Pemandian air panas Ciwidey, foto: Mytrip123.com

7 Rekomendasi Pemandian Air Panas di Ciwidey 24 Jam

Wanovy | Travel | 14-07-2022

PARBOABOA, Bandung - Beberapa tempat wisata pemandian air panas Ciwidey 24 jam di Bandung (Jawa Barat) berikut ini wajib dipertimbangkan untuk dikunjungi.

Seperti diketahui, banyak kegiatan seru yang bisa dilakukan untuk menikmati Kota Bandung, ada beberapa orang yang lebih suka menyusuri beberapa kawasan wisata belanja di Bandung.

Namun, ada juga yang lebih suka nongkrong di beberapa cafe yang instagramable di Bandung sambil menikmati secangkir kopi, teh, dan lainnya.

Lantas, bagaimana dengan para wisatawan yang lebih senang berwisata alam?

Pemandian air panas Ciwidey adalah salah satu solusinya, pasalnya disana ada beberapa tempat pemandian air panas yang bisa memberikan kenyamanan dan ketenangan.

Dimana saja tempat wisata pemandian air panas Ciwidey 24 jam di Bandung tersebut? Berikut ulasan lengkapnya.

1. Cimanggu

Ingin berendam di air panas, tapi bingung menentukan waktu karena jadwal padat?

Kamu bisa datang ke pemandian air panas Cimanggu Ciwidey yang terletak di lereng Gunung Patuha, tepatnya di Jalan Raya Ciwidey – Patenggang.

Sebab tempat wisata air panas Cimanggu buka hingga malam hari dengan harga tiket masuk  di hari biasa akan dikenakan tarif sebesar RP 17 ribu, sedangkan pada akhir pekan dan hari libur lainnya akan dikenakan tarif RP 21 Ribu.

Destinasi wisata pemandian air panas Ciwidey ini cukup ramai dikunjungi oleh keluarga. Pemandian air panas Ciwidey Bandung yang satu ini memiliki fasilitas berupa area permainan anak, taman kelinci, dan areaoutbound.

Bagi yang ingin menghabiskan waktu lama di sini, kamu juga bisa menginap dicottage kawasan Pemandian Air Panas Cimanggu.

2. Ciwidey Valley

Tempat pemandian air panas Ciwidey yang berikutnya yaitu Ciwidey Valley Resort. Kolam renang air panas yang berada di sebuah resort mewah dekat dengan desa Alam Endah Ciwidey ini memang pantas untuk dikunjungi sob.

Alamat dari Ciwidey Valley Resort berada di Jalan Barutunggul KM. 17, Ciwidey, Alamendah, Rancabali, Bandung Jawa Barat

Selain tempat makan dan penginapan, di Ciwidey Valley juga terkenal dengan kolam renang air panasnya yang diberi nama Ciwidey Valley Hot Spring Water Park.

Kolam renang pemandian air panas Ciwidey Valley berada tepat di pinggir jalan raya sehingga menawarkan pemandangan yang indah di kelilingi tempat wisata lainnya seperti Taman Burung dan Resort menjadikan suasana yang sedikit berbeda ketika berendam di tempat ini.

Jika kamu ingin masuk ke area Ciwidey Valley Resort ini, harga yang dipatok untuk perorang nya adalah sebesar Rp. 50.000, (untuk tamu yang menginap tidak perlu membayar lagi)

3. Punceling Pass

Tempat pemandian air panas Ciwidey yang ketiga yaitu Pemandian Punceling Pass Ciwidey. 

Tempat pemandian ini merupakan kolam air panas alami dari Gunung Patuha dan berada sesudah lokasi tempat wisata Ciwidey Valley Resort.

Alamat dari Punceling Pass Ciwidey di Jalan Barutunggul, Ciwidey, Alamendah, Rancabali, Bandung Jawa Barat.

Lokasi tepatnya ada di sebelah kiri setelah melewati tanjakan dengan jarak 200 meter sesudah melewati Ciwidey Valley Resort.

Kolam pemandian air panas di Punceling Pass ini berada di dalam tempat wisata yang menawarkan beberapa wahana menarik untuk para pengunjung, terdapat juga kolam terapi ikan sebagai pelengkap di pemandian ini.

Bagi pengunjung yang ingin menghabiskan waktu di tempat ini, bisa juga membuka dan membangun tenda untuk bermalam disini.

Selain itu, pengunjung yang ingin menyaksikan pemandangan matahari terbit yang indah, ditempat ini ada sebuah bukit bernama Bukit Keraton Punceling Pass Ciwidey yang bisa kamu daki ketika pagi hari.

