Penyakit Trypophobia (dok. by Maman Soleman - October 26, 2021)

Trypophobia Pengertian, Gejala, Cara Mengatasi

Regina | Kesehatan | 30-05-2022

PARBOABOA - Setiap manusia memiliki phobia tersendiri yang ada pada dirinya sendiri, dan biasanya itu terjadi pada manusia sejak kecil hingga lebih dari 30 tahun. Phobia itu merupakan rasa takut yang berlebihan yang kita ciptakan atas sesuatu.

Adapun penyebab phobia dalam diri manusia biasanya dikarenakan aspek berikut,

-Simple phobia. Biasa disebut dengan spesifikasi phobia, diketahui kalau penyakit takut berlebihan akan suatu objek ini terjadi karena keluarga atau lingkungan sekitar mempunyai ketakutan yang sama.

-Complex Phobia. Ketakutan berlebih akibat dari complex phobia ini biasanya terjadi karena perkembangan genetika dan otak serta pengalaman hidup yang bermasalah. Biasanya jikalau seseorang gangguan mental, dapat meningkatkan kemungkinan mereka mengidap phobia lebih besar.

Seperti contoh, trypophobia.

Trypophobia adalah sebuah penyakit yang takut berlebihan akan lubang-lubang di sebuah permukaan yang letaknya saling berdekatan. Adapun beberapa contoh dari penyakit ini adalah takut akan sarang madu, tangan bolong, tumbuhan dll. Berikut adalah fakta dibalik penyakit trypophobia :

1. Sering di Sebut dengan Phobia Bolong / Lubang

Julukan penyakit ini membuat banyak peneliti ingin menguak kasus trypophobia disebabkan oleh apa. Tapi sampai sekarang, belum cukup jelas penyebab dari penyakit ini.

Phobia dalam tubuh manusia biasanya hadir sejak kita masih berusia dini. Tubuh saat masa anak-anak merupakan tubuh rentan saat pertumbuhan. Walau belum jelas pasti alasan dibalik penyakit ini, peneliti mengemukakan bahwa penyakit ini muncul akibat faktor eksternal dan internal tertentu.

2. Gejala Trypophobia

Jika seseorang mengalami phobia ini, kemungkinan akan mengalami rasa cemas, gelisah, mual, dan cemas. Hal tersebut dapat menyebabkan depresi bertambah karena kita akan selalu membayangkan bentu dari lubang yang kita lihat pada awalnya.

Rasa cemas akan menghantui anda sampai anda bisa melepaskan ingatan tentang gambaran tentang lubang-lubang tersebut.

3. Cara Mengatasi Trypophobia

Dikarenakan ini termasuk salah satu penyakit yang bisa membuat mental seseorang timpang, alangkah baiknya harus ada pengobatan yang dilakukan. Beragai tips diketahui cara mengatasi trypophobia ini, salah satunya dengan panduan seorang yang profesional seperti psikolog.

Dengan bantuan yang lebih ahli, kita akan mudah dibimbing agar terbiasa dengan ketakutan kita. Adapun beberapa langkah yang akan diambil oleh psikolog dalam menangani kamu yang menghadapi penyakit phobia bolong ini adalah

- Terapi Kognitif. Terapi ini dilakukan oleh para psikolog dengan tujuan melihat bagaimana anda berpikir dan bersikap pada ketakutan anda.

- Terapi Exposure. Terapi ini berfungsi agar kecemasan yang kalian alami selama phobia berlangsung itu dapat berkurang sedikit demi sedikit yang diakibatkan oleh penghindaran objek yang kalian takuti.

- Obat. Pengobatan akan berlanjut dengan tahan obat atau zat kimia yang diberikan dengan catatan untuk kamu penderita yang sangat tertekan akan penyakit ini. Phobia yang membuat kalian amat gelisah, dan sampai mengganggu kejiwaan kalian ini, harus diberikan penanganan akan obat-obat sesuai anjuran dokter.

Hal ini digunakan untuk meringankan efek yang ada setelah phobia ini kambuh.

Beberapa ada yang mengatakan, kalau penyakit ini merupakan penyakit kulit berlubang. Ia hanya akan merasa jijik dan cemas kalau melihat lubang dikulit, seperti pada kulit tangan, kaki, kulit cobra, dll.

Tapi tidak merasakan hal yang sama pada jenis lubang berdekatan yang lain seperti pada tumbuhan, benda dan lain-lain, itu mungkin dapat di kategorikan trypophobia dalam kasus rendah. Kalian bisa mengendalikan diri jikalau konteks penyakit kalian belum cukup dalam level yang besar.

Demikianlah yang dapat parboaboa rangkum untuk kalian, semoga kalian bisa memahami lebih dalam tentang trypophobia ini, semoga artikel ini membantu.

Tag : #trypophobia    #penyakit    #kesehatan    #phobia    #phobia bolong   

Baca Juga