Pink Beach/ Pulau Komodo, foto: Sudamala Resorts

10 Pantai Terindah di Indonesia yang Terkenal Ke Mancanegara, Wajib Masuk Bucket List

Wanovy | Travel | 18-11-2022

PARBOABOA - Indonesia sebagai negara kepulauan memiliki banyak laut dan pantai terindah yang sangat memesona dan eksotis. Apa saja pantai terindah di Indonesia?

Berlibur ke pantai menjadi pilihan tepat untuk menghabiskan waktu bersama keluarga tercinta maupun teman.

Pasalnya, pantai yang menjadi salah satu pemandangan alam terfavorit di Indonesia merupakan tempat yang tepat untuk menenangkan diri sambil menikmati deburan ombak dan angin sepoi-sepoi.

Sebagai negara kepulauan, Indonesia dianugerahi jutaan lautan dan pantai yang sangat memesona. Kita sebagai orang Indonesia, seharusnya bisa menjelajahi keindahan bahari dalam negeri, sebelum ke luar negeri.

Dari sekian banyak pulau yang indah, 10 di antaranya ini bisa menjadi prioritas jujuganmu dulu.

1. Pink Beach, Pulau Komodo

Pantai terindah di Indonesia adalah Pink Beach. Wisata yang satu ini juga terletak di Nusa Tenggara Timur, tepatnya di Pulau Komodo.

Seperti namanya, hal yang paling menarik dari pantai ini adalah pasirnya yang berwarna merah muda.

Keunikan warna pasir pantai membuat pantai ini sangat unik. Di dunia, tidak banyak pantai yang memiliki warna pasir pink.

Salah satu yang terindah ada di NTT, yakni di Pulau Komodo. Sudahkah Anda mengunjungi pantai ini?

2. Pulau Weh, Aceh

Pulau Weh masuk dalam wilayah Aceh. Letaknya berada di paling barat Nusantara. Anda mungkin lebih mengenal pulau ini dengan nama Pulau Sabang.

Ada tiga pantai di pulau ini yang keindahannya tak terbantahkan, yakni Pantai Anoi Itam, Pantai Iboih, dan Pantai Gapang.

Selepas mengunjungi pantai-pantai nan indah di Aceh, Anda bisa menikmati sensasi wisata kuliner Aceh yang lezat tak terkira. Kebutuhan fisik dan batin Anda pun terpenuhi dengan baik.

3. Tomini Bay, Sulawesi Utara

Selanjutnya, di Pulau Sulawesi, ada juga pantai yang sangat indah. Pantai tersebut bernama Tomini. Apa yang menarik dari pantai ini?

Keindahan utama dari pantai ini adalah airnya yang sangat jernih. Karena kejernihan tersebut, pantai ini sangat cocok untuk aktivitas snorkeling. Keindahan bawah lautnya sangat menakjubkan.

Di bawah Teluk Tomini, Anda bisa menemukan surga bawah laut. Ada berbagai tanaman laut dan spesies ikan yang indah-indah. Kawasan ini juga termasuk dalam jantung segitiga karang dunia, yakti Indonesia-Filipina-Malaysia.

4. Gili Trawangan, Lombok

Selain tempat wisata di Lombok lainnya yang tak kalah menarik, Gili Trawangan juga termasuk pantai terindah di Lombok. Pantai ini menawarkan warna biru kehijauan dan pasir putih menakjubkan.

Pengunjung bisa menikmati berbagai fasilitas untuk menjelajahi Gili Trawangan. Anda bisa menyelam untuk melihat pemandangan bawah laut yang menakjubkan, seperti melihat koral, ikan, dan penyu di pantai.

5. Pantai Nongsa, Batam

Batam, berada di kepulauan Riau yang dekat dengan Singapura. Salah satu pantai di Batam adalah pantai Nongsa.

Pantai ini menawarkan wahana seperti parasailing, selancar, dan banana boat. Pantai Nongsa berjarak 20 menit dari bandara dan bisa melihat negara Singapura. Area pantai ini dikelilingi tanaman hijau, air laut berwarna biru cerah, dan pasir putih.

