Pelantikan Wali Kota Pematang Siantar dan Wali Kota Tanjung Balai (Foto: Parboaboa/Istimewa)

Pelantikan Wali Kota Siantar dan Tanjung Balai, Gubsu Ultimatum Percepat Serapan Anggaran

Sarah | Daerah | 22-08-2022

PARBOABOA, Medan - Susanti Dewayani sah menjadi Wali Kota Pematang Siantar. Gubernur Sumatra Utara, Edy Rahmayadi yang melantik mengultimatum untuk mempercepat serapan anggaran daerahnya.

Selain Wali Kota Pematang Siantar, Gubernur Sumut, juga melantik Waris Tholib sebagai Wali Kota Tanjungbalai. 

Gubsu mengatakan, agar kedua kepala daerah yang baru dilantik bisa segera mempercepat serapan anggaran, karena berpengaruh ke inflasi, di mana saat ini di Sumut angkanya sudah mencapi 5,6 persen. 

“Inflasi ini ibarat tensi, batasnya 3 plus minus 1 persen, lewat dari situ berarti dia tensinya tinggi, hati-hati kalau dia plus semakin tinggi, bisa stroke, kalau minus bisa masuk kuburan, inilah inflasi,” kata Edy di Gedung Pemprov Sumut, Senin (22/8).

Edy juga meminta kepala daerah yang baru dilantik untuk berkonsolidasi dengan berbagai pihak, agar program pembangunan daerah dapat berjalan dengan baik.

Diketahui, Waris Tholib sebelumnya menjabat Wakil Wali Kota Tanjungbalai, namun karena Wali Kotanya tersandung kasus, dia menggantikannya sebagai Plt Wali Kota Tanjungbalai. Begitu pula dengan Susanti Dewani yang menjadi Plt Wali Kota Pematang Siantar karena menggantikan Wali Kota sebelumnya meninggal dunia. 

Tag : #Pematang siantar    #wali kota    #daerah    #susanti dewani    #gubernur sumut    #wali kota tanjung balai    #berita sumut   

Baca Juga