6 Pantai di Makassar, Sulawesi Selatan yang Eksotis dengan Pemandangan Memukau

Wisata pantai di Makassar, Sulawesi Selatan/Pantai Bira, foto: celebes.co

PARBOABOA, Makassar - Salah satu kota besar di Sulawesi Selatan yang cukup populer adalah Makassar. Ada banyak pesona alam yang tersembunyi dan disebut sebagai surga dunia. Mulai dari pantai hingga air terjun dan taman-taman yang dikelola dengan baik.

Namun ikon wisata dari Makassar adalah Pantai Losari yang diketahui sudah begitu banyak dikunjungi oleh para wisatawan.

Tak hanya di Makassar saja tetapi juga di wilayah sekitarnya, pantai seolah merupakan objek wisata paling disukai. Selain karena melihat laut lepas yang menenangkan, mereka juga bisa bermain air.

Dirangkum dari berbagai sumber, berikut Parboaboa.com sajikan 8 pantai di Makassar yang bisa anda eksplor ketika berlibur di sana.

1. Pantsi Losari

(Foto: Pantai Pedia)

Berkunjung ke Makassar kurang lengkap rasanya jika Anda tidak mengunjungi destinasi pantai yang satu ini.

Seperti yang diketahui, Pantai Losari merupakan salah satu pantai di Makassar yang sangat terkenal di kalangan wisatawan baik lokal maupun mancanegara.

Salah satu daya tarik yang ditawarkan oleh pantai ini yaitu, para pengunjung bisa menikmati keindahan matahari terbit saat pagi hari.

Berbeda dengan pantai-pantai pada umumnya, di pantai ini tidak terdapat pasir yang berlimpah. Namun meski begitu, Anda bisa menikmati beragam fasilitas yang disediakan di sekitar pantai.

Bagi Anda yang penasaran di mana lokasinya, pantai ini beralamatkan di Jalan Pengibur, Sebelah Barat kota Makassar. Karena lokasinya yang dekat dengan pusat kota, pantai ini bisa Anda nikmati kapan saja.

2. Pantai Bira

(Foto: Instagram.com/daengdrone)

Pantai Bira adalah salah satu pantai terkenal di Sulawesi Selatan, Indonesia, yang terletak di Kabupaten Bulukumba, sekitar 200 km dari pusat kota Makassar.

Pantai di Makassar ini terkenal dengan keindahan pasirnya yang putih dan lautnya yang jernih, serta menjadi tempat yang ideal untuk diving.

Pantai Bira memiliki panorama yang sangat indah, dengan pemandangan laut yang biru dan pasir putih yang bersih. Selain berenang dan berjemur di pantai, Anda juga bisa melakukan aktivitas seperti diving, snorkeling, dan bermain banana boat.

Untuk para penggemar diving, Pantai Bira memiliki keanekaragaman hayati laut yang luar biasa, dengan banyak jenis ikan dan terumbu karang yang indah.

Banyak penyedia layanan diving yang tersedia di pantai ini, sehingga Anda dapat dengan mudah menyewa peralatan diving dan membawa Anda untuk mengeksplorasi keindahan bawah laut.

3. Pantai Samalona

(Foto: Wisatasulawesi.com)

Pantai Samalona adalah salah satu pantai di Makassar yang populer. Pantai ini terletak di pulau Samalona, sekitar 20 menit perjalanan dengan perahu dari pelabuhan Makassar.

Pulau Samalona sendiri adalah sebuah pulau kecil yang indah dengan air laut yang jernih dan pantai berpasir putih. Pantai Samalona dikelilingi oleh perbukitan kecil yang ditumbuhi oleh pepohonan hijau. Pantai ini terkenal dengan aktivitas snorkeling karena keindahan terumbu karangnya.

Anda dapat menikmati berbagai aktivitas di Pantai Samalona, seperti berenang, snorkeling, atau sekadar bersantai di pantai sambil menikmati keindahan alam sekitar. Ada juga penyewaan alat snorkeling di pantai, sehingga Anda tidak perlu membawa peralatan sendiri.

4. Pantai Akkarena

(Foto: Instagram/@imel_irene)

Jangan cepat puas di Pantai Losari karena Anda bisa melanjutkan perjalanan wisata ke Pantai Akkarena.

Nuansa berbeda begitu terasa karena bibir pantai dihiasi dengan dek kayu. Pengalaman menyaksikan semburat matahari jingga berpantulkan air laut akan menjadi momen menyenangkan di Akkarena.

Tak hanya itu, sejumlah fasilitas wisata telah tersedia di pantai di Makassar ini, seperti warung dan kafe, restoran dengan live music, dan arena bermain anak.

5. Pantai Layar Putih

(Foto: Instagram/@wan_achan)

Kawasan ini masih berada di sepanjang garis pantai yang sejalur dengan Pantai Losari dan Pantai Akkarena. Meskipun fasilitas tak selengkap di Akkarena, Pantai Layar Putih menyimpan pesona keindahan alam menawan.

Berenang lepas dan bersantai di atas hamparan pasir hitam menjadi aktivitas favorit bagi wisatawan. Harga tarif masuk di pantai di Makassar ini pun tak akan bikin kantong kering.

Makanya tak heran kalau pantai ini sangat diminati penduduk setempat dan kalangan pelancong backpacker.

6. Pulau Kodingareng Keke

(Foto: MakassarNews)

Masih berada di dalam wilayah administratif Kota Makassar, Pulau Kodingareng Keke adalah lokasi ideal untuk melarikan diri sejenak dari hiruk pikuk keramaian metropolitan. Pulau eksotis ini menawarkan gundukan pasir putih yang menawan.

Selain pasir putih, perairan biru yang jernih pun menjadi spot favorit bagi wisatawan. Karena kejernihan air laut di sekitar kawasan Kodingareng Keke, maka aktivitas menyelam merupakan keseruan yang tak boleh disia-siakan. Apalagi terdapat museum bawah laut yang selalu diburu oleh penggemar diving.

Nah, itulah tadi beberapa wisata pantai di Makassar, Sulawesi Selatan eskotis dengan pemandangan yang memukau. Semoga bermanfaat!

TAG :
Baca Juga
LIPUTAN KHUSUS