Pemilik tas bertuliskan "BOM" di PematangSiantar dibekuk polisi.

Pemilik Tas Bom di Pematangsiantar Dibekuk Polisi, Ngakunya Cuma Iseng

rini | Daerah | 31-08-2021

PARBOABOA, Pematangsiantar - Terduga pemilik tas berwarna ungu bertuliskan BOM yang sempat membuat geger warga Pematangsiantar pada akhirnya diamankan Polres Siantar.

Pelaku berinisial RR (45) ternyata berprofesi sebagai pengemis. RR ditangkap di Jalan Adam Malik, Kecamatan Siantar Barat, Selasa (31/8/2021), pukul 10.00 WIB.

"Setelah kita periksa sejumlah saksi, jadi ini (RR) mengarah terduga pelaku. Tadi pagi kita amankan dan sudah kita periksa di kantor," kata Kepala Satuan Reskrim Polres Pematangsiantar AKP Edi Sukamto, saat ditemui di Mapolres Pematangsiantar, Selasa (31/8).

RR mengakui semua perbuatannya dan mengungkapkan motifnya hanya karena iseng.

Setelah pelaku berhasil diamankan, polisi kemudian melakukan rekontruksi disekitaran lokasi ditemukannya ransel berwana ungu yang berisi bongkahan keramik.

Dalam rekontruksi diketahui Renot terlebih dahulu mengambil bongkahan keramik dari sungai di Taman Kehati yang tak jauh dari Rumah Dinas Wali Kota Pematangsiantar di Jalan MH Sitorus.

Bongkahan keramik kemudia dia masukan ke dalam tas dan membawanya ke lokasi dan menulis BOM pada tasnya dan menggantungkannya di jalan Gunung Simanuk Manuk.

"Sementara, tadi dia motifnya iseng. Nanti kita jelaskan lagi lebih lanjut. Sekarang masih terus kita periksa," ujar Edi.

Sebelumnya tas berwarna ungu bertuliskan BOM ditemukan tergantung di tiang besi persimpangan Jalan MH Sitorus Jalan Simanuk-manuk pada Senin (30/8).

Saat dibongkar oleh tim Gegana Polda Sumut, isinya ternyata bongkahan batu dan keramik.

Kapolres Pematangsiantar, AKBP Boy Sutan Binanga Siregar mengatakan, perbuatan pelaku yang sengaja membuat tas tersebut bukan prank tapi tindakan pengancaman dan teror.

Tag : #daerah    #hukum   

Baca Juga