ini menjadi spot menarik karena bekas aliran sungai tersebut diapit oleh dua lembah dengan pepohonan hijau yang terhampar.

Selain bermain air atau sekadar foto-foto, kamu juga bisa memancing, naik kapal ke tengah laut atau berwisata kuliner seafood. Hasil tangkapan laut di pantai yang terletak di Desa Songbanyu, Kecamatan Girisubo ini segar-segar dan lebih murah karena merupakan pelabuhan perikanan terbesar di Yogyakarta.

8. Pantai Gesing

Ciri khas dari pantai Jogja yang satu ini adalah memiliki pasir putih yang dihiasi dengan rentetan prahu nelayang yang membuat pnati ini semakin hidup. Pantai berpasir putih yang diapit oleh dua bukit karang ini juga menawarkan sensasi liburan yang asik dan menyenangkan. Kamu bisa mengexplore keindahan pantai dari atas bukit, bisa juga berfoto ria dengan spot area perbukitan atau kamu bisa berkeliling menggunakan perahu nelayan yang disewakan.

Nah, itulah beberapa wisata pantai Jogja dengan pemandangan indah yang bisa kamu jadikan tempat menghabiskan liburan. Semoga bermanfaat!

pantai-jogja

Tag : #wisata jogja    #Yogyakarta    #tempat wisata    #pantai jogja   

Baca Juga