Jenis Alur Cerita (Dok gambar: typoonline.com)

Alur Cerita, Mengetahui Pengertian, Jenis, dan Contohnya

Thoriq | Pendidikan | 24-05-2022

PARBOABOA - Mungkin sebagian orang masih belum mengetahui apa itu alur cerita. Alur cerita adalah suatu pola pengembangan cerita, yang terbentuk dari hubungan sebab, akibat, serta disusun secara kronologis.

Pada sebuah cerita, peranan alur ini sangat penting, karena alur adalah struktur yang merangkai dan menjalankan cerita.

Bagi sebagian orang yang menyukai sebuah cerita atau film, mungkin harus mengetahui apa yang dimaksud alur cerita. Pengertian dari alur cerita mampu membuat penikmat karya tersebut menjadi penasaran, dan tertarik untuk lebih dalam.

Alur cerita juga disebut sebagai plot cerita, yang membuat suatu cerita menjadi utuh.

1. Fungsi Alur Cerita

Tujuan dari alur cerita adalah untuk memberikan pembaca pemahaman tentang bagaimana suatu peristiwa dapat berhubungan dengan peristiwa lain.

Alur cerita juga dapat mengungkapkan mengapa dan bagaimana suatu peristiwa atau konflik dapat terjadi, dan kemudian mengungkap konsekuensi dari peristiwa yang terjadi.

Oleh karena itu, cerita yang bagus harus memiliki sebuah alur yang terarah , sehingga pembaca dapat memahami apa yang ingin disampaikan oleh penulis.

2. Jenis Alur Cerita

Berdasarkan waktu, alur cerita dibedakan menjadi 3 jenis:

Alur Maju

Alur cerita maju yaitu, aliran waktu yang memunculkan sebuah jalan cerita yang teratur, dan memiliki alur contoh alur cerita waktu dari masa lalu, hingga saat ini.

Alur Terbalik

Alur cerita mundur yaitu, alur yang menceritakan masa lampau yang menjadi klimaks di awal cerita. contoh alur cerita terbalik biasanya menyajikan sebuah cerita dengan masa lampau ke masa kini dengan susunan yang tidak berurutan.

Alur Campuran

Alur cerita ini merupakan perpaduan antara alur maju, dan alur mundur. Pada saat menyajikan cerita, contoh alur cerita campuran memiliki tahapan: Klimaks → Muncul konflik → Pengenalan→ Antiklimaks → Penyelesaian.

3. Contoh Alur Cerita

Alur Cerita Maju

Apa yang dimaksud alur cerita maju, contohnya sebagai berikut

Gadis kecil bernama Mei yang tinggal dengan ibunya, ingin pergi ke hutan untuk mencari jamur. Mei kemudian masuk ke dalam hutan. Tak lama setelah itu Mei tersesat dan menemukan sebuah rumah kecil, yakni rumah seekor anjing.

Mei tak diperbolehkan oleh anjing tersebut untuk pulang ke rumah dan harus terus melayaninya. Mei berusaha memikirkan cara pulang.

Dia mengambil kunyit, dan berpura–pura meminta bantuan anjing untuk mengantar kunyit tersebut ke ibunya. Dia memindah kunyit dan masuk ke keranjang, dan si anjing membawanya ke Desa. Akhirnya Marsha dapat bertemu ibunya kembali.

Alur Cerita Mundur

Apa yang dimaksud alur cerita mundur, contohnya sebagai berikut.

Lia bercerita kepada Mei tentang pengalamannya di pasar. “Aku mengejar seorang pencuri yang mencuri dompet Bu Laksmi di pasar tadi pagi. Untungnya aku berhasil menangkap si pencuri dan mengembalikan dompet Bu Laksmi.

Aku dapat menolong Bu Laksmi dengan cepat karena aku berada di samping Bu Laksmi ketika dompetnya dicuri. Bu Laksmi juga berkata bahwa tadi si pencuri berada di belakang Bu Laksmi ketika ia berangkat ke pasar”, kata Lia.

Alur Cerita Campuran

Apa yang dimaksud alur cerita campuran, contohnya sebagai berikut.

Contoh cerita ini merupakan karya Wisran Hadi “Menanti Kelahiran” . Cerita dimulai dengan tokoh Ena yang sedang mengandung, merasa asing dengan tingkah laku suaminya.

Ia merasa tidak lagi diperhatikan oleh suaminya sehingga ia menyangka suaminya tidak lagi menyukainya karena ia tengah hamil. Suatu malam, Lena mengajak suaminya pergi berjalan-jalan.

Ajakan itu hanyalah taktik untuk menguji apakah suaminya itu masih memperhatikannya. Namun, Haris (suami Lena) menanggapi tawaran itu dengan dingin sambil tetap membaca koran.

Lena ingin memarahi Haris atas sikapnya itu, namun mengurungkan niatnya ketika ingat pada bayi yang dikandungnya.

Dua minggu yang lalu, Lena kedatangan seorang perempuan yang melamar jadi pembantu. Perempuan itu punya dua orang anak yang sangat menjijikkan karena amat dekil.

Anak pertama bisu, sedangkan yang kedua masih bayi. Karena tidak ingin perasaannya mempengaruhi bayi yang dikandungnya, Lena memutuskan menerima mereka.

Ia berusaha keras menyingkirkan rasa jijik, cemas, maupun pengalaman buruknya dengan pembantu sebelumnya. Lena berharap Haris akan memuji sikapnya yang mampu mengambil putusan sendiri.

Saat Lena dan Haris menikmati tempat-tempat yang menjadi kenangan masa pacaran, Haris melihat seorang bocah yang tengah dikerumuni para tukang becak. Anak itu sedang bercerita sambil memperagakan ceritanya dengan gerak tangan.

Tukang becak berkeliling mendengarkan sambil tertawa-tawa. Haris mengajak Lena mendekatinya. Haris hampir tak percaya bahwa anak itu adalah anak pembantu rumahnya.

Ternyata anak itu tidak bisu. Melihat hal itu, Lena merasa telah ditipu oleh pembantunya sehingga ia jatuh pingsan.

Samar-samar Lena teringat pada harta bendanya di rumah. Jangan-jangan pembantu itu saat ini sedang mengemasi harta Lena dan bersiap-siap melarikan diri.

Ketika esoknya Lena sadar, ternyata ia terbaring di rumah sakit. Anaknya telah lahir. Tetapi ia sadar bahwa umur kandungannya belum sempurna untuk kelahiran normal. Lena merintih karena bayinya lahir prematur.

 

Tag : #alur cerita    #jenis alur pada cerita    #pendidikan    #pengertian alur cerita    #alur campuran    #alur maju    #alur mundur   

Baca Juga