Ilustrasi aki pada mobil (dok:fastnlow.net)

Aki Mobil Anda Cepat Soak? Berikut Penyebab dan Cara Mengatasinya

Dimas | Otomotif | 17-05-2022

PARBOABOA, Jakarta – Aki pada mobil merupakan komponen penting yang harus dijaga dan dirawat oleh para pemilik mobil. Sebab, Aki mobil sendiri adalah satu-satunya pusat kelistrikan pada mobil yang berguna untuk menghidupkan berbagai komponen lain yang berhubungan dengan listrik, seperti starter, lampu, AC dan komponen lainnya.

Secara garis besar, arus listrik yang dihasilkan oleh aki didapatkan dari alternator sebagai pembangkit daya listrik, yang kemudian diatur dan distabilkan oleh regulator untuk kemudian disimpan dalam aki sebagai sumber listrik untuk keperluan mobil.

Mengingat besarnya peranan dan fungsi aki pada mobil, Aki perlu mendapatkan perhatian yang khusus demi menghindari aki mobil mengalami kerusakan atau soak. Jika aki mengalami soak, hal itu dapat mengganggu kinerja pada mobil, bahkan bisa menyebabkan mesin pada mobil mati secara tiba-tiba (mogok).

Maka dari itu, sebagai pemilik mobil tentunya Anda harus mengetahui beberapa penyebab yang bisa memicu kerusakan atau soak pada aki mobil. Sebab, hal itu bisa Anda jadikan bahan referensi untuk menjaga dan merawat aki mobil agar tidak soak.

Penyebab Aki Mobil Soak

1. Mobil Jarang digunakan

Tak sedikit orang yang berasumsi bahwa jika mobil jarang digunakan, hal itu akan membuat komponen mobil menjadi tetap awet dan prima. Namun, asumsi atau anggapan itu merupakan hal yang salah.

Mobil yang jarang digunakan menjadi salah satu penyebab utama aki  menjadi soak. Sebab, mobil yang jarang digunakan tidak akan mendapat suplai listrik yang cukup, jadi kerja aki pun menjadi kurang optimal. Sehingga, aki pun akan menjadi tekor dan berujung pada soak.

2. Mobil Sering Digunakan

Berbanding terbalik dengan jarang digunakan, mobil yang terlalu sering digunakan juga bisa menyebabkan aki menjadi soak. Hal itu disebabkan karena pemakaian secara terus menerus membuat aki bekerja lebih ekstra dan berujung pada soak.

3. Air Aki Habis

Salah satu penyebab aki mobil soak adalah air aki yang sudah habis. Pada tipe aki basah, air aki berfungsi menjadi salah satu pengantar arus listrik yang dipatok oleh alternator ke sel-sel aki. Oleh karena itu, bila sel tidak terendam air, proses pengisian arus listrik tidak akan maksimal. Jika kondisi ini terus dibiarkan, aki akan mengalami kerusakan dan soak.

4. Kapasitas Aki Mobil Kecil

Kapasitas aki mobil harusnya disesuaikan dengan kebutuhan listrik yang ada pada mobil. Sebab, jika hal itu tidak sesuai, atau kapasitas aki lebih kecil dibanding dengan kebutuhan listrik mobil, bisa mengakibatkan over suplai yang berujung pada usia aki menjadi berkurang dan aki mobil akan cepat soak.

5. Aksesoris Mobil yang Berlebihan

Penambahan ragam aksesoris pada mobil seperti lampu, audio atau alat elektronik lainnya tentunya akan menggunakan lebih banyak arus listrik dan membuat aki cepat soak.

Untuk itu, jika Anda berkeinginan untuk memasang aksesoris tambahan sebaiknya kapasitas aki juga ditambahkan agar lebih seimbang.

Cara Mengatasi Aki Mobil Soak

Para pemilik mobil pastinya tidak menginginkan aki pada mobil mereka mengalami kerusakan atau soak. Namun, jika hal tersebut sudah terlanjur terjadi, Anda bisa melakukan beberapa cara untuk mengatasinya.

Pertama, Anda bisa membongkar penutup aki menggunakan obeng minum. Buka pengunci aki yang berada dibagian samping dan belakang penutup aki secara hati-hati agar tidak merusak cover aki.

Setelah penutup aki terbuka dengan sempurna, akan terlihat enam lubang air zuur. Biasanya lubang ini berukuran cukup kecil. Isi air zuur melalui  lubang tersebut sampai menyisakan ruang 1 sentimeter di bawah lubang aki. Setelah disi tutup keenam lubang itu dengan selotip agar air aki tidak terkontaminasi udara.

selain itu, aki yang soak juga bisa diatasi dengan jumper antar mobil. Caranya, gunakan kabel yang cukup tebal untuk jumper. Jangan pakai kabel seadanya karena bisa menimbulkan korsleting. Hubungkan kabel jumper dalam kondisi kedua mobil tidak menyala. Pasang kabel pada dua kutub terminal masing-masing. Biasanya ditandai dengan lambang positif (+) dan negatif (-). Setelah itu, nyalakan mesin mobil yang normal dan atur putaran mesin hingga di atas 1.000 rpm.

Langkah selanjutnya, Anda bisa coba nyalakan mesin mobil  yang mati. Bila menyala, biarkan mesin hidup selama beberapa menit untuk mengisi tenaga pada aki yang soak, sehingga ia bisa kembali normal.

Nah, itulah seputar informasi mengenai penyebab dan cara mengatasi aki mobil yang mengalami soak. Semoga bermanfaat!

Tag : #mobil    #aki mobil    #otomotif    #aki mobil soak    #kelistrikan mobil   

Baca Juga