Pengertian Iman Kepada Hari Akhir Menurut Islam (Parboaboa/Lamsari Gulo)

Pengertian Iman Kepada Hari Akhir Menurut Islam

Sari | Pendidikan | 05-04-2022

PARBOABOA - Pengertian Iman kepada hari akhir atau kepada hari kiamat adalah rukun iman ke lima. Setiap umat islam wajib percaya dan yakin akan hari akhir atau hari kiamat pasti akan datang. Bagi umat muslim yang mengimaninya niscaya akan mempersembahkan ibadah semata-mata hanya untuk Allah SWT.

Allah SWT berfirman dalam Surat Al-Hajj ayat 22:7 tentang dalil iman kepada hari akhir, yang berbunyi:

                                   وَأَنَّ ٱلسَّاعَةَ ءَاتِيَةٌ لَّا رَيْبَ فِيهَا وَأَنَّ ٱللَّهَ يَبْعَثُ مَن فِى ٱلْقُبُورِ

Artinya: "Dan sesungguhnya hari kiamat itu pastilah datang, tak ada keraguan padanya; dan bahwasanya Allah membangkitkan semua orang di dalam kubur."

Ayat ini menegaskan bahwa hari kiamat bukanlah sebuah omong kosong saja, tetapi sebagai orang yang beriman kita wajib percaya akan terjadi suatu saat nanti. Hanya saja tidak ada satu manusia yang tahu kapan itu akan terjadi.

Kapan datangnya hari akhir menjadi rahasia Allah SWT. Dalam surat Al-A’raf ayat 197, Allah SWT berfirman:

يَسْـَٔلُوْنَكَ عَنِ السَّاعَةِ اَيَّانَ مُرْسٰىهَاۗ قُلْ اِنَّمَا عِلْمُهَا عِنْدَ رَبِّيْۚ لَا يُجَلِّيْهَا لِوَقْتِهَآ اِلَّا هُوَۘ ثَقُلَتْ فِى السَّمٰوٰتِ وَالْاَرْضِۗ لَا تَأْتِيْكُمْ اِلَّا بَغْتَةً ۗيَسْـَٔلُوْنَكَ كَاَنَّكَ حَفِيٌّ عَنْهَاۗ قُلْ اِنَّمَا عِلْمُهَا عِنْدَ اللّٰهِ وَلٰكِنَّ اَكْثَرَ النَّاسِ لَا يَعْلَمُوْنَ

artinya: Mereka menanyakan kepadamu (Muhammad) tentang Kiamat, "Kapan terjadi?" Katakanlah, "Sesungguhnya pengetahuan tentang Kiamat itu ada pada Tuhanku; tidak ada (seorang pun) yang dapat menjelaskan waktu terjadinya selain Dia. (Kiamat) itu sangat berat (huru-haranya bagi makhluk) yang di langit dan di bumi, tidak akan datang kepadamu kecuali secara tiba-tiba." Mereka bertanya kepadamu seakan-akan engkau mengetahuinya. Katakanlah (Muhammad), "Sesungguhnya pengetahuan tentang (hari Kiamat) ada pada Allah, tetapi kebanyakan manusia tidak mengetahui."

Pada Pelajaran Agama Islam (PAI) disekolah, kita pasti pernah diminta untuk menjelaskan pengertian iman kepada hari akhir dan coba tuliskan pengertian iman kepada hari akhir.

Pada artikel ini secara lengkap Parboaboa sudah merangkum dari beberapa sumber tentang pengertian iman kepada hari akhir, macam-macam hari akhir, fungsi iman kepada hari akhir dan contoh iman kepada hari akhir. Berikut ulasan lengkapnya ada dibawah ini.

Pengertian Iman Kepada Hari Akhir

Pengertian hari kiamat menurut islam adalah peristiwa terakhir dari seluruh kegiatan kehidupan di bumi dan segala isinya dengan hancurnya alam semesta beserta makhluk hidup di dalamnya.

Iman kepada hari akhir artinya percaya bahwa hari akhir atau hari kiamat itu akan datang. Setiap manusia akan diminta untuk tanggung jawab atas perbuatan dan amal dibadahnya selama hidup di dunia.

Dalam Quran Surat Al-Anbiya’ ayat 47, Allah SWT berfirman bahwa amalan sekecil apapun akan diperhitungkan. Berikut bunyi ayatnya:

وَنَضَعُ الْمَوَازِيْنَ الْقِسْطَ لِيَوْمِ الْقِيٰمَةِ فَلَا تُظْلَمُ نَفْسٌ شَيْـًٔاۗ وَاِنْ كَانَ مِثْقَالَ حَبَّةٍ مِّنْ خَرْدَلٍ اَتَيْنَا بِهَاۗ وَكَفٰى بِنَا حَاسِبِيْنَ

Artinya: "Dan Kami akan memasang timbangan yang tepat pada hari Kiamat, maka tidak seorang pun dirugikan walau sedikit; sekalipun hanya seberat biji sawi, pasti Kami mendatangkannya (pahala). Dan cukuplah Kami yang membuat perhitungan."

