Pasar Murah Akan Digelar Jelang Ramadhan 2023 untuk Menekan Angka Inflasi

Pemerintah Kota (Pemko) Pematang Siantar akan menjadwalkan pelaksanaan operasi pasar murah menjelang bulan suci Ramadhan 1444 Hijriah di 2023 Masehi. (Foto: PARBOABOA/Krisna)

PARBOABOA, Pematang Siantar- Pemerintah Kota (Pemko) Pematang Siantar akan menjadwalkan pelaksanaan operasi pasar murah menjelang bulan suci Ramadhan 1444 Hijriah di 2023 Masehi. Hal ini dilakukan sebagai salah satu cara untuk menekan angka inflasi tidak mengalami lonjakan.

Kepala Seksi Supply Change dan Pelayanan Publik Perum Bulog Pematang Siantar, Amsyaruddin mengatakan, pasar murah digelar untuk menjaga stabilisasi harga kebutuhan pokok dan pengendalian inflasi di kota ini saat menghadapi hari besar keagamaan yaitu Ramadhan.

“Biasanya, setiap momen bulan suci ramadhan sejumlah kebutuhan pokok mulai merangkak naik. wali kota dr Susanti meminta kami agar mengantisipasi gejolak harga dengan menggelar pasar murah,” katanya.

Kemudian Amsyaruddin mengatakan tujuan digelar pasar murah agar masyarakat lebih mudah memperoleh kebutuhan mereka, tidak terkecuali saat di momen hari besar keagamaan nanti.

“Kita sedang menyusun skemanya serta waktu pelaksanaannya, biar semuanya bisa terencana dengan baik. Kegiatan pasar murah Ramadhan merupakan agenda rutin tahunan,” katanya.

Saat ditanya, komoditas apa saja yang rencananya akan dijual pada pasar murah nanti, Amsyaruddin menjawab, tidak bisa memastikan. Walaupun begitu, kata dia, pihaknya akan berusaha menyediakan sejumlah komiditas yang akan dijual dalam operasi pasar murah jelang Ramadhan tersebut.

“Beras dan gula, ini sudah pastilah. Namun untuk target yang akan dijualbelikan dalam pasar murah blm ditentukan berapa banyak. Kami akan kerja sama dengan pihak Disperindag. Kemudian, pihak-pihak distributor lainnya di antaranya telur, minyak goreng, dan lainnya. ,” ujar dia

“Harganya pun kita upayakan di bawah harga pasar tradisional. Paling tidak sesuai harga eceran tertinggi (HET) ditentukan pemerintah,” jelas Amsyaruddin 

Amsyaruddin berharap, dengan adanya pasar murah nanti, dapat membantu masyarakat memperoleh kebutuhan pokok dengan harga yang terjangkau karena menjelang bulan Ramadhan, harga kebutuhan pokok cenderung naik.

“Ini juga bagian dari mewujudkan visi misi dan upaya Pemko Kota Pematang Siantar dalam pemenuhan ekonomi, serta upaya menjaga inflasi jelang bulan Ramadhan,” terangnya.

Hal serupa dikatakan Kepala Bidang (Kabid) Perdagangan Kopperindag dan UMKM Pematang Siantar, Elpiana Turnip bahwa akan diadakan kembali pasar murah pada bulan Maret mendatang atau menjelang Ramadan.

"Pemko melalui kantor Disperindag akan mengadakan kembali pasar murah pada bulan Maret mendatang. Namun untuk waktu pelaksanaan belum di sahkan, ini masih dalam tahap di diskusikan dengan pihak-pihak yang terkait," jelasnya.

TAG :
Baca Juga
LIPUTAN KHUSUS