Tim SAR mengevakuasi pekerja asal Jabar yang tewas tenggelam di Danau Toba (Dok: SAR Medan)

Pekerja PT Wika asal Jabar Tenggelam di Danau Toba

Sarah | Daerah | 06-06-2022

PARBOABOA, Toba - Seorang pekerja PT Wijaya Karya (Wika) dikabarkan tenggelam di perairan Danau Toba, Sumatera Utara (Sumut) pada Minggu (5/6/22) sore.

Humas Kantor SAR Medan, Sariman mengatakan, peristiwa itu bermula saat korban Aljab Maulana (21) asal Ciamis, Provinsi Jawa Barat (Jabar) sedang mandi-mandi di perairan Danau Toba dengan tiga orang rekannya.

Karena keasyikan berenang dan tidak menyadari sudah berada di tempat dalam, keempat pekerja ini pun tenggelam. Tiga orang diantaranya berhasil diselamatkan, namun korban tidak berhasil ditolong.

"Korban tidak berhasil diselamatkan," sebut Sariman, Senin (6/6/22).

Selanjutnya warga sekitar langsung melaporkan peristiwa itu ke pemerintah setempat yang diteruskan ke Pos SAR Parapat, Danau Toba.

Petugas yang menerima laporan langsung menurunkan satu tim Rescuer Pos SAR Parapat berjumlah delapan orang diberangkatkan guna melakukan pencarian terhadap korban.

Setelah melakukan pencarian kurang dari 24 jam, tim SAR akhirnya berhasil menemukan korban dengan keadaan sudah tak bernyawa.

"Korban ditemukan setelah tim SAR gabungan menyelam dengan menyisir menggunakan alur tali. Kami juga menggunakan alat pendeteksi bawah air yaitu Aqua Eyes, untuk menemukan korban," jelasnya.

Ia menyebutkan bahwa saat ini jenazah korban sudah dievakuasi dan diserahkan kepada manajemen PT WIKA. Korban selanjutnya dibawa ke RSUD Pangururan.

"Dengan penemuan jasad korban, pencarian kami hentikan dan ditutup. Seluruh potensi SAR yang terlibat dalam proses pencarian juga telah dikembalikan ke satuan kerja masing-masing. Kami ucapkan terima kasih kepada semua yang terlibat," pungkasnya.

Tag : #tenggelam    #danau toba    #daerah    #pt wijaya karya    #tim sar    #berita sumut   

Baca Juga