Ilustrasi borgol. (Foto: Photostock)

Pelaku Penendang Nenek di Tapsel Masih Berstatus Pelajar

Rendi Ilhami | Kriminal | 20-11-2022

PARBOABOA, Jakarta - Video viral beredar di media sosial memperlihatkan para pelajar mengejek dan menendang perempuan tua hingga tersungkur. Setelah polisi menindaklanjuti video viral tersebut, diketahui bahwa para pelaku yang masih pelajar itu adalah siswa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) di Tapanuli Selatan. Para pelaku berinisial IH, ZA, VH, AR dan RM. Namun, para pelaku kini sudah diperiksa polisi.

"Meriksa rekaman video pertama yang diamankan, dan dilakukan pemeriksaan terhadap 5 orang pelajar. Dan disimpulkan bahwa yang melakukan kekerasan dengan cara menendang adalah IH yang direkam oleh ZA," kata Kabid Humas Polda Sumatera Utara Kombes Hadi Wahyudi, Minggu (20/11/2022).

Selain itu, Hadi menyimpulkan yang memukul perempuan tua itu dengan kayu adalah VH dan peran AR sebagai perekam video.

"Hasil pemeriksaan video kedua yang diamankan 4 pelajar dan disimpulkan yang memukul dengan menggunakan kayu adalah VH yang direkam oleh AR," ujar Hadi.

Kapolres Tapanuli Selatan AKBP Imam Zamroni mengatakan, pada kejadian ini terdapat dua video namun direkam di waktu yang berbeda. Video pertama dilakukan pada September lalu, kemudian video kedua direkam pada Sabtu (19/11/2022). Namun, kedua video itu viral di waktu yang bersamaan.

"Terus hari Sabtu kemarin sekitar jam 11 kejadiannya, yang terlihat dalam video melakukan penganiayaan menendang salah satu pelaku kepada ibu korban yang sama dengan kejadian sebelumnya itu ada lima orang. Namun mereka dalam kelompok pelajar atau pemuda yang sama dan dari dua kejadian tersebut pelakunya ada enam orang," ujar Imam.

Meski terbukti menganiaya, para pelaku tidak ditahan pihak kepolisian dan dikembalikan kepada orang tuanya karena para pelaku masih di bawah umur. Kendati demikian, para pelaku tetap dalam pengawasan pihak kepolisian.

"9 Pelajar tersebut dikembalikan ke orangtuanya, karena semua di bawah umur. Namun, tetap dalam pengawasan Polres," tutup dia.

Tag : #nenek    #dianiaya    #kriminal    #pelajar    #polri    #dinsos   

Baca Juga