Presiden Jokowi saat menghadiri Upacara Pengibaran Bendera Merah Putih di Istana Negara (Foto: Tangkapan Layar YouTube Sekretariat Presiden)

Upacara Pengibaran Bendera Merah Putih di Istana Negara Dilakukan Dengan Sukses

Rini | Nasional | 17-08-2022

PARBOABOA, Jakarta – Upacara Pengibaran Bendera Merah Putih di Istana Negara Indonesia telah selesai dilakukan pada Rabu (17/8) pagi.

Setelah dua tahun upacara dilakukan secara terbatas tanpa kehadiran undangan akibat dari pandemi Covid-19, upacara tahun ini berlangsung meriah dengan kehadiran tamu undangan dari berbagai kalangan. Mulai dari pejabat negara, tokoh masyarakat, hingga sejumlah artis tanah air. Namun, pelaksanaan upacara ini tetap dilakukan dengan menjalankan protokol kesehatan.

Menurut pantauan Parboaboa dari siaran langsung YouTube Sekretariat Presiden, Presiden Jokowi hadir di Istana Negara didampingi oleh Ibu Negara Iriana. Jokowi tampil dengan mengenakan pakaian adat Dolomani dari Buton, Sulawesi Tenggara.

Sementara itu, Wakil presiden K.H. Ma'ruf Amin bersama istrinya, Wury Estu Handayani menghadiri peringatan kemerdekaan RI ke-77 dalam balutan baju adat Provinsi Banten, wilayah yang merupakan tanah kelahirannya.

Upacara peringatan HUT Indonesia ini dimulai dengan tiupan terompet sebanyak dua kali. Pasukan upacara kemudian memasuki lapangan upacara. Setelah itu, komandan upacara Kolonel Laut (P) Andike Sry Mutia memasuki lapangan upacara. Disusul dengan masuknya Jokowi dan Ma’ruf ke lapangan upacara.

Ketua DPD RI La Nyalla Mattalitti bertugas membacakan naskah proklamasi.  Presiden Jokowi sebagai inspektur upacara memimpin sesi mengheningkan cipta dan Menag Yaqut Cholil Qoumas membacakan doa.

Selanjutnya, para pasukan pengibar bendera pusaka (Paskibraka) memasuki lapangan upacara untuk melakukan tugasnya. Sebelum acara peringatan kemerdekaan dilangsungkan hari ini, tim pengibar bendera ini telah menjalani pelatihan di bawah Badan Pembinaaan ideologi pancarsila RI.

Adapun yang bertugas mengibarkan bendera adalah Tim Pancasila Tangguh. I Dewa Ayu Firsty Meita Dewanggi, Siwa SMA Negeri 2 Kudus, perwakilan dari Provinsi Jawa Tengah terpilih sebagai pembawa bendera Merah Putih.

Kemudian, Mario Adhiyaksa Sihombing sebagai pembentang bendera yang mewakili Provinsi Sumatra Utara. Lalu, Bramantya Rizky Wiratama sebagai pengerek bendera yang mewakili Provinsi Jawa Barat. Dengan diiringi lagu Indonesia Raya, pengibaran bendera dilakukan dengan sukses. Seluruh undangan diminta berdiri selama prosesi.

Acara pun dilanjutkan dengan pertunjukan flypast pesawat tempur dan helikopter TNI AU yang melintas di langit Istana Merdeka. Seluruh undangan yang hadir di lokasi tampak antusias mengabadikan momen saat pesawat tempur tersebut membentuk formasi 77, sebagai ucapan atas peringatan kemerdekaan Indonesia tahun ini.

Setelahnya, acarapun dilanjutkan dengan persembahan lagu-lagu dari kelompok paduan suara. Farel Prayoga, anak yang pernah viral di TikTok pun ikut memeriahkan acara hiburan dengan menyanyikan lagu Ojo Dibandingke milik Denny Caknan.  Kehadirannya langsung mencuri hati para undangan yang datang.

Terpantau beberapa undangan mendatangi panggung tempatnya bernyanyi dan ikut berjoget bersama.  Kemudian upacara diitutup dan Jokowi pun meninggalkan kompeks Istana setelah upacara selesai dilakukan.

Tag : #hut ri    #jokowi    #nasional    #istana negara    #pengibaran bendera merah putih   

Baca Juga