dampak gadget bagi mata (klik dokter)

Penting! Inilah 7 Cara Menjaga Kesehatan Mata

Dimas | Kesehatan | 22-03-2022

PARBOABOA – Mata merupakan salah satu organ penting pada tubuh yang wajib di jaga kesehatannya. Sebab, fungsi mata sebagai indera penglihatan tidak akan tergantikan oleh organ tubuh lain dan sangat penting untuk aktivitas sehari- hari.

Penurunan kesehatan mata bisa terjadi akibat beberapa faktor, seperti bertambahnya usia, penggunaan gadget yang berlebihan serta kurangnya asupan yang dibutuhkan pada mata

Lantas bagaimana cara menjaga kesehatan mata?

Dilansir dari Medical News Today inilah 8 cara menjaga kesehatan mata.

1. Konsumsi Asupan Makanan yang Sehat

Asupan makanan yang sehat harus lebih diperhatikan untuk menjaga kesehatan pada tubuh khususnya mata.

Mengonsumsi makanan yang tinggi akan kandungan vitamin A, C, E, lutein, zeaxanthin, zinc menjadi cara jitu yang dapat menjaga kesehatan mata.

Adapun jenis makanan yang mengandung vitamin-vitamin diatas, yakni buah beri, buah sitrus, bayam, brokoli, wortel, kacang, ikan tuna, salmon, telur, dan lain sebagainya.

2. Melakukan Pemeriksaan Rutin Pada Mata  

Pemeriksaan rutin pada mata sangat penting dilakukan dari usia balita hingga lansia. Terutama bagi seseorang yang memiliki riwayat medis tertentu atau penyakit penyerta.

Dalam kondisi normal, idealnya pemeriksaan mata dilakukan setahun sekali bagi anak-anak ataupun orang dewasa.

3. Hindari Penggunaan Gadget yang Terlalu Lama  

Terlalu lama menggunakan gadget bisa berakibat mata menjadi lelah, yang ditandai dengan rasa perih, kering, gatal, berair, atau penglihatan menjadi kabur.

Untuk itu sangat tidak disarankan menggunakan gadget dalam waktu yang lama.

4. Berhenti Merokok

Zat adiktif pada rokok dapat meningkatkan risiko seseorang terkena katarak serta degenerasi makula (penglihatan buram pada usia lanjut).

Karena itu, bagi perokok aktif sangat disarankan untuk menghentikan kebiasaan merokok.

5. Istirahatkan mata

Berikan waktu istirahat pada mata minimal 15 menit atau maksimal 2 jam jika sudah melakukan aktivitas yang cukup lama dengan gadget.

6. Gunakan Kacamata Hitam

Gunakan kacamata hitam saat harus berkegiatan di luar ruangan yang terkena sinar matahari langsung. Kacamata hitam melindungi mata dari paparan sinar ultraviolet (UV). Hal ini bisa jadi tips untuk menjaga kesehatan mata.

Selain terhindari dari sinar UV, memakai kacamata dapat menghalau debu supaya tidak masuk ke dalam mata.

7. Kontrol Berat Badan

Diabetes dan obesitas termasuk jenis penyakit yang bisa menyebabkan kebutaan atau gangguan penglihatan.

Oleh karena itu, penting untuk selalu mengontrol berat badan tetap normal dengan berolahraga. Batasi juga asupan tinggi kalori yang berisiko meningkatkan gula darah.

Itulah 7 cara yang dapat dilakukan untuk menjaga kesehatan mata dan disarankan untuk konsisten melakukannya agar mendapatkan hasil yang maksimal.

Tag : #mata    #organ tubuh    #kesehatan    #gadget   

Baca Juga