Macam-macam Hari Akhir

Dalam agama islam, macam-macam hari akhir atau hari kiamat dibagi menjadi dua yaitu kiamat sugra dan kiamat kubro. Berikut penjelasannya:

1. Kiamat Sugro

Kiamat sugro adalah berakhirnya sebagian kehidupan yang ada di dunia. Kiamat ini biasanya disebut dengan kiamat kecil. Sebagai contoh kiamat sugro seperti bencana alam hingga kematian yang menimpa seseorang.

Rasullah SAW pernah bersabda mengenai kiamat sugro yang berbunyi:

“Jika salah seorang dari kalian meninggal dunia, maka kursinya diperlihatkan kepadanya pada saat pagi-sore hari. Jika ia termasuk ahli surga, maka ia akan melihat jelas gambaran dirinya sebagai ahli neraka. Dikatakan kepadanya, “Ini kursimu hingga Allah membangkitkanmu pada hari Kiamat”. (HR. Bukhari).

2. Kiamat Kubro

Kiamat Kubro adalah kehancuran alam semesta beserta makhluk yang ada di dalamnya. Kiamat kubro ditandai dengan ditiupnya terompet sangkakala oleh malaikat Israfil. Rasullah SAW bersabda dalam hadist bahwa, kiamat kubro akan terjadi pada hari jumat.

“Sebaik-baik matahari terbit adalah hari jum’at. Pada hari Jum’at Adam diciptakan, pada hari itu dia dimasukan ke dalam surga dan pada hari Jum’at itu juga dia dikeluarkan dari Surga. Hari kiamat tidaklah terjadi kecuali pada hari Jum’at.” (HR. Muslim No. 854)

Fungsi Iman Kepada Hari Akhir

Setelah kita percaya dan mengetahui pengertian iman kepada hari akhir atau hari kiamat, berikut hikmah beriman kepada hari akhir dan fungsi iman kepada hari akhir:

1. Dapat meningkatkan keimanan dan ketaqwaan

Percaya dengan datangnya hari akhir akan membuat hidup kita menjadi teratur. Manusia akan berusaha untuk melakukan perbuatan baik dan menjauhi dosa. Mereka yakin apapun perbuatan yang dilakukan selama hidup akan mendapat pertanggung jawaban kelak di hadapan Allah SWT.

2. Mendorong untuk Senantiasa Berbuat Baik dan Menghindari Perbuatan Dosa dan Sia-Sia

Sebagai orang yang beriman dan bertaqwa, akan meyakini hari akhir dan berusaha untuk menghindari perbuatan dosa.

3. Memotivasi untuk Semangat dalam Berkarya

Untuk menjalani kehidupan akhirat, kita harus mempersiapkan bekal yang cukup. Oleh karena itu, yakin kepada hari akhir akan membuat kita mempersiapkan bekal untuk kehidupan di akhirat.

4. Mendidik Manusia untuk Belajar dan Mempersiapkan Masa Depan

Dunia bersifat fana, yang kekal adalah akhirat. Maka dari itu, sebagai orang yang mengimani hari akhir, kita akan mempersiapkan sebaik-baiknya kehidupan. Dengan demikian, percaya hari akhir akan mendidik manusia agar senantiasa mempersiapkan yang terbaik untuk kehidupan masa depan.

5. Memperjelas Tujuan Hidup Manusia

Adanya kehidupan setelah kematian akan membuat manusia memiliki tujuan hidup yang jelas. Hal ini akan menentukan jalan atau langkah apa yang harus dituju semasa hidup di dunia.

Contoh Iman Kepada Hari Akhir

Berdasarkan pengertian iman kepada hari akhir, beriman tidak hanya dibuktikan melalui keyakinan hati dan kata-kata saja. Contoh iman kepada hari akhir harus tercermin dalam perbuatan dan kehidupan sehari-hari.

Adapaun contoh iman kepada hari akhir adalah sebagai berikut:

  • Orang yang beriman akan berperilaku baik
  • Orang yang beriman kepada hari akhir akan rajin beribadah
  • Senantiasa berhati-hati dalam sikap dan tindakan
  • Berusaha menghindari perbuatan maksiat dan kesalahan

Setelah mengetahui iman kepada hari akhir akan membuat manusia semakin semangat untuk menjalankan ibadah. Semoga kita senantiasa dalam lindungan Allah SWT.

Tag : #pendidikan islam    #iman    #pendidikan    #hari akhir    #hari kiamat    #dalil    #hikmah   

Baca Juga