Sekjen PKN Sri Mulyono.

Partai Kebangkitan Nusantara Resmi Mendaftar Sebagai Parpol ke Kemenkumham

Maraden | Politik | 01-11-2021

PARBOABOA, Jakarta – Partai Kebangkitan Nusantara (PKN) mendaftarkan diri secara resmi sebagai partai politik (parpol) ke Kementrian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham). Partai ini dibentuk oleh para loyalitas Anas Urbaningrum. PKN diketuai oleh Gede Pasek Suardika, yang baru saja keluar dari Partai Hanura.

Sekjen PKN Sri Mulyono mengatakan dalam proses pendaftaran ke Kemenkumham masih ada sedikit kekurangan pesyaratan. Meski begitu ia mengaku pihaknya akan melengkapi persyaratan itu secepatnya dalam dua hari ini.

"Seluruh persyaratan yang diberlakukan oleh Kemenkumham sudah kita bawa dan sudah diteliti tadi sama petugas di dalam, memang ada beberapa kekurangan kecil yang harus kami lengkapi. Ya mungkin kita akan melengkapinya satu dua hari ini dan kami berharap semua berjalan baik dan lancar," ujar Sri Mulyono di Kemenkumham, Senin (1/11/2021).

Sri mengharapkan doa demi kelancaran pendaftaran dan pembentukan partai. Selanjutnya, Sri menyebut partainya akan mulai mengambil langkah membentuk kepengurusan partai di setiap daerah. Hal itu akan dilakukan setelah Kemenkumham mengesahkan PKN sebagai partai politik.

"Iya, kami menunggu pengesahan dari Menkumham setelah pengesahan dari Menkumham kami terima. Mohon doa dari teman-teman media semua supaya ini kepengurusan secara legal di kumham berjalan baik dan lancar semua," katanya.

Lebih lanjut, Sri menjelaskan bahwa pengurus pusat PKN telah mengantongi nama-nama calon pengurus di daerah, hanya saja dia menegaskan pihaknya masih menunggu SK legal dari Kemenkumham.

Sebelumnya, Gede Pasek mengatakan PKN yang baru terbentuk membuka diri bagi yang tertarik bergabung dengan PKN, khususnya mantan kader Demokrat dan Hanura.

Sementara soal apakah Anas akan ikut bergabung ke PKN setelah bebas dari penjara, Gede Pasek Suardika tidak bisa memberikan jawaban. Ia hanya menyampaikan kalau saat partai itu dibangun sudah mendapat restu dari Anas Urbaningrum.

"Yang pasti saat membangun partai ini kami sudah meminta restu ke beliau. Nanti kita tunggu dari Beliau saja. Saat ini teman-teman Mas AU (Anas Urbaningrum) yang bekerja keras babat alas dulu agar partai ini bisa bergerak dan tumbuh dengan baik," pungkasnya, Sabtu (30/10/2021

Tag : politik, parpol, parpol baru, partai kebangkitan nusantara, kemenkumham

Berita Terkait