4. Air Panas Ciwalini

Alamat pemandian air panas Ciwalini Bandung yaitu jalan Raya Ciwidey-Patengan Tenjolaya Ciwidey, di desa Patengan, kecamatan Rancabali, Bandung.

Jika kamu ingin menggunakan jasa transportasi umum, bisa menggunakan elf dengan tujuan ke terminal Leuwipanjang, Ciwidey.

Atau perjalananmu akan lebih mudah dan asik jika kamu memiliki referensi rental motor. Kamu cuma butuh mengikuti peta dan menggunakan GPS alami yaitu bertanya masyarakat sekitar.

Harga tiket masuk pemandian air panas Ciwalini yaitu Rp20.000,- belum termasuk dalam parkir, dan kolam renang. Untuk parkir roda dua yaitu Rp3000,- dan Rp5000,- untuk mobil kecil.

Sedangkan untuk harga parkir bus atau truk Rp20.000,- Harga dapat berubah sewaktu-waktu.

5. Kawah Rengganis Cibuni

Objek wisata ini tak begitu jauh dari Situ Patenggang, kamu cukup berkendara selama 14 menit untuk sampai di Kawah Rengganis Cibuni.

Pemandangannya tak kalah cantik dengan Kawah Putih Ciwidey. Kawah Rengganis Cibuni juga punya pemandangan yang masih alami dan segar.

Area ini memiliki beberapa geyser kecil yang menyemburkan uap panas. Geyser inilah yang kemudian dimanfaatkan untuk membuat sauna alami bersama sumber mata air panas alami yang ada di Kawah Rengganis

Selama berendam di sini, kamu akan dimanjakan dengan panorama sekitar yang masih alami. Salah satu yang unik adalah bentuk kolamnya yang berada di galian tanah. Untuk berendam di sini kamu akan dikenakan biaya sebesar Rp 20 ribu.

6. Kampung Cai Ranca Upas

Terkenal dengan tempat wisatanya yang terdapat rusa. Tapi jangan salah, kamu juga bisa menemukan pemandian air panas di sini.

Lokasi untuk menuju ke Kampung Cai Ranca Upas pun sangat mudah. Kamu tidak perlu mengeluarkan effort lebih untuk bisa sampai di tempat wisata ini.

Akses menuju tempat pemandian air panas Ciwidey satu ini pun bisa menggunakan kendaraan roda dua maupun roda empat. Untuk berendam di sini kamu cukup membayar dengan harga Rp 15 ribu.

7. Kawah Rengganis Cibuni

Rekomendasi tempat pemandian air panas Ciwidey berikutnya adalah Kawah Rengganis Cibuni.

Objek wisata ini nggak begitu jauh dari Situ Patenggang, kamu cukup berkendara selama 14 menit untuk bisa tiba di Kawah Rengganis Cibuni.

Kawah Rengganis Cibuni nggak kalah cantik lho dengan Kawah Putih Ciwidey. Kawah Rengganis Cibuni juga punya pemandangan yang masih alami dan segar. Kamu bahkan bisa berendam air hangat juga lho, di sini!

Area ini memiliki beberapa geyser kecil yang menyemburkan uap panas. Geyser inilah yang kemudian dimanfaatkan untuk membuat sauna alami bersama sumber mata air panas alami yang ada di Kawah Rengganis

Daya tarik Kawah Rengganis yang memesona membuat wisatawan lokal dan mancanegara berbondong-bondong ke sini untuk menikmatinya secara langsung

8. Maribaya Hot Spring Resort

Keindahan alam di kawasan Maribaya sudah lama menjadi incaran wisatawan yang berkunjung ke Kota Kembang.

Selain menikmati keindahan alam, kawasan ini juga terkenal memiliki banyak spot pemandian air panas alami dari pegunungan. Cocok banget untuk berelaksasi.

Maribaya Natural Hot Spring Resort & Spa merupakan destinasi tepat untuk sobat yang datang bersama keluarga.

Berbagai aktivitas seru bisa kamu lakukan di sini seperti berendam air panas hingga wisata kuliner.

Nah, itulah tadi beberapa rekomendasi pemandian air panas Ciwidey 24 jam yang bisa wajib kamu kunjugi jika berada di daerah ini. Happy holiday!

Tag : #wisata bandung    #bandung    #tempat wisata    #travel    #ciwidey    #bandung selatan    #jawa barat   

Baca Juga