Ilustrasi Author (Foto: medium.com)

Pemahaman tentang Author, Co-Author dan Second Author

Patrick | Pendidikan | 12-08-2022

PARBOABOA - Author dalam bahasa Indonesia diartikan sebagai pengarang atau penulis. Sementara pengertian sebenarnya dari istilah ini adalah orang yang memberikan ide atau gagasan atau yang menciptakan sebuah cerita.

Berbeda dengan seorang penulis, banyak yang salah mengartikan dan sulit membedakan apa itu penulis dan apa itu author. Penulis adalah orang yang menghasilkan tulisan. Pandangan mengenai dua profesi ini juga jelas sangat berbeda. Author berorientasi pada gagasannya tanpa memerhatikan kebutuhan pasar. Sementara penulis, berorientasi pada kebutuhan pasar. Oleh karena itu biasanya seorang penulis menjadikan keterampilannya sebagai jasa.

Seorang author belum tentu mampu bisa membuat tulisan, tapi mereka memiliki wawasan dan kaya akan ide. Author artinya mereka yang membuat suatu gagasan namun belum tentu membuat suatu tulisan. Profesi ini bisa saja seorang guru, dosen, pelatih, pejabat, atau politikus.

Jenis-jenis Author

Untuk mengetahui lebih banyak apa itu author, kita harus mengetahui jenis-nya terlebih dahulu. Berikut penjelesan mengenai jenis-jenis author.

1.Novelist

Seorang novelist bisa disebut sebagai seorang author. Mereka membuat dan menulis cerita yang panjang sesuai dengan gagasan, kemudian menciptakan karakter, tokoh dan mengatur sendiri plot ceritanya dan menjadikannya satu dalam buku.

2. Poetry Writers

Walaupun namanya penulis puisi, seorang poets atau penyair termasuk ke dalam golongan kelompok Author. Menjadi seorang poets bukan semata-mata untuk menghasilkan uang tapi juga untuk memuaskan batin dan menyampaikannya dalam sebuah puisi atau syair.

3. Play Writers

Sebutan ini sering dilemparkan kepada seorang penulis nakah drama atau teater. Mereka yang sudah terkenal sebagai play writers akan lebih dikenal luas di pertunjukan teater.

4. Screen Writers

Sebutan ini ditujukan kepada orang yang menulis sebuah naskah untuk sebuah tayangan atau drama di televisi. Proses pembuatan naskah ini tergolong sulit untuk dibuat dan diterima oleh produser.

5. Song Writer

Seorang penulis atau pencipta lagu juga dapat digolongkan menjadi seorang author. Lagu yang mereka ciptakan akan dijual atau bahkan bisa dibeli oleh sebuah perusahaan berlabel musik. Mereka juga dikenal sebagai musisi namun ini untuk mereka yang bisa bermain musik juga.

6. Story Writer

Sebutan ini ditujukan kepada mereka yang menulis sebuah cerita pendek, komik yang berbentuk fiksi yang mengarah ke dongeng atau ke fantasi dan ditujukan untuk anak-anak.

Dari semua jenis-jenis atau sebutan lain untuk seorang author, terdapat beberapa peran yang lain yang berfungsi menjalankan sebuah ide atau gagasan sang author itu sendiri yaitu correspondence author dan second author.

Perbedaan Fisrt Author, Co-Author dan Second Author

First Author atau Author adalah seseorang yang paling banyak kontribusinya dalam sebuah penulisan atau sebuah ide atau gagasan. Corresponding author adalah seseorang yang bertanggung jawab untuk berkoresponden dengan pihak yang membuat gagasan, ide, dan menulis sebuah tulisan dan bertanggung jawab untuk membuat revisi. Sedangkan second author atau selanjutnya merupakan seseorang yang memiliki peran melanjutkan gagasan atau ide dari first author.  

First Author merupakan penulis yang paling banyak memberikan kontribusi dalam sebuah penulisan karya. Keistimewaan seorang Author adalah jika karyanya dikutip oleh penulis lain, maka namanya akan digunakan untuk merujuk ke karya penulis yang bersangkutan.

Second Author memiliki kontribusi lebih sedikit dibandingkan First Author. Posisi ini hanya berperan dalam mengoreksi penulisan. Dalam beberapa kasus, nama dari second author ini hanya dipinjam untuk menaikkan kredibilitas karya dari first author, biasanya nama seorang pakar.

Corresponding Author adalah author yang akan menjadi tempat berkorespondensi bagi orang lain yang ingin bertanya tentang karya tersebut. Corresponding Author adalah pihak yang paling bertanggung jawab atas kualitas isi karya. Contoh, seorang mahasiswa yang menulis paper untuk memenuhi syarat kelulusan, biasanya nama dosen pembimbingnya yang menjadi corresponding author.

 

Tag : #author    #penulis    #pendidikan    #coresspondence author    #second author    #karya    #novel    #puisi    #teater    #drama    #lagu   

Baca Juga