Penjelasan dan fungsi mitokondria pada hewan dan tumbuhan (Dok: seputarilmu.com)

Penjelasan, Ciri-Ciri dan Fungsi Mitokondria Pada Sel Tumbuhan dan Hewan

Rahma | Pendidikan | 23-04-2022

PARBOABOA - Sebelumnya, apakah yang dimaksud dengan mitokondria? Pengertian mitokondria adalah organel sel tunggal yang terbentuk dari membrane dan memiliki peran sebagai tempat respirasi sel makhluk hidup.

Fungsi mitokondria adalah sebagai penghasil utama energi pada sel lain yang dalam berupa energy ATP. ATP (Adenosina trifosfat )adalah suatu nukleotida atau satuan molekular pertukaran energi intraselular dan dapat digunakan untuk menyimpan dan mentranspor energi kimia dalam sel.

Mitokondria terletak di hampir semua sel eukariotik. Oleh sebab itu, mitokondria dapat terletak dalam sel manusia, hewan, maupun tumbuhan.

Mitokondria berisi sejumlah enzim dan protein yang membantu proses metabolisme karbohidrat dan lipid (lemak). Sebelum memahami fungsi mitokondria, mari kenali terlebih dahulu beberapa ciri mitokondria.

Ciri-Ciri Mitokondria

1. Berada di dalam sel eukariotik.

2. Umumnya berbentuk lonjong.

3. Berdiameter sekitar 0,5 µm dengan panjang antara 0,5 sampai 1 µm.

4. Satu-satunya organel yang memiliki dua lapis membran yaitu membran dalam dan membran luar.

5. Terdapat ruangan yang disebut matriks. Pada matriks terkandung enzim dan protein.

6. Terdapat lipatan-lipatan yang disebut cristae (krista).

7. Kebanyakan sel hanya memiliki satu sel. Sel yang memiliki banyak mitokondria dapat dijumpai di jantung, hati, dan otot. Ini dikarenakan karena sel di bagian tersebut paling banyak membutuhkan energi.

8. Pada bagian luar terdapat pori-pori sehingga dapat bersifat permeabel.

9. Memiliki sistem genetika sendiri berupa ribosom, mtDNA, dan rRNA. Sistem genetik mitokondria lebih mirip dengan dimiliki bakteri (prokariot) dibandingkan dengan inti sel nya sendiri. Hal ini menimbulkan munculnya hipotesis bahwa mitokondria adalah makhluk hidup yang bersimbiosis dengan sel eukariotik.

10. Mirip dengan α-Proteobacteria pada makhluk hidup prokariotik.

Fungsi Mitokondria Pada Sel Hewan dan Tumbuhan

Setelah mengenal mitokondria, pasti kamu akan bertanya-tanya, apa fungsi mitokondria pada sel tubuh? Apakah sangat penting atau hanya sebagai sel pendukung saja?

Seperti dijelaskan sebelumnya, mitokondria terletak dalam sel setiap makhluk hidup. Maka dapat disimpulkan selain pada manusia, ada pula fungsi mitokondria pada sel tumbuhan maupun hewan.

Dibawah ini yang merupakan fungsi dari mitokondria adalah sebagai  berikut:

Fungsi Mitokondria Pada Sel Tumbuhan

Pada tumbuhan fungsi mitokondria adalah, antara lain:

1. Sebagai Tempat Merubah Oksigen dan Zat Gula

Fungsi mitokondria pada sel tumbuhan adalah sebagai tempat merubah oksigen dan zat gula menjadi karbondioksida dan energi melalu proses yang dinamakan respirasi selular.

2. Menghasilkan Energi Dalam Bentuk ATP

Fungsi dari mitokondria yang kedua adalah sebagai pabrik energi. Sel tumbuhan inilah yang dapat membentuk energi berbentuk ATP, metabolisme karbohidrat nantinya berakhir dalam mitokondria.

Proses tersebut terdiri atas lima tahapan reaksi enzimatis dengan melibatkan kompleks enzim, tentunya yang terdapat pada membran bagian dalam mitokondria.

Jadi dapat disimpulkan, fungsi mitokondria pada sel tumbuhan adalah sebagai sumber sel penghasil energi terbesar dalam tubuh tumbuhan.

3. Sebagai Unit Bebas Dari Sel Eukariotik

Sel eukariotik adalah sel yang memiliki membran inti atau sel yang memiliki endomembran. Selain itu, sel ini juga memiliki fungsi untuk membatasi adanya sistem membran.

