Rapat Paripurna DPR RI mengesahkan anggota KPU dan Bawaslu RI terpilih periode 2022-2027, Jumat (18/2).

Pengesahan 12 Anggota KPU dan Bawaslu Terpilih 2022-2027

Sondang | Politik | 18-02-2022

PARBOABOA, Jakarta - Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) telah mengesahkan 12 anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) RI terpilih periode 2022-2027 dalam Rapat Paripurna DPR RI pada Jumat (18/2).

Pengesahan diawali dengan penyampaian hasil uji kelayakan dan kepatutan (fit and proper test) calon anggota KPU dan Bawaslu RI periode 2022-2027 yang dilakukan oleh Ketua Komisi II DPR RI Ahmad Doli Kurnia.

"Syukur alhamdulillah Komisi II DPR RI telah melaksnakan seluruh tahapan seleksi calon anggota KPU RI dan calon anggota Bawaslu RI masa jabatan 2022-2027 yang dilaksanakan secara terbuka, transparan dan disaksikan oleh seluruh masyrakat di seluruh Indonesia baik secara langsung maupun melalui media elektronik," kata Doli di Ruang Rapat Paripurna DPR, Senayan, Jakarta, Jumat (18/2).

"Selanjutnya perkenankanlah kami menyampaikan 7 nama terpilih dari 14 nama calon anggota KPU dan 5 nama terpilih dari 10 calon anggota Bawaslu dalam rapat paripurna hari ini, untuk mendapat pengesahan bersama yang selanjutnya akan disampaikan kepada Presiden RI, untuk segera dilantik menjadi anggota KPU Bawaslu masa jabatan 2022-2027," lanjut Doli.

Setelah itu, Ketua DPR RI Puan Maharani selaku pimpinan rapat meminta persetujuan anggota dewan terhadap hasil fit and proper test calon anggota KPU-Bawaslu.

"Sidang dewan yang kami hormati, sekarang perkenan kami menanyakan kepada sidang dewan yang terhormat apakah laporan Komisi II terhadap hasil uji kelayakan dan kepatutan calon anggota KPU dan Bawaslu masa jabatan tahun 2022 2027 dapat disetujui?," tanya Puan.

"Setuju," jawab seluruh peserta rapat.

Adapun ketujuh anggota KPU RI terpilih itu adalah Betty Epsilon Idroos, Hasyim Asy'ari, Mochammad Afifuddin, Parsadaan Harahap, Yulianto Sudrajat, Idham Holik dan August Melaz.

Sementara untuk Bawaslu RI terpilih yakni Lolly Suhenty, Puadi, Rahmat Bagja, Totok Haryono dan Herwyn Jefler Hielsa Malonda.

Tag : #kpu    #bawaslu    #dpr    #politik   

Baca Juga