Ilustrasi

Fitur Twitter Ini Hadir di Indonesia, Bisa Kasih dan Terima Tip dengan Bitcoin

Wanovy | Teknologi | 24-09-2021

Twitter Tip resmi menyambangi pengguna global, termasuk di Indonesia setelah sebelumnya diperkenalkan pertama kali di Amerika Serikat pada Mei lalu.

Fitur baru ini memungkinkan orang untuk memberi tip kepada pembuat konten favorit mereka dengan bitcoin. Sumber di perusahaan itu Kamis 23 September juga menyatakan, jika perusahaan micro blog ini juga akan meluncurkan dana untuk membayar beberapa pengguna yang meng-host ruang obrolan audio pada fitur Spaces-nya.

"Mulai hari ini, kami mulai menggelontorkan fitur Tips di Twitter ke semua orang di platform iOS secara global," ujar Esther Crawford dari Twitter, dikutip dari BlogTwitter, Jumat (24/9/2021).

Dengan pembaruan tersebut, pengguna Twitter di seluruh dunia akan memiliki akses ke tip, yang memungkinkan pengguna untuk saling mengirim uang melalui platform pembayaran yang mendukung.

Untuk saat ini, platform pembayaran yang didukung Twitter mencakup Bandcamp, Cash App, Chipper, Patreon, Razorpay, Wealthsimple Cash, Venmo, GoFundMe, dan PicPay.

Pengguna Twitter di Amerika Serikat dan El Salvador akan memiliki opsi tambahan untuk mengirim dan menerima tip dengan Bitcoin melalui Strike, yang dibangun di atas Bitcoin Lightning Network yang memungkinkan pengguna untuk mengirim atau menerima cryptocurrency secara instan dan gratis. Sementara orang-orang di negara lain akan dapat menerima tip melalui alamat Bitcoin mereka.

Twitter memastikan tidak akan memotong tip yang dipertukarkan antar pengguna. Pemberian tip diluncurkan ke semua pengguna iOS Twitter mulai hari ini, dan akan tersedia di Android "dalam beberapa minggu mendatang”.

Fitur Tips bisa dijajal pengguna melalui ikon "uang kertas" yang bakal muncul di sebelah tombol "Following", pada laman profil pengguna atau kreator konten Twitter yang dituju.

Ketika ikon tersebut di-klik, maka pengguna bisa memilih platform pembayaran mana yang akan dipakai sebagai layanan untuk mengirim uang. Di aplikasi platform pembayaran tersebut, pengguna lantas bisa menyelesaikan proses transaksi untuk memberikan uang ke pengguna atau kreator konten favorit mereka di Twitter, tanpa dipotong pajak atau dikenakan biaya tambahan oleh Twitter.

Di sisi lain, Twitter juga mengatakan akan "segera" mendukung beberapa jenis otentikasi NFT , yang memungkinkan kreator untuk menghubungkan dompet kripto mereka sendiri ke Twitter. Ini dapat memungkinkan mereka untuk melacak, showcase, dan mengautentikasi NFT mereka di platform dengan lencana khusus.

Tag : #teknologi    #bitcoin    #tip    #twitter    #crypto   

Baca Juga