Sehingga, fungsi mitokondria pada sel tumbuhan adalah sebagai unit bebas sel eukariotik atau dalam kata lain, berfungsi untuk membebaskan endomembran dari mitokondria itu sendiri.

4. Berperan Dalam Proses Apoptosis

Fungsi mitokondria pada sel tumbuhan membantu proses apoptosis. Hal ini memiliki arti tersendiri loh.

Pada mekanisme biologi, terdapat salah satu jenis kematian sel terprogram. Penggunaan apoptosis bertujuan untuk membangun organisme multisel yang berguna sebagai penyingkir sel yang sudah tidak diperlukan.

5. Tempat Berlangsungnya Respirasi Sel

Pada bagian ini, fungsi mitokondria adalah sebagai tempat proses respirasi atau pernapasan sel. Hal ini sebagai proses kimiawi untuk melepaskan energi yang tersimpan di dalam glukosa.

Jadi, fungsi dari mitokondria yakni sebagai energi untuk pemecahan glukosa tersedia molekul molekul ATP. Pada proses ini sendiri terdiri dari glikolisis, siklus krebs, dan transpor elektron.

Fungsi Mitokondria Pada Sel Hewan

Di bawah ini yang merupakan fungsi dari mitokondria adalah, sebagai berikut ini:

1. Untuk Menghasilkan Energi.

Tidak hanya pada tumbuhan, fungsi mitokondria pada sel hewan juga memiliki peran sebagai sumber penghasil energi terbesar.

Makanan yang dikonsumsi hewan akan dipecah dalam bentuk molekul yang sederhana seperti karbohidrat, lemak, dan sebagainya.

Kemudian, barulah dikirim ke mitokondria dan akan diproses lebih lanjut untuk dapat menghasilkan molekul bermuatan.

Pada proses terakhir, molekul akan digabungkan dengan oksigen. Sehingga pada akhirnya menghasilkan molekul ATP.

Seluruh proses tersebut dikenal dengan sebutan fosforilasi oksidatif.

2. Menjaga Ion Kalsium Agar Tercukupi

Fungsi mitokondria adalah mengambil peran penting dalam menjaga konsentrasi ion kalsium yang tepat dan cukup dalam berbagai kompartemen sel.

Fungsi mitokondria pada sel hewan yakni membantu sel-sel untuk mencapai tujuan, dengan cara berperan sebagai sebuah tangki penyimpanan yang dapat menyimpan ion kalsium.

3. Memilah Sel Terprogram

Fungsi mitokondria adalah mengambil peran dalam proses kematian sel terprogram, yaitu sel yang tidak diinginkan.

Jika jumlah sel tersebut terlalu banyak, maka fungsi mitokondria pada sel hewan akan bekerja untuk memangkas perkembangan organisme tersebut.

Proses tersebut disebut apoptosis. Namun, ada pula kematian sel yang abnormal, hal ini dikarenakan fungsi dari mitokondria tidak bekerja dengan baik dan mempengaruhi fungsi organ.

4. Berperan Membangun Bagian Tertentu

Fungsi dari mitokondria lainnya adalah berperan dalam membangun bagian-bagian tertentu dari darah serta hormon seperti testosteron dan estrogen.

5. Menerima Hasil Enzim

Terakhir, fungsi mitokondria adalah menjadi sel yang bekerja di bagian dalam sel-sel hati yang mempunyai enzim, sehingga dapat mendetoksifikasi amonia.

Setelah itu, barulah fungsi mitokondria pada sel hewan akan aktif untuk menerima hasil enzim. Enzim yang sudah melalui proses secara lanjut, akan diproses kembali menjadi molekul dengan muatan tertentu.

Molekul inilah yang akan dicampur dengan oksigen, maka fungsi mitokondria yang satu inilah yang membuat molekul terdistribusikan ke seluruh sel dengan baik.

Nah, demikian pembahasan mengenai fungsi mitokondria pada sel hewan dan tumbuhan beserta penjelasan lengkapnya.

Maka, dapat disimpulkan fungsi mitokondria memiliki peran yang sangat penting, baik bagi hewan maupun tumbuhan.

Dengan membaca artikel ini, semoga wawasan teman-teman menjadi bertambah ya.

Tag : #sel tumbuhan    #fungsi mitokondria    #pendidikan    #mitokondria    #pendidikan alam   

Baca Juga