gambar teks eksposisi (dok: Tirto.id)

Pengertian, Struktur, dan Contoh Teks Eksposisi Yang Singkat Beserta Strukturnya

Mei | Pendidikan | 13-04-2022

PARBOABOA - Teks merupakan  rangkaian kata atau kalimat yang memiliki struktur dan tata bahasa tertentu sehingga dapat disusun secara lisan maupun tulisan.

Ada banyak jenis teks yang sering kita dengar, mulai dari teks berita, narasi, deskripsi, anekdot, hingga teks eksposisi.

Pada kesempatan kali ini kita akan membahas tentang pengertian, struktur dan contoh teks eksposisi yang singkat beserta strukturnya.

Nah, apa sih teks eksposisi itu? Berikut ulasannya.

Pengertian, Struktur, dan Contoh Teks Eksposisi Yang Singkat Beserta Strukturnya

1. Pengertian Teks Eksposisi

Teks eksposisi merupakan  sebuah teks nonfiksi  yang memuat serta menjelaskan mengenai suatu  informasi atau pengetahuan berdasarkan fakta yang sebenarnya.

Setiap informasi atau pengetahuan dalam teks eksposisi haruslah disampaikan secara singkat, jelas, padat, dan akurat.

Namun, perlu kalian ketahui bahwa informasi yang dimuat harus lah mengandung unsur 5W + 1H. seperti apa, siapa, kapan, dimana, dan mengapa informasi tersebut terjadi.

Hal yang sangat ditekankan dalam jenis teks yang satu ini adalah informasi atau fakta yang dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya oleh author.

2. Struktur Teks Eksposisi

Pendahuluan atau tesis

Struktur pertama teks eksposisi yaitu pendahuluan/tesis atau sering diartikan sebagai bagian dari gagasan utama.

Di bagian ini, biasanya author akan menyampaikan inti informasi atau pengetahuan yang akan disampaikan.

Penjelasan atau argumentasi

Setelah menentukan tesis, kita akan membuat penjelasan atau argumentasi tentang gagasan utama yang telah kita buat.

Di bagian ini biasanya author akan menjabarkan mengenai latar belakang pemilihan gagasan utama berdasarkan fakta yang memperkuatnya.

Penegasan ulang atau simpulan

Untuk struktur yang ketiga yaitu melakukan penegasan ulang. Tahap ini merupakan tahap dimana author akan menuliskan kembali simpulan secara singkat dan jelas.

3. Contoh Teks Eksposisi Singkat Beserta Strukturnya

Pentingnya Pendidikan

Tesis

Mendapatkan pelajaran dan pengetahuan merupakan hal pertama yang sangat penting dari pendidikan. Kita dapat memperoleh pengetahuan mengenai dunia sekitar lewat pendidikan.

Hal tersebut akan menjadikan perspektif orang akan makin berkembang untuk memandang kehidupan.

Oleh karena itu, kita akan sangat terbantu pada cara memandang serta membangun opini kepada suatu hal yang berhubungan dengan kehidupan.

Banyak orang yang memperdebatkan apakah pendidikan merupakan jalan satu–satunya untuk mendapatkan pengetahuan?

Namun, ada pula yang menyebutkan pendidikan merupakan proses memperoleh informasi terkait dunia sekitar. Sedangkan pengetahuan merupakan hal lain yang berbeda.

Argumentasi

Pendidikan dapat membantu seseorang dalam menafsirkan berbagai macam hal yang ia rasakan.

Pendidikan tak terbatas hanya kepada pantun yang ada di dalam buku pelajaran maupun hitung menghitung di dalam matematika. Pendidikan lebih dari itu, pendidikan mengenai pelajaran hidup.

Pendidikan sangat penting sebab akan mengajarkan manusia bagaimana cara berperilaku yang baik dan benar sehingga pendidikan dapat menciptakan manusia dalam menjalani kehidupan yang lebih beradab.

Pendidikan adalah dasar dari peradaban serta budaya. Pendidikan penting untuk mengembangkan berbagai nilai serta moral manusia.

Pendidikan akan mengolah seseorang menjadi pribadi yang lebih dewasa, pribadi yang mampu dalam mengambil keputusan tepat serta merencanakan masa depan.

Pendidikan akan memberikan wawasan dalam belajar dalam setiap pengalaman. Pendidikan juga penting dalam proses pertumbuhan ekonomi.

Hal tersebut bisa memupuk prinsip–prinsip keadilan serta kesejahteraan sehingga masa depan bangsa nantinya akan cerah di atas tangan orang–orang yang berpendidikan.

Pendidikan penting sebab telah membekali manusia dengan seluruh keperluan yang dibutuhkan guna mewujudkan impian.

Pendidikan akan membuka pintu peluang karier yang cerah serta prospek yang lebih cemerlang di dalam berkarier.

Dapat kita lihat contoh nyata, perusahaan memerlukan calon karyawan yang memiliki pendidikan baik serta keahlian khusus sehingga, pendidikan telah menjadi bagian kriteria kelayakan pada dunia kerja dan industri.

Di dalam dunia kerja, seseorang akan dinilai dilihat dari keterampilan pendidikannya serta sebaik apa individu tersebut mengimplementasikannya.

Sekolah serta perguruan tinggi adalah penentu dari kerangka dasar pendidikan. Sekolah akan mengajarkan manusia terkait dasar–dasar kehidupan serta memperkenalkan di dalam bidang spesifik yang diminati.

Tetapi, pendidikan tidak berakhir di sini. Hal ini merupakan proses sepanjang hidup. Belajar mandiri adalah titik awal untuk menandai akhir dari pendidikan di suatu institusi.

Penegasan Ulang

Dengan hal tersebut, pendidikan merupakan hal yang sangat penting dalam kehidupan manusia. Sebab, pendidikan dapat memberikan berbagai pengetahuan yang dapat menuntun individu menuju impiannya.

Pendidikan tak hanya didapatkan lewat sekolah formal saja, tetapi dari kehidupan itu sendiri sebagai contoh membangun moral yang baik serta kebudayaan.

Nah, itulah penjelasan mengenai pengertian, struktur, dan contoh teks eksposisi singkat beserta strukturnya. Semoga pembahasan kita kali ini dapat menambah wawasan kalian ya.

Tag : #teks    #teks eksposisi    #pendidikan    #teks eksposisi adalah    #struktur teks eksposisi   

Baca Juga