6. Pantai Sawarna, Banten

Untuk Anda yang tak ingin jauh-jauh pergi ke luar Pulau Jawa untuk berlibur, beberapa pantai di Jawa pun bisa memenuhi kategori sebagai pantai terindah. Salah satunya adalah Pantai Sawarna, Banten.

Sesuai namanya, pantai ini terletak di Desa Sawarna, Lebak, Banten. Lokasinya berada di ujung barat Jawa.

Yang membuat pantai ini terlihat sangat indah adalah pasir putihnya yang bersih. Pemandangan pantai di sini mencakup pegunungan, gua, sungai, dan pasir putih yang bersih.

7. Pantai Ora, Maluku Tengah

Pantai terindah di Indonesia yang berikutnya wajib untuk Anda kunjungi adalah Pantai Ora yang berada di Maluku Tengah.

Keindahan Pantai Ora ini memang tak perlu diragukan lagi, pasalnya pantai ini kerap dijuluki sebagai Maldives-nya Indonesia.

Mirip dengan Maldives, pantai ini memiliki air laut yang jernih dengan pasir putih yang lembut nan bersih.

Tak hanya itu, disini Anda juga bisa menemukan penginapan di atas laut layaknya di Maldives bernama Ora Beach Eco Resort.

8. Pantai Ngurtafur, Maluku Tenggara

Masih berada di Maluku, pantai terindah di Indonesia berikutnya dikenal dengan nama Pantai Ngurtafur.

Pantai cantik ini berada di Kepulauan Kei, Kabupaten Maluku Tenggara ini memang memiliki daya tarik tersendiri dengan pemandangannya yang indah.

Pantai Ngurtafur ini menawarkan keindahan hamparan pasir putih yang berkilau di tengah pantai dan pasir ini memisahkan air laut berwarna pirus yang jernih menjadi dua.

Hamparan pasir putih tersebut terbentang sejauh 2 kilometer dengan lebar hingga 7 meter yang mana saat terkena sinar matahari tampak bagaikan karpet.

8. Pantai Saleo, Papua Barat

Lebih timur dari Maluku, Anda juga akan menemukan salah satu pantai terindah di Indonesia di kawasan Papua Barat bernama Pantai Saleo.

Pantai yang berada dalam gugusan kepulauan Raja Ampat ini mendapat julukan sebagai “surga terakhir di bumi” oleh masyarakat setempat karena keindahan pemandangannya bagaikan di surga.

Pantai Saleo ini memiliki jajaran pohon kelapa yang membuatnya tampak indah, ditambah dengan kilauan air lautnya yang berwarna biru jernih yang membuat siapapun langsung jatuh cinta.

Pantai Saleo ini juga telah dilengkapi dengan beberapa fasilitas seperti gazebo dan persewaan sepeda untuk Anda berkeliling.

9. Pantai Derawan, Kalimantan Timur

Pantai Derawan, Kalimantan Timur masuk dalam urutan ke-63 di CNN World’s 100 Best Beaches In The World.

Soalnya, pantainya bersih banget dan hampir nggak ada sampah. Pasir pantainya juga putih, lembut, dan airnya jernih banget.

Anda bisa menikmati keindahan Pantai Derawan sambil menyelam atau snorkeling. Selain itu, Anda juga bisa berenang dengan gerombolan penyu, ikan pari, dan ubur-ubur.

10. Pulau Belitung

Keindahan Pulau Belitung sudah terekspos sejak adanya film Laskar Pelangi. Meskipun pulau ini terkenal dengan lada putih dan pertambangan mineral jenis C, seperti timah putih, pasir kuarsa, tanah liat putih (kaolin), dan batu-batu granit.

Namun, pulau ini memiliki keindahan pantai yang super indah. Pantai di Pulau Belitung berciri khas memiliki batu granit yang besar pasir lembut seputih salju, dan air laut biru super jernih.

Nah, itulah tadi 10 pantai terindah di Indonesia yang wajib masuk bucket list Anda. Happy holiday!

Tag : #pantai indonesia    #pantai terindah    #travel    #tempat wisata    #wisata pantai   

Baca Juga