Jokowi melakukan kunjungan kerja dengan Pesawat Kepresidenan yang telah berganti warna menjadi merah putih.

Penerbangan Perdana Pesawat Kepresidenan RI Setelah di Cat Merah putih

maraden | Politik | 19-08-2021

PARBOABOA, Jakarta Untuk pertama kalinya Presiden Jokowi memakai pesawat Kepresidenan yang sudah dicat merah putih kunjungan kerja ke Provinsi Jawa Timur, Kamis( 19/ 8/ 2021). Pesawat Kepresidenan jenis Boeing Business Jet (BBJ) 2 sebelum dicat dan berrganti warna merah putih tadinya bercorak biru muda.

Bersumber pada siaran pers Sekretariat Presiden, Jokowi lepas landas ke Jawa Timur memakai Pesawat Kepresidenan Indonesia- 1 dari Pangkalan Tentara Nasional Indonesia(TNI) Angkatan udara(AU) Halim Perdanakusuma Jakarta, dekat jam 08. 00 Wib.

Jokowi sendiri direncanakan akan melakukan beberapa kegiatan diantaranya meninjau vaksinasi Covid- 19 di Kabupaten Madiun. Siang harinya, ia hendak membagikan pengarahan kepada Forum Koordinasi Pimpinan Wilayah( Forkopimda) se- Provinsi Jawa Timur. Terakhir, ia juga akan mendatangi pabrik pengolahan porang kepunyaan PT Asia Prima Konjac serta kembai ke Jakarta pada sore harinya, usai rangkaian kegiatan berakhir.

Adapun pengecatan pesawat tersebut tadinya sempat menuai polemik sebab memakan biaya yang fantastis. Tadinya, Pengamat Penerbangan Alvin Lie yang mengkritik pesawat Kepresidenan sudah berubah warna jadi merah putih. Ia memperhitungkan kalau pengecetan ulang pesawat ialah wujud foya- foya. Alvin Lie menguak anggaran untuk pengecetan ulang pesawat Kepresidenan yang sangat fantastis, jumlahnya 2,1 miliyar rupiah.

Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono membetulkan kalau bayaran pengecatan pesawat Kepresidenan dekat Rp 2 miliyar. Ia menarangkan pesawat Kepresidenan dicat ulang sebab terdapat sebagian cat pesawat yang telah terkelupas.

"Perawatan Pesawat Kepresdenan RI mempunyai interval waktu yang telah diresmikan serta wajib dipatuhi, sehingga agenda perawatan pesawat ini wajib dilaksanakan dengan tepat waktu," ucap Heru.

BERITA TERKAIT :

Cat Ulang Pesawat Kepresidenan Dengan Biaya 2M Menuai Kritik

Tag : #politik    #hukum    #nasional   

Baca Juga