Presiden Jokowi saat vaksin Covid-19 (dok Biro Pers Sekretariat Presiden)

Pemerintah Kesulitan Cari Peserta Vaksinasi Booster

Rini | Nasional | 18-06-2022

PARBOABOA, Pematangsiantar - Masyarakat harus kembali mewanti-wanti kenaikan kasus Covid-19 di Tanah Air.

Menurut data Kementrian Kesehatan (Kemenkes) tren kenaikan kasus harian terjadi dalam beberapa hari terakhir, bakan tambahan positif harian tembus di atas seribu kasus sejak Rabu (15/6) lalu.
Adapun untuk Sabtu (18/6), ada tambahan 1.264 kasus positif Covid-19 di Tanah Air.

Menyikapi kenaikan kasus ini, Presiden Jokowi mengimbau masyarakat untuk segera melakukan vaksinasi dosis ketiga atau booster.

Menurutnya, vaksinasi masih menjadi solusi terbaik untuk menekan lonjakan penyebaran virus mematikan itu.

Sehingga pemerintah menyediakan jutaan dosis vaksin booster yang siap disuntikkan. Namun saat ini, Jokowi justru menilai sulit untuk mencari peserta vaksin.

"Sekarang ini kita ingin melakukakan booster mencari pesertanya itu yang kesulitan,” ucap Jokowi dikutip dari YouTube Sekretariat Presiden, Sabtu (18/6).

Jokowi meminta masyarakat agar tidak menurunkan kewaspadaan, terlebih dengan munculnya virus Corona Omicron BA.4 dan BA.5.

"Sejak awal, meskipun belum naik, saya kan udah sering ngomong, enggak sekali, dua kali, tiga kali. Waspada, waspada, waspada," tuturnya.

Capaian vaksinasi Berdasarkan data Satuan Tugas (Satgas) Penangan Covid-19 per Jumat (17/6) baru mencapai 49.494.728 orang. Sedangkan target vaksinasi secara nasional adalah 208,2 juta penduduk. Sehingga capaian vaksinasi booster tersebut baru sekitar 23,29 persen.

Sedangkan untuk vaksinasi dosis pertama sudah mencapai 201 juta dan vaksinasi dosis kedua sudah 168,3 juta.

Berkaca pada tren kenaikan kasus harian Covid-19 di beberapa negara lain yang telah melewati fase puncak kasus COVID-19 varian BA.4 dan BA.5, puncak kasus varian baru ini diperkirakan terjadi di Indonesia pada pekan ketiga dan keempat Juli 2022.

Saat puncak penyebaran varian, diperkirakan akan mencapai 25.000 kasus per hari atau sekitar sepertiga dari puncak kasus varian Omicron atau Delta yang sebelumnya merebak.

Tag : #jokowi    #vaksin booster    #nasional    #capaian vaksinasi    #kasus harian covid 19    #varian omicron   

Baca Juga