Pantai Glagah, foto: Piknik Wisata

7 Pantai di Kulon Progo yang Cocok Untuk Healing

Wanovy | Travel | 21-07-2022

PARBOABOA - Salah satu daya tarik Kulon Progo, Jogja adalah pesona alam berupa deretan pantai yang indah terbentang di sepanjang pantai selatan.

Inilah rekomendasi wisata pantai di Kulon Progo yang memiliki keunikan dan ciri khasnya masing-masing.

Kulon Progo dikenal dengan tempat wisata Kalibiru meskipun banyak sekali jenis destinasi wisata yang dapat dijumpai di sini, salah satunya pantai.

Sebagian besar pantai di Kulon Progo masih jarang dijamah oleh para wisatawan, sehingga kondisinya masih terjaga dengan baik dan suasananya cenderung lebih tenang.

Berikut beberapa wisata pantai populer di Kulon Progo yang bisa kamu kunjungi.

1. Pantai Glagah

Keindahan Pantai Glagah tidak bisa terlepas dari keberadaan lagunanya yang berada di sepanjang pantai.

Laguna ini dimanfaatkan untuk berbagai kegiatan air, seperti bermain perahu kayuh, kano, dan sampan kecil.

Tidak jauh dari lokasi pantai, kamu juga akan menemukan situs cagar budaya Stupa Glagah yang diyakini ada sejak abad ke-6 Masehi.

2. Pantai Pasir Kadilangu

Bagi kamu yang ingin mencari udara segar nan asri serta menghilangkan penat dari segala rutinitas yang menguras pikiran dan emosi, Pantai Pasir Kadulangu adalah tempat sangat recommended untuk dikunjungi.

Wisata Pantai Pasir Kadilangu merupakan tempat wisata yang belum banyak dikunjungi tetapi memiliki potensi wisata yang menakjubkan.

Di pantai ini, memiliki beragam spot selfie yang kekinian. Salah satu ikon utamanya adalah hutan mangrove dan sungai.

3. Pantai Bugel

Pantai di Kulon Progo yang recomended selanjutnya yaitu Pantai Bugel. Pantai ini terletak di Dusun Panjatan, Desa Gumuk Waru, Kecamatan Bugel, Kulon Progo.

Meskipun namanya cukup aneh, namun tidak disangka-sangka jika wisata ini berhasil menyuguhkan keindahan yang luar biasa.

Keindahan Pantai Bugel tidak kalah indahnya dengan Wisata Pantai Putih yang ada di Gunung Kidul

Harga tiket masuk Wisata di Kulon Progo masih gratis, hanya wisatawan akan dikenakan biaya parkir saja.

Kamu akan betah berlama-lama berada disana karena suasana perkampungan yang begitu menyejukkan dan asri.

Disana kamu akan menemukan banyak pohon cemara udang yang mengelilingi pantai.

4. Pantai Pasir Kadilangu

Jika kamu berkunjung di pantai ini, maka kamu akan melihat hutan mangrove yang dilengkapi dengan air laut warna biru.

Pantai Pasir Kadilangu berlokasi di Desa Jangkaran, Kecamatan Temon, Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Dengan biaya sebesar Rp6.000, kamu sudah bisa mengelilingi pantai dan menggunakan berbagai fasilitas yang disediakan oleh pihak pantai.

Bagi kamu yang senang berfoto, maka pantai di Kulon Progo ini cocok untuk kamu kunjungi.

Mengapa demikian? Sebab di Pantai Pasir Kadilangu terdapat banyak spot foto yang menarik, lho, salah satunya adalah jembatan cinta.

Dengan suasana pantai yang terkesan romantis, membuat wisatawan akan betah berlama-lama di sana. Yuk datang dan abadikan momen bersama orang terdekat

5. Pantai Congot

Berbeda dari kebanyakan pantai di Indonesia yang berpasir putih, Pantai Congot malah justru memiliki pasir berwarna hitam pekat.

Pantai yang berada di posisi barat Yogyakarta ini memiliki keindahan dan terdapat hutan mangrove yang bisa kamu eksplor keunikannya.

Menariknya, pantai ini menjadi pelabuhan kapal-kapal nelayan sehingga kamu dapat membeli langsung ikan segar hasil tangkapan.

Namun bila kamu tidak ingin membeli ikan mentah, ada pula beberapa warung dan rumah makan yang menjual hidangan seafood.

6. Pantai Torohudan

Pantai di Kulon Progo ini termasuk pantai yang tersembunyi dan tidak dibuka untuk tempat wisata. Pantai Torohudan berada di sebelah timur Pantai Ngrenehan Gunung Kidul yang cukup sempit dan diapit oleh dua tebing di kedua sisinya.

Selain tidak dibuka untuk tempat wisata, pantai ini juga tidak berpenghuni, namun sering dijadikan sebagai tempat camping atau berkemah.

Biasanya, para pecinta alam juga melakukan penjelajahan pantai di sini. Karena kondisinya yang masih sangat alami dan tidak terjamah oleh manusia, kamu bisa menjumpai ragam jenis biota laut, seperti terumbu karang, ikan kecil, dan rumput laut.

Salah satu daya tarik tersendiri dari Pantai Torohudan adalah rute yang harus ditempuh untuk menuju lokasi.

7. Laguna Pantai Trisik

Laguna Pantai Trisik terletak pada Kecamatan Galur, Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta. Pantai ini mempunyai jenis pasir yang berwarna hitam dengan paduan air laut memukau, hal inilah yang membuatnya semakin indah.

Pantai ini memang terbilang masih baru, namun fasilitas yang ditawarkan juga tidak mengecewakan. Sehingga kamu pun tetap merasa nyaman saat berkunjung.

Memiliki kesan yang eksotis, Pantai Trisik juga ditumbuhi pohon cemara yang berfungsi mencegah terjadinya abrasi.

Selain itu, ada juga penangkaran penyu yang bisa kamu lihat. Jika kamu datang ke Pantai Trisik untuk melihat penyu, maka jangan datang saat musim telur. Hal ini dikarenakan penyu-penyu akan jarang terlihat di penangkaran tersebut.

Itulah tadi beberapa wisata pantai di Kulon Progo yang bisa wajib kamu kunjungi jika musim libur tiba. Happy holiday!

Tag : #wisata kulon progo    #kulon progo    #travel    #tempat wisata    #pantai jogja    #jawa tengah    #yogyakarta   

Baca Juga