Politisi PDIP Gembong Warsono (Dok: detik.com)

Pemprov DKI Terima Penghargaan, PDIP: Tak Berguna Untuk Warga

Dimas | Politik | 11-06-2022

PARBOABOA, Jakarta – Pemerintah Provinsi DKI Jakarta kembali meraih gelar juara dalam ajang IDC SmartCity Asia Pasific Awards 2022 tentang sistem pengendalian banjir.

Melihat hal itu, Ketua Fraksi PDIP di DPRD DKI Jakarta Gembong Warsono, lantas mengatakan bahwa penghargaan tersebut tak berguna kepada warga. Sebab, saat ini masih banyak warga yang merasakan kebanjiran.

"Saya katakan tidak ada guna bagi warga, walaupun gubernur menerima penghargaan," kata Gembong kepada wartawan, Jumat (10/6).

Gembong pun mengungkapkan, dirinya tidak mempertanyakan penilaian juri hingga menetapkan DKI Jakarta sebagai juara dalam sistem pengendalian banjir. Namun, ia lebih melihat manfaat yang belum dirasakan masyarakat.

Menurutnya, sejumlah penghargaan atau keberhasilan tidak akan berguna jika masyarakat tidak merasakan manfaatnya secara langsung.

"Pertanyaan saya, penghargaan itu dirasakan oleh warga Jakarta atau tidak? Kan tidak juga, faktanya rakyat Jakarta masih kebanjiran," ujarnya.

"Kalau deteksinya bagus, maka secara otomatis warga nggak akan kebanjiran, tetapi penilaian deteksinya bagus, tapi faktanya rakyat masih kebanjiran," sambungnya.

Provinsi DKI Menerima Penghargaan

Seperti yang diketahui, inovasi sistem pengendalian banjir dalam aplikasi Jakarta Smart City berhasil menang dalam ajang internasional IDC Smart City Asia/Pacific Awards 2022.

Ini kali kedua sistem pengendalian banjir Jakarta menjadi juara setelah sebelumnya menjuarai ajang The 2022 World Summit on The Information Society (WSIS) Prizes.

"Jakarta Smart City yang berada di bawah naungan Dinas Komunikasi, Informatika dan Statistik Provinsi DKI Jakarta berhasil mengatasi persaingan sengit dalam kategori Public Safety - Next-Generation Emergency Services. Flood Control System mengungguli inovasi dari negara-negara lain," kata Kepala BLUD Jakarta Smart City Yudhistira Nugraha dalam keterangan tertulisnya, Jumat (10/6).

Selain itu, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan juga diketahui memamerkan prestasi yang diterima oleh Pemprov DKI tersebut. Anies mengatakan, penghargaan tersebut adalah bukti jika sistem pengendalian banjir Jakarta telah mendapat pengakuan.

"Alhamdulillah, sesudah memenangkan WSIS Prizes minggu lalu di Jenewa, kini Flood Control System @DKIJakarta kembali mendapat pengakuan sebagai salah satu pemenang dalam IDC Smart City Asia Pacific Awards," kata Anies di akun Instagramnya, Jumat (10/6).

Tag : #pdip    #dprd dki    #politik    #pemprov dki    #anies baswedan   

Baca Juga