Aktris China, Vicky Zhao

Pemerintah China Hapus Nama Artis Cantik Vicky Zhao dari Internet

wanovy | Teknologi | 01-09-2021

Zhao Wei atau lebih dikenal sebagai Vicky Zhao adalah salah satu aktris paling terkenal dari China. Namun mendadak seluruh konten dan media sosialnya dihapus oleh pemerintah China sehingga tidak bisa lagi diakses di negara tersebut.

Zhao Wei tiba-tiba hilang dari berbagai situs web teratas untuk menonton drama TV China dan hal ini telah mengejutkan media sosial, di mana Vicki termasuk di antara selebritas China teratas. Di Weibo saja, aktris ini memiliki lebih dari 85,6 juta pengikut.

Semua serial dan acara obrolan yang menampilkan artis kelahiran 12 Maret 1976 ini telah menghilang dari situs streaming online utama negara tersebut. Bahkan, namanya tak lagi muncul di dalam daftar kredit film-filmnya. Semua diskusi tentang bintang film Chinese Odyssey 2002 ini di media sosial pun juga disensor.

Agensi Zhao, Pulin Saisi mengaku tidak mengetahui situasi tersebut.

"Saya tidak tahu kabar ini," katanya.

Belum diketahui persisnya kenapa pemerintah China jadi mengincar Vicky Zhao. Media pemerintah, Global Times, hanya menyebut bahwa Zhao banyak punya skandal.

Berdasarkan informasi, ia digugat dalam masalah bisnis investasi, termasuk kepemilikan saham di Alibaba Pictures Group yang dimiliki Alibaba, perusahaan Jack Ma.

"Di samping status selebnya, Zhao juga dikenal sebagai investor yang banyak digugat secara hukum. Tahun 2001, Zhao juga dikritik karena memakai pakaian yang menampakkan bendera Jepang," sebut Global Times.

Dilkutip dari Daily Star, sebelumnya Global Times yang dikendalikan Partai Komunis menuduh Zhao telah terjerat berbagai skandal selama bertahun-tahun. Laporan itu juga mengklaim Zhao telah melarikan diri ke Prancis setelah dia masuk daftar hitam.

Namun, artis itu membantah klaim tersebut melalui posting media sosial yang sekarang telah dihapus dan mengaku tengah tinggal bersama orang tuanya di Beijing.

Sementara laporan lain menyebutkan, dia pergi dengan jet pribadi dan terlihat di Bandara Bordeaux, Prancis. Zhao dan suaminya Huang Youlong adalah pemilik Chateau Monlot, sebuah kebun anggur di Prancis.

Tag : teknologi

Berita Terkait