Presiden Jokowi Pimpin Upacara Penurunan Bendera Merah Putih di Istana Negara. (Foto: Tangkapan layar Youtube Sekretariat Presiden)

Berlangsung Meriah, Presiden Jokowi Pimpin Upacara Penurunan Bendera Merah Putih

Sondang | Nasional | 17-08-2022

PARBOABOA, Jakarta – Penurunan Bendera Negara Sang Merah Putih yang dilakukan oleh Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) Tim Pancasila Sakti di halaman Istana Merdeka, Rabu (17/8) sore berlangsung meriah.

Prosesi upacara dimulai pada pukul 16.45 dengan bunyian terompet yang kemudian dilanjutkan dengan masuknya pasukan serta komandan upacara.

Jokowi yang bertindak sebagai Inspektur Upacara tiba di mimbar upacara pukul 17.02 WIB didampingi oleh Ibu Negara Iriana, Wapres Ma'ruf Amin dan Ibu Wury Estu Handayani.

Dari pantauan Parboaboa dari siaran langsung YouTube Sekretariat Presiden, keempatnya tak lagi mengenakan pakaian adat seperti saat Upacara Pengibaran Bendera Merah Putih Rabu pagi tadi. Jokowi terlihat hanya memakai setelan jas lengkap berwarna abu-abu, peci, serta masker.

Ayumi Putri Sasaki, Paskibraka yang berasal dari Provinsi Jawa Timur terpilih sebagai pembawa bendera Merah Putih.

Lalu ada Arnold Steven Sinaga sebagai Komandan Kelompok 8 yang mewakili Provinsi Sulawesi Tenggara, Isra Mashel Arifin sebagai pembentang bendera yang mewakili Provinsi Banten, dan Muhammad Rajwa Al Farizi sebagai pengerek bendera yang mewakili Provinsi Jawa Tengah.

Bendera kemudian diserahkan kepada Presiden Jokowi yang diiringi tepuk tangan dari segenap hadirin dan tamu undangan.

Selepas Presiden Jokowi beserta Ibu Negara Iriana Joko Widodo, Wakil Presiden Ma’ruf Amin dan Ibu Wury Ma’ruf Amin meninggalkan lokasi, upacara pun dibubarkan yang kemudian dilanjutkan dengan arak-arakan pemindahan kembali Bendera Negara Sang Merah Putih dan Naskah Proklamasi dari Istana Merdeka menuju Monumen Nasional. Perarakan tersebut diiringi dengan sejumlah pertunjukan dari Kirab Budaya.

Tag : #hut ri    #jokowi    #nasional    #istana negara    #penurunan bendera merah putih   

Baca Juga