Tangki motor (Foto: Parboaboa/Sondang H)

Kenali Penyebab dan Cara Membersihkan Tangki Motor yang Berkarat

Sondang | Otomotif | 02-10-2022

PARBOABOA, Jakarta – Tak sedikit para pemilik sepeda motor yang tidak menyadari jika kendaraan mereka sedang mengalami beberapa masalah. Apalagi, masalah tersebut sering dianggap sepele, seperti tangki motor yang berkarat.

Meski terlihat sepele, tangki motor yang berkarat bisa menyebabkan bahan bakar didalamnya tercemar dan bisa berujung pada mesin motor tidak bisa dinyalakan. Oleh sebab itu, Kamu tentunya wajib mengetahui secara pasti penyebab dari tangki motor yang berkarat.

Penyebab Tangki Motor Berkarat

1. Tidak pernah mengisi tangki hingga penuh

Tangki motor yang tidak pernah diisi penuh merupakan salah satu penyebab utama munculnya karat. Pasalnya, ketika ada sisa atau celah pada tangki, hal itu akan rentan mengalami karat.

 Sebagai contoh, apabila kapasitas tangki 5 liter, kamu hanya mengisinya sebanyak 4 liter. Dengan demikian, tangki akan memiliki sisa ruang sebanyak 1 liter dan akan sangat rentan memicu munculnya karat.

2.  Masuknya air ke tangki motor

Penyebab ini lebih sering menimpa tangki motor yang berada di bagian luar. Air yang masuk ke tangki, biasanya lewat celah karena tidak ditutup rapat, akan menimbulkan karat. Karena itu, pastikan tutup tangki motor dengan rapat, khususnya saat musim hujan.

Bagi yang sering mencucikan motor di luar, sampaikan pesan ke pencucinya agar tidak menyemprotkan air terlalu kencang ke bagian sekitar tangki. Semprotan dari mesin yang kuat bisa membuat air masuk lewat sela-sela tutup tangki.

Cara Membersihkan Tangki Motor Berkarat

Jika kamu sudah mengetahui apa saja penyebab dari tangki motor yang berkarat, Kamu juga sebaiknya mengetahui cara membersihkan karat tersebut. Dilansir dari Moladin, terdapat beberapa cara membersihkan karat pada tangki motor, diantaranya:

1. Siapkan peralatan

Sebelum melakukan pembersihan karat, hal pertama yang harus Kamu lakukan adalah menyiapkan alat-alat yang dibutuhkan. Menguras tangki motor bakal lebih efektif, apabila semua peralatan pendukungnya tersedia.

Benda yang harus dipersiapkan tentu saja wadah untuk menampung bahan bakar, selang transparan, lap, obeng dan lainnya. Kamu juga perlu menyediakan kompresor bertekanan tinggi untuk mempermudah proses menguras tangki.

2. Keluarkan sisa bensin dari tangki

Langkah kedua yang bisa Kamu lakukan adalah mengeluarkan semua sisa bahan bakar dari tangki. Hal ini penting dilakukan agar bensin tidak tumpah saat tangki akan dilepaskan dari motor.

Gunakan selang yang transparan untuk mengeluarkan bahan bakar dari dalam tangki sampai habis. Kamu bisa meletakkan selang di dalam tangki terdalam lalu sedot dengan mulut. Begitu bahan bakar sudah bergerak, segera tampung dengan wadah.

3. Lepaskan tangki motor

Setelah semua bahan bakar dikeluarkan sampai habis, Kamu bisa segera melepas tangki perlahan-lahan. Semua komponen yang terlepas letakkan di dalam wadah yang sama dan jangan sampai tercecer agar mudah dirakit kembali.

4. Jangan bersihkan tangki pakai air

Setelah tangki terlepas dengan sempurna, segera bersihkan bagian dalam dan luarnya. Pembersihan tidak boleh pakai air, terutama bagian dalam. Kamu dapat melakukannya menggunakan bensin bersih.

Bensin yang sudah kamu tampung tadi, sebagian disimpan agar nantinya bisa dimasukkan lagi ke dalam tangki untuk membersihkan. Jika ternyata bensin tersebut kotor, kamu bisa beli bensin baru yang terjamin kebersihannya.

Kemudian, kocok-kocok tangki bensin yang sudah terisi bensin dan buang bensin tersebut sampai bersih. Lakukan proses tersebut secara berulang sampai karat benar-benar hilang.

5. Gunakan asam klorida atau HCL

Apabila bensin tidak mampu membersihkan tangki, Kamu bisa menggunakan cairan Asam Klorida atau HCL. Cairan ini memiliki sifat asam yang mampu membuat karat mengelupas secara perlahan. Namun begitu, usahakan tangan Kamu tidak terkena cairan ini karena bisa menimbulkan gatal.

Kamu bisa memasukkan cairan ini ke tangki dan diamkan hingga karat ditangki lebih lunak. Kemudia kocok-kocok dan buang cairan tersebut. Kamu bisa lakukan cara ini secara berulang.

Penggunaan HCL di atas menjadi cara terakhir yang bisa Kamu lakukan untuk membersihkan tangki sepeda motor. Kamu bisa melakukan hal di atas secara ruti untuk menjaga tangki terbebas dari karat. Semoga bermanfaat!

Tag : #motor    #tangki motor    #otomotif    #berita otomotif    #tips and trik   

Baca Juga