Ilustrasi Gmail

Pengguna Gmail Bakal Bisa Saling Telepon Langsung dari Aplikasi

Wanovy | Teknologi | 11-09-2021

Gmail tampaknya tak akan khusus menjadi tempat bertukar email saja. Belum lama ini, Google melakukan pembaruan pada aplikasi emailnya itu dengan dukungan fitur baru panggilan suara atau telepon dan video call langsung dari aplikasi.

Seperti diketahui, saat ini Google memisahkan berbagai aplikasi dan layanannya satu sama lain. Seperti layanan Gmail yang fokus pada layanan emailnya, lalu Meet dengan layanan konferensi videonya.

Namun kini Google mengumumkan beberapa perubahan di masa mendatang yang akan menjadikan Gmail platform hybrid di mana pengguna dapat melakukan banyak hal dalam satu aplikasi tersebut.

Sebagai bagian dari pembaruan Google Workspace, pengguna Gmail akan segera dapat saling menelepon di dalam aplikasi Gmail itu sendiri dan bukan melalui aplikasi Meet.

Bagi pengguna yang mengandalkan Gmail khusus untuk email saja mungkin tak akan terlalu menyukai fitur baru ini. Tetapi dengan update ini, pengguna dapat melakukan banyak hal dari sekadar membalas dan mengirim email saja.

Nantinya, pengguna bisa melakukan telepon atau video call secara langsung melalui aplikasi Gmail tanpa harus membuat meeting room di Google Meet.

Akan ada ikon gagang telepon yang tersedia untuk melakukan panggilan suara dan ikon kamera untuk panggilan video. Namun, fitur ini baru akan tersedia pada chat perorangan di Gmailan suara namun melalui Google Meet.

Google menjelaskan bahwa fitur tersebut akan mereplikasi pertemuan ad-hoc spontan yang berlangsung selama pengalaman kerja langsung.

Dengan demikian pengguna bisa menggunakan satu aplikasi untuk beberapa aktivitas, mulai dari mengirim email atau melakukan panggilan telepon dan video. Dibandingkan harus melakukannya di luar aplikasi termasuk yang berasal dari ekosistem Google itu sendiri.

Dikutip BGR, Google sendiri mulai menyalurkan fitur telepon dan video kepada pengguna dengan akun berbayar terlebih dahulu dalam beberapa minggu mendatang. Baru kemudian akan dirasakan oleh pengguna gratis lainnya.

Untuk peluncuran, rencananya Google akan lebih dulu memperbarui untuk akun enterprise. Jadi fitur video dan voice call ini tidak akan datang ke seluruh pengguna sekaligus.

Tag : #teknologi    #email    #gmail    #telepon    #upgrade    #google   

Baca Juga