Mengenal Geologi (Dok: Parboaboa)

Mengenal Ilmu Geologi: Pengertian, Jenis, dan Cabangnya

Sarah | Pendidikan | 15-06-2022

PARBOABOA - Beberapa waktu lalu kita telah membahas tentang ‘Arkeologi’. Nah, pada kesempatan ini kita akan menabah wawasan dengan memperlajari ‘Geologi’.

Geologi merupakan ilmu tentang bumi yang berkaitan dengan struktur, sejarah, komposisi serta perkembangan kehidupan di bumi.

Nah buat kamu yang ingin tahu lebih dalam tentang geologi, yuk ikuti penjelasan kami di bawah ini!

Pengertian

Geologi adalah ilmu yang mempelajari tentang Bumi dan segala isi di dalamnya. Ilmu pengetahuan ini tidak hanya fokus mempelajari apa yang ada di dalam bumi, namun juga mempelajari berbagai macam fenomena alam yang terjadi.

Geologi struktur adalah salah satu cabang ilmu geologi yang masuk dalam jenis geologi dasar.

Geologi Teknik merupakan sebuah ilmu yang mempelajari tentang gejala-gejala geologi dari aspek kekuatan dan kelemahan geologi, dimana diterapkan dalam pembangunan infrastuktur seperti tahap menentukan lokasi, desain, konstruksi, pelaksanaan pembangunan dan pemeliharaan hasil kerja keteknikan.

Pengertian Geologi Menurut Para Ahli

Bates and Jackson (1990)

Menurut Bates and Jackson, geologi merupakan suatu ilmu pengetahuan yang memang khusus mempelajari tentang planet bumi.  

Written Brooks (1972)

Menurut Written Brooks, geologi adalah ilmu yang mempelajari tentang kebumian yang di dalamnya mencakup komposisi, struktur, asal, sejarah, hingga pada proses terbentuknya planet bumi dari zaman dulu hingga sekarang termasuk proses perkembangan kehidupan saat ini.

Munir (1996)

Menurut Munir, geologi mempelajari tentang bumi yang berkaitan dengan asal, sejarah, struktur, komposisi hingga proses terbentuknya.

Jenis Ilmu Geologi

Ilmu geologi terbagi menjadi dua jenis, antara lain:

1. Geologi Dinamis

Geologi dinamis adalah studi tentang ilmu geologi yang fokus mempelajari dan membahas berbagai macam sifat dinamika yang dimiliki oleh planet bumi.

2. Physical Geology (Geologi Fisik)

Geologi fisik adalah salah satu ilmu yang mempelajari berbagai macam sifat fisik dari sebuah planet, khususnya adalah bumi.

Cabang Ilmu Geologi

Ilmu geologi terbagi menjadi 5 cabang, antara lain:

1. Mineralogi

Mineralogi merupakan salah satu cabang yang berfokus untuk mempelajari tentang mineral yang terkandung, baik dalam bentuk yang individu maupun yang dalam bentuk kesatuan. Ilmu ini memperlajari materi, seperti sifat fisik, sifat kimia, proses terjadinya, proses mendapatkannya serta kegunaan dari mineral itu sendiri.

2. Petrologi

Petrologi merupakan suatu cabang ilmu yang mempelajari studi tentang batuan serta kondisi pembentukannya.

Petrologi memiliki tiga cabang lain yang berkaitan dengan berbagai tipe dari batuan, seperti metamorf, sedimen, dan beku.

Cabang ini memanfaatkan bidang mineralogi yang klasik, analisa kimia, serta petrografi mikroskopis yang menggambarkan berbagai macam komposisi serta tekstur dari sebuah batuan yang di dapatkan.

3. Stratigrafi

Stratigrafi merupakan salah satu cabang yang memperlajari tentang sejarah, umur relatif, distribusi lapisan batuan, komposisi, serta interpretasi berbagai lapisan batuan untuk menjelaskan sejarah bumi lebih jauh. Manfaat memperlajari Stratigrafi untuk bisa mengetahui tentang luas penyebaran lapisan batuan yang ada di bumi.

4. Geofisika

Geofisika merupakan salah satu ilmu yang mempelajari tentang prinsip-prinsip fisika yang ada di dalamnya. Geofisika termasuk ke dalam ilmu meteorologi, fisika ionosfer, serta elektrisitas atmosferis.

Metode ilmu geofisika dibagi menjadi dua, yaitu metode aktif dan metode pasif. Metode aktif dilakukan dengan cara membuat medan gangguan yang nantinya akan mengukur bentuk respons yang dilakukan oleh bumi.

5. Volkanologi

Volkanologi merupakan studi yang mempelajari tentang magma, lava, fenomena geologi yang masih saling berhubungan mengenai gunung berapi.

Itulah sekilas info tentang pengertian geologi lengkap dengan jenis serta cabangnya. Semoga membantu.

Tag : #geologi    #sejarah    #pendidikan    #bumi    #ilmu pengetahuan    

Baca Juga